Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Dan Lembut

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Dan Lembut - Pakaian yang sudah lama dan sering dicuci menjadi tidak awet, warna pudar dan kasar. Berikut cara agar pakaian lama tetap awet dan lembut.

cara merawat pakaian agar awet dan lembut

1. Sebelum Mencuci, Lihat Instruksi Terlebih Dahulu

Apakah kamu tahu bahwa tiap pakaian memiliki instruksi perawatan yang berbeda-beda? Jika tidak, coba lihat label atau tag yang menempel pada pakaian milikmu. Di sana akan terdapat instruksi pencucian hingga penjemuran yang sebaiknya kamu ikut. Ini adalah salah satu cara merawat pakaian agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Pisahkan Pakaian Berwarna

Cara merawat pakaian agar tahan lama berikutnya yaitu, memisahkan tiap pakaian yang berwarna. Seperti, warna gelap dengan kumpulannya dan warna terang dengan sejenisnya. Sebaiknya gabungkan dalam satu kali pencucian, ya. Usahakan jangan sampai ada yang terselip.

3. Balikkan Pakaian Sebelum Dicuci

Cara lain merawat pakaian agar warnanya tidak cepat pudar yaitu, selalu membalikkan pakaian sebelum dicuci. Warna baju tidak cepat luntur karena jika dibalikkan maka gesekan saat mencuci bisa membuat kusam warna pakaian tidak terjadi. Selain itu, supaya bagian luar pakaian terhindar dari hawa panas sinar matahari saat dijemur. Jadi warna dan teksturnya pun lebih awet dan pewangi pakaian bisa lebih maksimal meresap ke serat-serat kainnya.

4. Cara Merawat Pakaian Baiknya Gunakan Air Dingin

Gunakanlah air dingin untuk mencuci pakaian kamu agar tidak cepat merusak serat kain pakaian. Air hangat atau panas bisa merusaknya sehingga warna baju jadi pudar dan cepat melar.

5. Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci

Jika kamu sering menggunakan mesin cuci untuk mencuci semua pakaianmu sebaiknya perhatikan kecepatannya. Jika baju tidak terlalu kotor, maka gunakanlah kecepatan putaran yang sedang. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal bisa membuat bahan baju cepat rusak, lho!

6. Pilih Detergen dan Pewangi yang Benar

Cara merawat pakaian yang satu ini sebaiknya selalu diperhatikan. Tidak semua detergen dan pewangi pakaian dapat mempertahankan kualitas pakaiannya, lho. Pilih produk yang tak hanya membuat pakaian harum saja tetapi higienis pula.

Selain pewangi, gunakan juga pelembut pakaian agar hasilnya lebih lembut. Kamu bisa menggunakan pewangi pakaian terbaik dari royale soklin. Pewangi ini memiliki ciri khas aromanya yang segar seperti parfum mewah. Wanginya tahan lama menempel di pakaian sehingga menyimpan baju di lemari tetap wangi.

7. Cara Merawat Pakaian dengan Teknik Menjemur yang Tepat

Kemudian, agar warna pada pakaian tidak cepat pudar dengan memperhatikan proses penjemuran. Hindari menjemur pakaian terlalu lama di bawah terik sinar matahari langsung. Sebab, ini bisa membuat baju menjadi bau matahari dan bisa mengikis warna pakaian. Jemurlah pakaian secukupnya sampai tidak ada air pada serat kain.

8. Menggunakan Setrika yang Tepat

Cara merawat pakaian selanjutnya agar warna tidak cepat pudar dengan memperhatikan setrika yang digunakan. Menurut berbagai sumber, setrika uap atau steam iron ternyata lebih cepat menghaluskan permukaan daripada setrika listrik, lho. Perbandingan yang ditemukan yaitu, setrika listrik mendapatkan hasil maksimal dengan menggosok tiga kali.

Sedangkan setrika uap hanya sekali gosok dari permukaan atas sampai lapisan pakaian bawah langsung halus tanpa membalik dua kali. Setrika uap dapat menghemat tenaga, biaya serta waktumu. Jadi, jenis setrika mana yang akan kamu pilih?

9. Jangan Mencuci Pakaian Lembut dengan Mesin Cuci

Agar warna pakaian tetap terjaga sebaiknya pisahkan pakaian yang berbahan lembut dengan lainnya saat proses mencuci. Namun, jika terpaksa sebaiknya masukkan ke dalam kantung jala yang sudah tidak terpakai. Sebab, hal ini bisa menjaga tekstur serta warna pakaian lembut milikmu.

Selain itu, hindari mencuci pakaian terlalu sering. Jika kamu memakai salah satu baju hanya beberapa jam, jangan langsung menaruhnya di ranjang pakaian kotor untuk dicuci. Baju yang tidak terkena noda, kotoran, atau keringat berlebihan masih aman dipakai kembali tanpa dicuci terlebih dahulu. Cukup gantung pakaian dan angin-anginkan atau dijemur sebentar.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama