Google Bekali Android 12 Dengan Fitur Kunci Digital Buka Pintu Mobil Dari HP

Belum lama ini Google telah resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Android 12, yang mampu membuka pintu kendaraan pribadi melalui fitur kunci digital yang diresmikan pada ajang acara I/O Google.

Dalam kesempatan tersebut, Google juga menghadirkan langsung kendaraan BMW yang sudah disematkan teknologi kunci digital di dalamnya dan pabrikan lain juga akan menyusul untuk dapat mengaplikasikan teknologi baru tersebut ke masing-masing kendaraannya.

android 12 bisa kunci digital mobil

Sebagaimana dilansir Fajrinfo.com dari laman CarsCoop, kunci digital pada perangkat Android 12 ini bekerja dalam dua metode. Yang pertama, jika pengguna sedang tidak ingin merasa kesulitan ketika mengeluarkan ponsel dari saku, maka pemilik dapat mengunci dan membuka kunci mobil mereka tanpa terlalu banyak melihat layar.

Untuk metode yang pertama ini yaitu memanfaatkan teknologi Ultra-Wideband (UWB). Dengan teknologi tersebut, mobil akan memancarkan sinyal radio yang dapat ditangkap oleh perangkat seluler dan mengenali arahnya.

Selanjutnya terdapat pula metode kunci digital yang kedua, yaitu dengan cara menggunakan Near Field Communication (NFC), mirip dengan yang digunakan pada pembayaran digital yang sudah lebih dulu difungsikan. Dengan NFC, pengguna bisa membuka kunci kendaraan mereka cukup dengan ketukan ponsel mereka pada pegangan pintu.

Faktor baru lainnya adalah pemilik dapat berbagi akses dengan teman atau anggota keluarga lain melalui telepon pribadi mereka masing-masing.

Google dalam hal ini juga secara tidak langsung mengikuti jejak yang dilakukan oleh Apple, yakni memberi akses bagi pengguna ke kunci digital serupa melalui perangkat iPhone dan Apple Watch.

Meskipun sudah banyak para produsen mobil yang memiliki aplikasi khusus mengenai kunci digital. Namun demikian, Android 12 memiliki kepraktisan bahwa mereka tidak membutuhkan aplikasi apa pun untuk diunduh untuk memanfaatkan kunci digital baru ini.

Google telah mengungkapkan bahwa teknologi yang sedang mereka kembangkan ini akan tersedia pada perangkat model Pixel dan Samsung Galaxy tertentu di akhir tahun ini. Google, Apple, dan Samsung adalah bagian dari Car Connectivity Consortium yang juga mencakup produsen BMW, GM, Honda, Hyundai, dan Volkswagen. Ide di balik inisiatif ini adalah untuk mencapai kerangka kerja standar untuk penerapan tanpa batas.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama