Inilah Link Belajar Online Kemendikbud Gratis Di Masa Pandemi Covid-19

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hingga kini terus berupaya secara maksimal untuk dapat memfasilitasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menggandeng 8 platform pembelajaran berbasis teknologi untuk membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara online (daring).

Sebanyak 8 platform pembelajaran daring sudah siap diakses oleh para peserta didik di seluruh Indonesia agar dapat terus belajar secara mandiri selama di rumah.

Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara online dan bersedia membantu dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut, antara lain adalah Google Indonesia, Kelas Pintar, Ruangguru, Zenius, Sekolahmu, dan Microsoft.

Link belajar online kini banyak dicari karena sangat diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Dalam kondisi apa pun, pemenuhan hak peserta didik untuk memperoleh layanan pendidikan tetap harus diutamakan, meskipun saat ini masih dalam masa darurat Covid-19.

Pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) melalui program Belajar dari Rumah yang pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol dalam penanganan Covid-19.

Link belajar online yang akan kami bagikan ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan sisea terhadap pembelajaran jarak jauh, sehingga proses belajar dari rumah bisa berlangsung lebih efisien.

Berikut adalah beberapa link belajar online gratis yang difasilitasi oleh Kemendikbud untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

1. Rumah Belajar

link aplikasi belajar online gratis

Rumah Belajar merupakan salah satu aplikasi belajar daring rintisan Kemendikbud yang bertujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar bagi semua jenjang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Rumah Belajar menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Terdapat beberapa fitur unggulan dalam aplikasi Rumah Belajar, yaitu seperti Sumber Belajar, Laboratorium Mata, Kelas Digital, Bank Soal, serta Buku Sekolah Elektronik.

Alamat link:
https://belajar.kemdikbud.go.id


2. Zenius

link aplikasi belajar online gratis

Aplikasi belajar online lainnya adalah Zenius. Layanan pendidikan daring ini memiliki program belajar mandiri di rumah dan menyediakan banyak video materi pelajaran yang cukup lengkap bagi jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Konten-konten pembelajaran daring yang disediakan oleh aplikasi Zenius banyak diminati oleh para peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan.

Alamat link:
https://www.zenius.net


3. Ruangguru

link aplikasi belajar online gratis

Ruang Guru merupakan salah satu aplikasi layanan belajar daring yang berbasis teknologi modern. Ruang Guru memiliki banyak layanan pendidikan secara digital, antara lain kelas virtual, ujian online, video belajar berlangganan, market, dan juga les privat.

Alamat link:
https://ruangguru.com/belajar


4. Quipper School

link aplikasi belajar online gratis

Quipper School merupakan salah satu platform sekolah digital yang memberikan pelayanan secara gratis. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengirim dan mengolah materi pembelajaran, ujian online, dan nilai peserta didik secara daring.

Dan bagi para peserta didik dapat mengerjakan tugas dan ujian dengan cara yang lebih mudah. Aplikasi Quipper School ini menggunakan teknologi manajemen kelas digital (LMS).

Alamat link:
https://quipper.com/id/school


5. Sekolahmu

link aplikasi belajar online gratis

Sekolahmu merupakan aplikasi layanan pembelajaran tanpa batas yang di dalamnya tersedia layanan live streaming mata pelajaran tertentu sesuai dengan jenjang pendidikan yang dibutuhkan. Sekolahmu memiliki ratusan sekolah dan organisasi pendidikan yang telah bergabung dengan aplikasi pembelajaran ini.

Alamat link:
https://www.sekolah.mu


6. Google Suite for Education

link aplikasi belajar online gratis

Google Suite for Education memberikan serangkaian alat berbasis cloud bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi nonprofit, serta pendidikan berbasis home schooling.

Layanan yang diberikan oleh Google Suite for Education meliputi aplikasi pesan dan kolaborasi, seperti Gmail, Google Drive, Google Classroom, dan Calendar.

Alamat link:
https://gsuite.google.com


7. Kelas Pintar

link aplikasi belajar online gratis

Kelas Pintar adalah salah satu penyedia sistem pendukung pendidikan di era digital yang memanfaatkan teknologi kekinian untuk membantu pembelajaran secara daring.

Kelas Pintar menghadirkan personalisasi Dashboard untuk peserta didik, guru, dan orang tua. Aplikasi yang satu ini berisi materi-materi Kurikulum 2013 yang disajikan secara interaktif.

Alamat link:
https://www.kelaspintar/id


8. Microsoft Office 365

link aplikasi belajar online gratis

Microsoft telah memberikan layanan Office 365 yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh para guru dan peserta didik sebagai fasilitas penunjang dalam pembelajaran jarak jauh.

Microsoft Office 365 dapat diakses dengan mudah dan diperbaharui secara realtime, termasuk juga Microsoft Word, Ms Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams. Guru dan peserta didik hanya perlu menyiapkan alamat email yang aktif dengan domain sekolah.

Alamat link:
https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office



Demikian beberapa link pembelajaran online gratis yang digawangi oleh Kemendikbud untuk memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Semoga informasi yang kami bagikan terkait link belajar online gratis ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama