Tips Membeli Laptop Untuk Pelajar: Windows Atau Chromebook?

Salah satu keuntungan memiliki laptop adalah menjadikan proses belajar jadi jauh lebih efisien. Misalnya, mengetik esai bisa dua kali lebih cepat dari
Tidak bisa dibayangkan, jika kita hidup tanpa menggunakan laptop. Hal ini sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan, terutama bagi seorang pelajar atau mahasiswa. Faktanya, laptop bisa membuat tugas-tugas sekolah dan kuliah menjadi lebih mudah diselesaikan. Karena mudah dibawa kemana-mana, mahasiswa memiliki lebih banyak kebebasan saat belajar, mereka tidak dibatasi oleh tempat tertentu sama sekali.

Siswa juga dapat mengakses informasi yang diperlukan dari mana saja dan mengerjakan tugas / proyek akademik dari lokasi yang berbeda. Mari kita ulas tentang bagaimana pelajar dan mahasiswa bisa memperoleh manfaat dari laptop untuk menunjang mereka belajar.

Penulisan Tugas Lebih Efektif

Salah satu keuntungan memiliki laptop adalah menjadikan proses belajar jadi jauh lebih efisien. Misalnya, mengetik esai bisa dua kali lebih cepat dari pada menulis dengan tangan.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan tugas lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak referensi yang akan membantumu dalam mengerjakan tugas melalui platform web tertentu. Dengan demikian, kamu akan terbantu mengerjakan tugas-tugas sulit agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kamu bisa menggunakan laptop untuk belajar yang produktif serta menemukan lebih banyak manfaat lainnya.

Memilih Komputer Portabel (Laptop)

Pasar teknologi modern saat ini, menawarkan berbagai macam produk komputasi untuk dipilih. Namun, sepertinya tidak mudah untuk memilih barang yang akan memenuhi kebutuhanmu dengan sempurna, karena mungkin kamu akan dibingungkan oleh terlalu banyaknya pilihan. Jadi sebelum membeli laptop, kamu harus meneliti karakteristiknya terlebih dahulu secara menyeluruh dan memastikannya sesuai dengan kebutuhan.

Pada artikel yang Fajrinfo.com bagikan ini, kamu akan mengetahui tentang perbedaan utama antara laptop Windows dan Chromebook. Mudah-mudahan, ulasan ini akan membantumu untuk membuat pilihan yang tepat saat membeli komputer untuk penunjang kamu belajar.

Laptop Windows

cara beli laptop windows chromebook

Laptop Windows mampu mengalahkan semua jenis komputer portabel lainnya dalam hal keserbagunaan, yang membuatnya lebih unggul di antara para pesaing. Selain itu, Windows menawarkan banyak fitur tambahan yang memiliki banyak fungsi.

Sistem operasi Windows juga sangat fleksibel, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan akademik. Sistem operasi ini dapat dengan mudah diselaraskan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, jadi untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan banyak sumber daya tidak masalah setelah menyesuaikan beberapa pengaturan yang ada.

Perlu diketahui bahwa lebih dari 50% komputer di seluruh dunia menjalankan sistem operasi Windows. Popularitas ini merupakan salah satu keuntungan terbesar. Kenapa begitu? Karena ini berarti kamu bisa dengan mudah menemukan perangkat lunak yang dapat diinstal di laptop.

Apalagi sistem operasi Windows versi terbaru memiliki fitur yang dirancang khusus untuk pelajar. Beberapa fitur itu termasuk aplikasi untuk mengambil tangkapan layar, alat untuk memudahkan konversi dokumen dan instrumen untuk meningkatkan penyimpanan yang tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Night Light jika sering belajar di malam hari. Dalam mode ini, laptop akan menampilkan warna yang lebih hangat, yang dapat mengurangi ketegangan pada mata kamu. Dan yang tidak kalah penting, kamu bisa menggunakan browser yang berbeda saat belajar, artinya tidak dibatasi hanya dengan Chrome saja.

Kabar baik lainnya tentang keuntungan membeli laptop Windows adalah harganya yang terjangkau. Jika kamu memiliki anggaran yang pas-pasan, tidak masalah untuk mencari laptop dengan harga sedang.

Laptop Chromebook

cara beli laptop windows chromebook

Belum lama ini, Chromebook muncul sebagai laptop pilihan paling populer pada segmen pendidikan. Salah satu alasan utama mengapa hal itu terjadi adalah karena mereka berjalan pada sistem operasi Chrome (Chrome OS) yang ringan dan dimuat dengan sejumlah aplikasi bermanfaat. Aplikasi tersebut adalah email, kalender, program teks editor, dan banyak alat lain yang tersedia melalui Google Play Store. Selain itu, sebagian besar Chromebook memiliki kamera hebat yang cocok untuk pembelajaran jarak jauh.

Perhatikan, bahwa komputer portabel ini dirancang untuk menyimpan sebagian besar file di cloud (penyimpanan awan), jadi perangkat ini memiliki penyimpanan onboard yang sangat terbatas. Sebenarnya, Chromebook tidak menawarkan hard drive besar, pemutar DVD, atau kartu grafis.

Namun, karena Chromebook tidak mengandung banyak komponen internal yang terdapat dalam laptop Windows, jadi jauh lebih ringan. Serta daya tahan baterainya pun memiliki masa pakai yang jauh lebih lama dari pada kebanyakan laptop Windows.

Untuk memperbarui Chrome OS, kamu tidak perlu melakukan tindakan apa pun karena semua pembaruannya terjadi di latar belakang sistem. Namun, hal tersebut bergantung pada konektivitas Internet. Ini berarti bahwa beberapa fitur Chromebook dibatasi saat perangkat offline atau koneksinya lambat. Selain itu, Chromebook biasanya dibuat dengan prosesor berperforma rendah, sehingga kamu tidak akan bisa menjalankan game favorit di dalamnya.

Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan

1. Laptop Windows

  • Tata letak: lebih akrab bagi sebagian besar pengguna komputer.
  • Upgrade: lebih mudah untuk mengupgrade, sehingga kamu bisa meningkatkan kinerja laptop.
  • Program Microsoft: memungkinkan kamu untuk menjalankan Word, Excel, PowerPoint, dll.
  • Harga: sangat bervariasi, sehingga kamu bisa memilih model yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

2. Laptop Chromebook

  • Kecepatan: boot dalam hitungan detik dan berjalan dengan jeda yang sangat singkat.
  • Stabilitas: jarang terjadi crash.
  • Masa pakai baterai: estimasi kekuatan baterainya antara 9-11 jam.
  • Virus: Chromebook memiliki antivirus bawaan.
  • Ukuran: lebih tipis dan lebih ringan dari kebanyakan laptop.

Kekurangan

1. Laptop Windows

  • Ketahanan baterai: daya tahan baterai sekitar 3-4 jam.
  • Varian model: diproduksi dalam berbagai bentuk dan ukuran.
  • Virus: lebih rentan terhadap virus dari pada Chromebook.

2. Laptop Chromebook

  • Penyimpanan: hanya tersedia penyimpanan lokal 32GB.
  • Pencetakan: tidak kompatibel dengan beberapa printer.
  • Ketersediaan: tidak ada gunanya offline karena kamu tidak dapat mengakses penyimpanan cloud.
  • Gaming: tidak memiliki kemampuan gaming tingkat lanjut.
  • Foto dan video: tidak ada perangkat lunak pengeditan berkualitas tinggi yang tersedia untuk laptop Chromebook.

Keputusan Terakhir

Keputusan terakhir tetap ada padamu. Terserah kamu, apakah akan memilih laptop Windows atau pun laptop Chromebook. Namun, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat sebelum membeli laptop.