Cara Konversi File Teks (TXT / CSV) Menjadi File Microsoft Excel Cara Konversi File Teks (TXT / CSV) Menjadi File Microsoft Excel - Fajrinfo
Jika kamu mempunyai daftar item dalam file teks dan kamu ingin mengimpor data tersebut dari file teks ke Microsoft Excel, maka kamu dapat melakukannya tanpa menulisnya lagi secara manual. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat opsi pada Microsoft Excel yang dapat memungkinkan penggunanya untuk mengimpor semua teks dari file .TXT ke dalam spreadsheet, sehingga pengguna dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat.

Cara Mengkonversi File Teks TXT CSV Menjadi File Microsoft Excel

Mari kita asumsikan bahwa kamu mempunyai daftar produk / item pada file Notepad atau .TXT, dan kamu perlu mengimpornya dalam kolom di lembar kerja Office Excel.

Baca juga: Cara Melihat Semua Password WiFi Yang Tersimpan Di Windows 10

Ada dua cara untuk melakukannya. Pertama, kamu dapat secara manual menyalin dan menempelkan semua teks dari file .TXT lalu menempelnya pada spreadsheet. Kedua, kamu dapat menggunakan opsi bawaan Microsoft Excel untuk membuatnya lebih mudah. Metode kedua nyaman ketika kamu memiliki banyak file teks yang perlu diimpor.

Cara Konversi File Teks Ke Spreadsheet Excel


Mari kita lihat cara mengimpor atau mengekspor data dari file Teks untuk mengkonversi file Teks (.TXT atau .CSV) menjadi spreadsheet Excel (.xlsx) dengan mudah. Untuk mengimpor data dari file teks ke Microsoft Excel, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini.

1. Buat Spreadsheet kosong pada Microsoft Office Excel

2. Buka tab Data

3. Klik pada From Text/CSV

4. Pilih file teks pada komputer lalu klik tombol Import

5. Pilih asal file lalu klik tombol Transfer Data

6. Pilih kolom mana yang ingin kamu import

7. Klik tombol Close & Load

Selanjutnya, buat spreadsheet kosong pada Microsoft Excel dan pastikan kamu memiliki file .TXT di komputer. Setelah itu, beralihlah dari tab Home ke tab Data.

Disini kamu bisa menemukan opsi yang bernama From Text/CSV. Jika tidak menemukan opsi tersebut, pergilah ke Data > From File > From Text/CSV.

Cara Mengkonversi File Teks TXT CSV Menjadi File Microsoft Excel

Kemudian, kamu harus memilih file teks dari penyimpanan yang ingin kamu ambil datanya. Setelah mengklik tombol Import, maka sistem akan meminta kamu untuk memasukkan File Origin. Jika file telah dibuat, kamu bisa menggunakan Western European (Windows) atau apapun yang cocok dengan aslinya. Setelah melakukan hal itu, klik tombol Transfer Data.

Cara Mengkonversi File Teks TXT CSV Menjadi File Microsoft Excel

Langkah ini akan membuka jendela Power Query Editor. Dari sini, dimungkinkan untuk memilih kolom yang ingin kamu simpan atau hapus. Ada dua opsi yang bernama Choose Columns dan Remove Columns.

Baca juga: Cara Unik Dalam Membuat Password Yang Kuat Tapi Mudah Diingat

Demikian pula, kamu bisa mendapatkan opsi untuk menyimpan dan menghapus baris juga. Gunakan fitur tersebut untuk menyesuaikan data kamu lalu klik tombol Close & Load untuk menyelesaikan proses impor.

Cara Mengkonversi File Teks TXT CSV Menjadi File Microsoft Excel

Begitulah caranya! Sekarang, kamu dapat menemukan data file teks yang diinginkan pada spreadsheet Microsoft Excel.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang panduan untuk mengkonversi file teks (.TXT / .CSV) menjadi file Microsoft Office Excel. Semoga apa yang kami sampaikan mudah dipahami dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama