9 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga dan berada di rumah sepanjang hari bukan berarti Anda tidak melakukan pekerjaan serta tidak mempunyai penghasilan sendiri. Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan di rumah di sela waktu Anda melakukan tugas keluarga. Mungkin sebagian besar orang akan memandang hal ini merupakan sampingan untuk menghilangkan kejenuhan atau sebatas menyalurkan hobi, namun jangan salah, dengan bekerja sendiri di rumah Anda juga bisa memiliki banyak penghasilan dan bahkan bisa jauh lebih besar dari yang Anda harapkan.

Walaupun bekerja di rumah terdengar seperti hal yang sepele dan seolah nampak tidak serius sebagaimana orang bekerja di kantor, namun Anda jangan pernah melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang bisa dilakukan dengan hanya bermain-main karena disini Anda akan bekerja dengan mengandalkan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Anda juga harus mampu mengelola sendiri segala keperluan dan keberlangsungan pekerjaan yang akan dilakukan.

Perlu diketahui, bahwa banyak bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dan dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Pastikan Anda memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan minat yang telah dimiliki, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari bisnis itu sendiri.

peluang bisnis ibu rumah tangga

Berikut adalah 10 peluang bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan bisnis rumahan yang menguntungkan:

1. Menjadi Penulis Lepas

Bagi Anda yang memiliki bakat di bidang tulis menulis bisa mengambil peluang sebagai penulis lepas di beberapa media atau event yang diselenggarakan. Dalam hal ini yang paling penting tentu saja harus benar-benar mempunyai kesukaan terhadap tulis menulis, karena tidak mungkin mengembangkan bakat Anda menjadi sebuah sumber uang jika tidak dilatarbelakangi oleh minat untuk mengembangkannya.

Menulis dapat memberi Anda peluang yang banyak untuk menghasilkan uang. Anda dapat memulainya dengan bekerja freelance sebagai penulis di berbagai media. Banyak situs-situs marketplace yang memberi penawaran pekerjaan di bidang menulis dan Anda hanya perlu waktu singkat untuk mendapatkan pekerjaan disana.

Jika memang Anda benar-benar memiliki bakat dan keinginan kuat di bidang menulis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba terjun di dunia sastra yang dapat memungkinkan Anda untuk menghasilkan karya-karya sastra berupa novel, cerpen, dan bahkan puisi.

Jangan anggap remeh pekerjaan di bidang ini, karena jika karya Anda ternyata bisa diterima banyak orang dan respon pasar menyambut dengan baik, maka Anda juga akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan besar melalui pembayaran royalti.

2. Memulai Bisnis Tanaman

Hobi berkebun dan memiliki kecenderungan khusus dalam keterampilan merawat tanaman juga bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk memperoleh penghasilan. Anda dapat mengembangkan bisnis tanaman dengan cara melakukan pembibitan tanaman bunga dan obat-obatan di lingkungan sekitar pekarangan rumah.

Kemudian Anda bisa memasarkannya dengan mudah kepada tetangga sebelah rumah, kenalan atau teman-teman Anda lainnya. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai sarana untuk melakukan pemasaran bagi bisnis yang sedang Anda kerjakan dan calon pembeli akan mudah menghubungi Anda setiap saat melalui email atau sambungan telepon.

Untuk alternatif lain dalam pemasarannya, Anda juga bisa memanfaatkan acara pameran tanaman hias yang biasanya banyak digelar. Selain memasarkan tanaman, disana Anda juga bisa berinteraksi dengan pelaku bisnis tanaman lainnya dan bebagi pengetahuan dalam bidang tanaman itu sendiri.

3. Membuka Jasa Katering

Membuka jasa katering juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis rumahan, terutama bagi Anda yang senang memasak. Anda dapat memulainya dengan cara menerima pesanan dari orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti: kerabat, teman dekat dan kenalan Anda lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menerima pemesanan katering dari kantor-kantor yang biasanya akan bersifat kerjasama jangka panjang dan pemesanan rutin selama sepekan. Hal ini bahkan dapat Anda tekuni sebagai sebuah bisnis besar yang akan memerlukan jasa tambahan di dalam menjalankannya. Jadi, jangan kaget jika suatu hari Anda harus merekrut beberapa tenaga tambahan sebagai karyawan untuk menjalankan bisnis katering tersebut.

4. Membuat Berbagai Kerajinan Tangan

Senang merajut, merangkai bunga atau membuat kerajinan tangan lainnya? Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut sebagai modal bisnis rumahan yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Selain keahlian yang dimiliki sebelumnya, Anda juga bisa dengan mudah mempelajari dan mengembangkan bakat kreatif tersebut melalui informasi internet yang mudah didapatkan.

Jaringan internet membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dilakukan, salah satunya adalah pada bidang pemasaran, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir tentang pemasaran hasil kerajianan buatan Anda. Banyak sekali jenis kerajinan yang bisa Anda buat dan mudah dipasarkan melalui berbagai media sosial yang Anda miliki.

Jika Anda tekun dan mampu mencari peluang, maka besar kemungkinan bisa menjadikan bisnis kerajinan tangan tersebut sebagai sebuah ladang bisnis berskala besar, kuncinya adalah Anda harus mempunyai keunikan dan kualitas yang baik dalam setiap hasil kerajinan tangan yang dibuat oleh Anda.

5. Menjalankan Bisnis Online

Ini adalah bisnis yang bisa dijalankan secara instan tanpa memerlukan produk yang Anda hasilkan sendiri. Dalam hal ini Anda cukup jadi seorang reseller bagi banyak produk-produk yang dipasarkan melalui media sosial dan Anda akan memperoleh komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.

Jika Anda memiliki keterampilan di bidang pemasaran internet (internet marketing) atau sosial media, maka tidak ada salahnya Anda membuat sebuah toko online sendiri dan mengelolanya dengan cara profesional. Hal ini tentu akan bisa lebih menguntungkan.

6. Menerima Order Jahitan

Menjahit merupakan sebuah keterampilan khusus yang tidak semua orang mampu melakukannya dan Anda cukup beruntung jika ternyata mempunyai keahlian di bidang tersebut. Anda dapat memperoleh penghasilan dengan cara menerima pesanan jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Anda, bahkan dari teman-teman dekat atau kerabat Anda juga.

Banyak orang mungkin tidak melihat ini merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan, namun jangan salah, jika bisnis ini dilakukan dengan konsisten dan serius maka pasti akan membuahkan hasil karena ongkos menjahit sepotong baju tidaklah murah.

Bahkan Anda memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar jika ternyata Anda punya kemampuan khusus untuk menjahit baju-baju resmi seperti kebaya dan pakaian adat lainnya, karena ongkos jahit baju-baju seperti itu cukup mahal dan menjanjikan.

7. Membuka Tempat Les

Senang mengajar dan mempunyai kemampuan akademik yang baik di bidang pendidikan dan menguasai mata pelajaran tertentu, maka Anda bisa membuka sebuah tempat les untuk anak-anak sekolah di sekitar rumah.

Ini adalah sebuah pekerjaan yang memang memerlukan kemampuan yang sangat baik, karena itu pastikan Anda mempunyai kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

Jika ternyata bisnis yang Anda jalankan banyak mendatangkan peminat, maka tidak ada salahnya Anda membukanya dalam ukuran yang lebih besar dengan cara merekrut para tenaga pengajar lain yang berkompeten dan profesional.

8. Membuat Kue Atau Makanan Kering

Pekerjaan ini merupakan pilihan bisnis lain bagi Anda yang kreatif dan mempunyai hobi memasak. Ada banyak jenis kue dan penganan yang bisa dibuat dan pasarkan secara mudah.

Anda dapat membuat berbagai macam jenis kue dan panganan yang banyak disukai anak-anak dan memasarkannya dengan cara titip bagi hasil di kantin-kantin atau koperasi sekolah. Selain itu, Anda juga bisa memasarkan kue hasil buatan sendiri ke minimarket dan warung-warung yang berada di dekat tempat tinggal Anda.

9. Menjadi Penerjemah Online

Bagi Anda yang memiliki kemampuan baik dalam berbahasa asing, maka Anda akan mempunyai peluang besar untuk bisnis di bidang penerjemah, terutama bagi Anda yang punya kemampuan bahasa yang jarang dikuasai oleh banyak orang, contohnya: bahasa Rusia, bahasa Turki, bahasa Swedia dan bahasa lainnya.

Anda dapat melakukan pemasaran atau penawaran kerjasama secara online melalui marketplace yang dengan mudah bisa Anda temukan melalui jaringan internet.

Manfaatkan Keahlian Yang Anda Miliki

Bekerja tidak harus selalu di kantor dan di luar rumah, sebab ada banyak pekerjaan dan bisnis yang bisa Anda lakukan meskipun di rumah. Jangan pernah sepelekan bakat dan kemampuan Anda karena dari sana Anda dapat menghasilkan banyak uang.
Shisi Indaryanti

Hai Muslimah, jadilah wanita yang memiliki dua kecantikan! Cantik dari luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dari dalam yang dihiasi akhlak mulia dan terpuji.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama