Ada Suara Ngelitik Pada Mesin Mobil, Apa yang Terjadi?

Jika ada yang tidak beres pada mobil tentunya pemilik kendaraan harus lebih peduli terhadap hal ini, dan sebaiknya jangan sampai menyepelakan masalah apapun pada mobil. Jika masalah bisa dideteksi secara dini maka biaya yang perlu dikeluarkan juga biasanya hanya sedikit, bahkan terkadang cukup untuk perbaikan saja. Namun jika masalah kecil dibiarkan maka lambat laun akan menjadi masalah besar, hingga berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan karena untuk perbaikan plus penggantian komponen yang sudah rusak parah. Termasuk dalam hal ini suara ngelitik yang harus dicari tahu penyebabnya, apalagi banyak sekali penyebab yang bisa saja terjadi. Bagi yang penasaran dengan masalah ini, sebaiknya ketahui dulu beragam penyebab mesin mobil ngelitik di bawah ini.

suara ngelitik mesin mobil

Adanya benda keras yang masuk silinder

Apakah benda keras bisa masuk ke dalam silinder? jawabannya tentu saja bisa karena di sekitar mesin terdapat banyak sekali komponen. Jika ada gesekan komponen yang keras maka dapat menimbulkan patahan yang memungkinkan masuk ke bagian silinder. Dengan adanya patahan atau benda keras tersebut pastinya berdampak pada proses pembakaran sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna dan juga timbul suara ngelitik.

Kerja katup sudah mulai menurun

Katup memiliki fungsi untuk mengalirkan berbagai fluida seperti cairan atau gas dengan lancar, jika katup atau auto valve sudah terganggu maka aliran menjadi tersendat. Ketika aliran tersendat untuk masuk ke dalam atau ke luar mesin maka akan terjadi suara ngelitik. Biasanya katup bisa rusak atau bermasalah karena memang masa penggunaannya sudah hampir habis sehingga gaya pegasnya sudah tidak normal.

Celah katup sudah melebar

Jika katup sudah mulai menurun kualitasnya maka akan menimbulkan celah dikarenakan bentuknya sudah tidak normal. Dari celah inilah yang bisa menimbulkan suara ngelitik yang bisa didengar langsung dari dalam kabin. Katup yang sudah tidak normal maka akan membuat komponen bernama camshaft dan armshaft menjadi aus. Biasanya semakin pengemudi menginjak gas lebih dalam maka suara ngelitik akan semakin terdengar.

Bearing sudah mulai aus

Salah satu komponen pendukung yang penting pada mesin yaitu bearing. Pada bagian mesin terdapat dua macam bearing yaitu conrod bearing dan juga main bearing. Jika kedua bearing ini sudah mulai aus, maka akan menimbulkan suara. Suara yang dihasilkan bisa bermacam-macam, salah satunya adalah suara ngelitik.

Itulah beberapa penyebabnya yang mesti dicari tahu, jadi jangan heran jika saat digas baik dalam rpm rendah maupun tinggi maka akan terdengar suara ngelitik ini dari dalam kendaraan. Kondisi ini sering terjadi pada mobil yang sudah dipakai selama beberapa tahun dan dijual bekas. Jadi para pembeli mobil bekas tentu harus berhati-hati. Jika tidak mau mengambil risiko besar maka bisa memanfaatkan aplikasi mobbi yang fokus dalam menyediakan kendaraan bekas yang sudah dijamin kualitasnya untuk banyak orang. Selain harga kompetitif, ada banyak keunggulan seperti certified dan juga ada jaminan garansi.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama