Cara Factory Reset Windows 11 Tanpa Password

Untuk beberapa alasan, mungkin kamu ingin mereset laptop/komputer Windows 11 milikmu ke pengaturan pabrik. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan, dan semua itu mengharuskan kamu untuk masuk ke komputer/laptop menggunakan password admin komputer. Namun, ada kalanya kamu bisa terjebak di layar login, mungkin karena lupa password atau karena laptop/komputer milikmu sudah lama tidak dipakai, dalam hal ini kamu harus mengatur ulang komputer yang biasa disebut dengan factory reset.

Ketika komputer/laptop tidak bisa menyala atau susah memuat tampilan karena terdapat data rusak atau terkena malware, maka dengan cara factory reset komputer bisa membantu masalahmu. Dengan melakukan hal itu, semua file akan dihapus, dan masalah pun akan diperbaiki.

cara factory reset windows 11 tanpa password

Itulah beberapa kemungkinan pada situasi dimana kamu dianggap perlu melakukan factory reset Windows 11 milikmu. Disini, Fajrinfo.com akan membagikan informasi tentang cara mudah factory reset komputer Windows 11 dari layar login.

Cara Factory Reset Windows 11 Tanpa Password

Ada dua cara mudah untuk mengatur ulang (factory reset) Windows 11 tanpa password admin, dan pada kesempatan ini kami akan membahas keduanya, yaitu:

  • Memanfaatkan Recovery Options
  • Clean install Windows Menggunakan USB bootable

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk masing-masing metode jika hendak mengatur ulang laptop tanpa password.

1] Menggunakan Windows Recovery Options

Windows Recovery Options adalah fitur berisi beberapa tool yang bermanfaat jika perangkat milikmu mengalami masalah saat dihidupkan atau ketika kamu akan melalui layar login Windows. Dengan opsi ini, kamu bisa melakukan factory reset Windows 11 tanpa password/kata sandi, dan berikut adalah cara menerapkannya:

  • Nyalakan komputer lalu tunggu hingga layar login muncul.
  • Di sudut kanan bawah layar login, ketuk menu Power.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Setelah pilihan pada Power Windows muncul, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik Restart. Kamu masih harus menahan tombol Shift setelah mengetuk Restart.
  • Jika muncul pesan konfirmasi, klik Restart Anyway.
  • Saat melihat layar 'Please Wait', lepaskan tombol Shift.
  • Komputer kamu akan restart lalu masuk ke mode Recovery Options.
  • Setelah komputer restart, kemudian layar Choose an option akan muncul; ketuk pilihan Troubleshoot.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Setelah itu, pilih Reset this PC pada tampilan Troubleshoot yang muncul.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Pada layar Reset this PC, kamu akan disajikan dengan dua pilihan: Keep my files dan Remove everything. Tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan, klik salah satu dari dua pilihan tersebut.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Kemudian, kamu akan disajikan dengan dua pilihan untuk reset: Cloud Download dan Local Reinstall. Kami sarankan agar kamu memilih opsi Local reinstall, namun jika itu tidak berhasil, kamu bisa mencoba metode Cloud Download.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Lalu kamu akan diminta konfirmasi pada tampilan layar Are you ready to this device, dimana kamu harus mengklik Reset untuk memulai proses.

cara factory reset windows 11 tanpa password

Mereset laptop Windows 11 tentunya memerlukan waktu, jadi kamu harus menunggu hingga proses itu selesai.

Catatan — Jika tidak bisa menggunakan langkah-langkah di atas untuk masuk ke Windows Recovery Options, kamu bisa mematikan paksa komputer 2 hingga 4 kali untuk masuk ke mode recovery.

2] Clean Install Windows Menggunakan USB Bootable

Metode lain yang bisa kamu gunakan untuk mereset komputer Windows 11 tanpa password adalah menggunakan USB bootable dengan melakukan clean install (instal ulang) Windows pada laptop atau komputer. Namun, metode ini tidak akan memberimu pilihan untuk menyimpan file dalam komputer, sehingga dalam prosesnya semua file pasti akan dihapus.

Peringatan! — Sebelum melakukan clean install atau instal ulang sistem windows, pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu. File-file yang berada di Documents, Downloads, Pictures, Videos, Music dan file lainnya yang ada pada drive C:\ dipindah ke drive D:\ atau harddisk eksternal.

Jika ingin melakukan clean install Windows menggunakan USB bootable, berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Hubungkan USB flashdisk Windows 11 ke komputer atau laptop milikmu.
  • Restart komputer tersebut lalu mulailah menekan tombol F8, F9, atau Esc pada keyboard, (tergantung pada produsen perangkat yang kamu gunakan) untuk masuk ke mode Boot options.
  • Pada layar Boot options, pilih USB flash drive (flashdisk) yang kamu sambungkan sebelumnya sebagai drive boot lalu tekan Enter pada keyboard.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Kemudian kamu akan dibawa ke halaman Windows Setup, dimana kamu harus mengatur Bahasa untuk diinstal, Waktu dan format mata uang, Keyboard atau metode input. Setelah itu klik Next.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Kemudian ketuk tombol Install now.

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Jika diminta aktivasi pada tampilan Activate Windows, pilih I don't have a product key.
  • Setelah itu pilih edisi Windows 11 yang ingin kamu instal.
  • Ceklis pilihan I accept the license terms lalu klik Next.
  • Pada halaman selanjutnya, pilih Custom Install Windows only (advanced).

cara factory reset windows 11 tanpa password

  • Kemudian klik pada flashdisk instalasi lalu tekan Next.
  • Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi selesai dan ikuti petunjuk pada layar untuk mengatur laptop Windows 11 milikmu.

Apakah Saya Bisa Mereset Komputer Tanpa Masuk Akun?

Jika lupa password, kamu bisa mereset komputer langsung dari halaman login Windows. Kamu memiliki dua pilihan untuk melakukannya: menggunakan System Recovery Options atau melakukan instal ulang Windows pada komputer menggunakan USB flashdisk. Salah satu dari dua metode tersebut akan membersihkan sistem perangkat milikmu dan meringankan beban resource di dalam sistemnya.

Apakah Mereset Komputer Akan Menghapus Data Saya?

Mereset komputer/laptop melalui metode yang Fajrinfo.com bagikan ini akan memberimu pilihan untuk menyimpan file milikmu atau menghapus semuanya. Kamu hanya perlu memilih salah satunya tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan pada laptop/komputer tersebut. Namun, jika kamu ingin mereset komputer dengan cara menginstal ulang Windows, maka semua data akan terhapus. Sehingga, sebaiknya backup file-file penting terlebih dahulu sebelum melakukan instal ulang Windows 11.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama