Inilah 4 Browser Android yang Mendukung Ekstensi

Ekstensi dan add-on bisa menjadikan browser pada komputer sangat berguna, namun fungsi tersebut belum diterapkan sepenuhnya pada browser mobile seluler — benarkah? Tahukah kamu, di dunia Android, kamu dapat memiliki beberapa pilihan aplikasi browser yang mendukung ekstensi?

Benar sekali bahwa kamu tidak akan kesulitan menemukan browser komputer yang mendukung ekstensi, namun hal tersebut tidak berlaku bagi browser seluler. Chrome misalnya, browser paling populer untuk Android (browser bawaan), tidak mendukung ekstensi. Namun, kamu punya beberapa pilihan jika ingin memakai ekstensi pada aplikasi browser seluler.

1. Firefox

browser android yang dukung ekstensi add-on

Firefox Android adalah pilihan tepat jika kamu mencari suatu peramban browser yang tidak berbasis Chromium, yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna Android.

Browser dari Mozilla ini mempunyai kinerja cepat, aman, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Salah satu fitur terbaik Firefox untuk Android adalah mendukung ekstensi alias "Add-on".

Kamu bisa menginstal add-on dari addons.mozilla.org seperti yang bisa kamu lakukan pada browser komputer, atau kamu bisa menemukan add-on yang direkomendasikan dan telah diverifikasi Mozilla untuk kualitas dan keamanan pada aplikasi.

Beberapa add-on terbaik itu adalah uBlock Origin, Dark Reader, Ghostery, Bitwarden, Tampermonkey, dan Privacy Badger. Ekstensi-ekstensi ini bisa membuatmu melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan pada sebagian besar browser seluler pada Android, dan lebih banyak ekstensi akan segera hadir.

2. Samsung Internet

Samsung Internet adalah web browser yang sangat keren dan kini tidak harus digunakan pada ponsel Samsung.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti Mode Rahasia yang dilindungi kata sandi, Login Web Biometrik, kontrol yang lebih baik untuk video web, beberapa opsi tata letak, dan tentu saja, dukungan ekstensi add-on.

Ada sedikit tanda bintang dalam hal add-on pada aplikasi Samsung Internet. Sebagaimana disebutkan, kamu tidak memerlukan ponsel Samsung untuk menggunakan aplikasi ini, namun sebagian besar add-on didistribusikan melalui Galaxy Store, yang memang memerlukan ponsel Samsung.

Meskipun kamu bisa menginstalnya di ponsel apapun layaknya seperti aplikasi Android biasa dan mengaksesnya melalui menu. Namun, jika kamu tidak memakai ponsel Samsung, aksesmu dibatasi hanya dapat memilih ekstensi pemblokir iklan saja.

3. Kiwi Browser

Kiwi Browser adalah aplikasi web browser Android yang cepat dan ringan dengan beberapa fitur tambahan yang bagus.

Beberapa fitur penting termasuk mode malam, bilah alamat di bagian bawah, kemampuan untuk menggunakan Facebook Messenger di browser, menonaktifkan AMP, dan tentu saja terdapat fitur ekstensi.

Dukungan ekstensi merupakan salah satu fitur utama yang menjadikan Kiwi Browser menarik perhatian.

Tidak seperti browser seluler lainnya, Kiwi Browser mendukung banyak ekstensi Chrome komputer secara lengkap, yang bisa kamu dapatkan di Toko Web Chrome dan mengaktifkannya pada menu pilihan.

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang Kiwi Browser adalah pernah terjadi masalah karena jarangnya melakukan pembaruan di masa lalu, yang berarti browser ini akan tertinggal untuk hal patch keamanan Chromium. Namun tampaknya kini hal tersebut tidak menjadi masalah lagi.

4. Lemur Browser

Lemur Browser adalah aplikasi browser terbaru dalam daftar yang Fajrinfo.com rekomendasikan. Aplikasi Android ini memiliki dasar acuan pada mesin kernel Chromium berkecepatan tinggi yang baru.

Dalam hal fitur, aplikasi ini sangat mirip dengan Kiwi Browser, ditambah lagi dapat menggunakan ekstensi untuk komputer desktop Chrome dan Microsoft Edge.

Ekstensi desktop pada browser seluler bisa membantu kamu melakukan banyak hal yang biasanya tidak bisa dilakukan. Hal itulah yang menempatkan aplikasi browser seperti Kiwi dan Lemur dalam kategorinya masing-masing.

Salah satu hal menarik tentang aplikasi Lemur browser adalah kamu bisa mengimpor ekstensi secara lokal melalui file crx. Dan kamu juga bisa menginstalnya langsung dari toko web Chrome dan Edge.

Meskipun mungkin pengguna tidak punya banyak pilihan ekstensi seperti yang ada pada browser desktop, namun dengan fungsi tambahan ini sudah cukup bagus.

5. Microsoft Edge

Microsoft Edge, browser berbasis Chromium, akan memberikan dukungan pengunduhan ekstensi di perangkat Android. Saat ini, dukungan tersebut masih baru dirilis dalam versi eksperimen.

Dengan menambahkan kemampuan ekstensi, pengguna browser Edge ini bisa memasang add-on ke browser mereka. Ekstensi ini bisa memaksimalkan penggunaan browser, memodifikasi tampilan dari situs web, hingga memblokir iklan dari berbagai situs web.

Pengunduhan ekstensi ini pertama kali ditemukan oleh akun leopeva64 di platform X, kemudian dilaporkan oleh 9to5mac. Akun tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pengunduhan ekstensi tersedia di Edge versi 123, tetapi tersembunyi di balik flag.

Pembaruan ini baru bisa digunakan secara stabil di versi beta pada akhir Februari, sementara versi publiknya akan diluncurkan pada akhir Maret. Waktu peluncuran ini belum dikonfirmasi oleh pihak Microsoft sehingga waktunya masih bisa berubah.


Jika kamu biasa menggunakan aplikasi browser Chrome saat memakai ponsel Android, tidak ada salahnya mencoba beberapa rekomendasi aplikasi browser yang telah kami jelaskan di atas untuk merasakan berbagai fitur yang tidak ada pada Chrome Android, khususnya fitur dukungan ekstensi seluler.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama