Saturday, November 11, 2017

Mengapa Saat Komputer Mengalami Masalah Biasanya Kita Restart?

Mengapa Disaat Komputer Mengalami Masalah Biasanya Kita Restart?

Sudah kita ketahui bahwa pada setiap perangkat digital apapun, entah itu komputer, laptop, ponsel pintar, kamera digital atau lainnya pasti ada saatnya mengalami suatu masalah tertentu pada perangkat-perangkat tersebut jika sudah sering digunakan.

Uniknya, meskipun jenis dan kegunaan dari berbagai macam perangkat digital itu berbeda-beda, namun dalam mengatasi masalah yang ringan biasanya kita sudah latah melakukan restart (menghidupkan ulang) pada perangkat tersebut.

Lalu pertanyaannya adalah benarkah dengan melakukan restart dapat mengatasi masalah pada perangkat digital?

Dalam beberapa kesalahan ringan, merestart perangkat digital dapat mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat tersebut. Misalnya ketika perangkat mengalami error sistem, proses lambat, atau bahkan tidak dapat merespon perintah.

Baca juga: Cara Mudah Agar Suhu Komputer Tidak Terlalu Panas

Meskipun demikian, sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui solusi mudah yang dapat kita terapkan sendiri pada perangkat digital itu.

Sobat, tahukah kamu mengapa pada setiap perangkat digital yang mengalami masalah dapat diatasi cukup dengan melakukan restart saja?

Alasan Utama Merestart Perangkat Digital

Ketika komputer berjalan dalam keadaan sedang membuka banyak program lalu melakukan instalasi atau menghapus instalasi suatu program secara bersamaan, terkadang komputer akan berhenti bekerja (hang) dalam beberapa saat jika kita membuka program lainnya lagi, apalagi kalau program yang kita buka itu merupakan program yang cukup berat.

Para pengguna komputer mungkin tidak menyadari bahwa ada banyak program yang berjalan di latar belakang sistem, hingga mengakibatkan kinerja komputer menjadi berat dan lambat.

Belum lagi jika memori penyimpanan dalam komputer memiliki kapasitas yang kecil, pasti komputer akan membutuhkan kinerja ekstra untuk membuka setiap programnya.

Ketika dalam satu waktu komputer membuka banyak program secara bersamaan, maka disitulah biasanya akan timbul masalah. Mulai dari sistem bekerja lambat, program tidak dibuka lagi walaupun sudah digunakan beberapa saat sebelumnya, peringatan error (kesalahan) dan sebagainya.

Saat kita me-restart komputer, maka semua program dan proses apapun yang sedang berlangsung akan ditutup dan berakhir.

Setelah proses restart selesai dan komputer hidup lagi, komputer menjadi segar kembali dan dapat bekerja lebih optimal dari sebelum direstart. Sehingga pilihan untuk merestart komputer yang bekerja lamban karena membuka banyak program dapat diistilahkan dengan reboot atau powering-up.

Perlu kamu ketahui bahwa restart tidak sama dengan reset. Sebab reset merupakan proses yang jauh lebih ekstrim yang dapat menghapus segala sesuatu yang ada di dalam komputer dan mengembalikan komputer ke setelan bawaan pabrik.

Restart Juga Dapat Diterapkan Pada Perangkat Lain

Fungsi restart juga berlaku untuk perangkat digital lain selain komputer. Seperti halnya smartphone, modem, router, televisi cerdas, kamera digital, handycam dan lainnya adalah perangkat digital yang mempunyai sistem operasi dan perangkat lunak memiliki konsep sama jika diberikan perintah untuk membuka berbagai macam hal secara bersamaan seperti komputer.

Dengan restart, semua perangkat tersebut akan menghapus segala beban kerja yang ada selama beberapa waktu lalu memulai kembali dengan kemampuan yang lebih baik.

Sering Me-restart Komputer Bukan Tindakan Yang Tepat

Sebaiknya restart dilakukan berdasarkan kondisi yang dialami komputer, yaitu disaat komputer mengalami masalah ringan atau tidak merespon perintah yang kita berikan. Namun jangan restart komputer secara terus menerus setiap habis melakukan aktivitas dengan komputer.

Baca juga: Cara Mengamankan Flashdisk Menggunakan Password

Mengulang-ulang me-restart dapat dilakukan pada saat pemasangan driver komputer atau setelah melakukan instal ulang sistem operasi saja. Bisa juga setelah komputer menginstal paket pembaruan pada sistem, namun itu juga biasanya tidak dilakukan berkali-kali.

Selain itu, melakukan restart secara berulang-ulang sangat tidak disarankan, karena hal tersebut akan sangat menyita waktu dan menyebabkan pekerjaan yang kita lakukan menjadi tidak efisien.

Kesimpulannya adalah me-restart merupakan suatu solusi mudah yang dapat dilakukan pada komputer yang sedang mengalami masalah ringan pada kondisi tertentu. Selain pada komputer, restart dapat mengatasi masalah yang dialami oleh perangkat digital lainnya seperti smartphone (ponsel ceerdas), laptop, konsol game, router WiFi dan banyak lainnya.

Selain melakukan restart, solusi apa yang biasanya kamu lakukan ketik komputer atau perangkat digital lain mengalami masalah ringan?
This Is The Newest Post
SEBELUMNYA Previous Post
This Is The Newest Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner