Windows Live Writer Berubah Menjadi Open Live Writer?

Windows Live Writer adalah program yang biasa digunakan oleh para blogger untuk berbagai macam keperluan dalam blogging. Dulu program ini sempat menjadi program handal yang sangat populer karena di dalamnya terdapat banyak tool yang digunakan untuk kepentingan blogging. Namun kini Windows Live Writter sudah mulai ditinggalkan pengguna.

Mengetahui hal tersebut, pada akhirnya pihak Microsoft tidak dapat berbuat banyak dengan kenyataan itu. Mengetahui Windows Live Writer sudah sepi pengguna, terdengar desas-desus Microsoft akan melepaskan Windows Live Writer ini menjadi program open source agar selanjutnya para developerlah yang menjadi pengembang Windows Live Writer untuk selanjutnya. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan tidak tersedianya update program yang dikemas dalam Windows Essential ini dengan update terakhir hanya sampai versi Windows Essential 2012 saja.

Windows Live Writer Berubah Menjadi Open Live Writer?

Berbicara tentang Windows Live Writer, dalam hal ini FajrInfo mengalaminya sendiri karena tidak bisa menggunakan tool buatan Microsoft ini. Sempat beberapa kali mencoba dengan berbagai cara, sampai beberapa kali mengganti password google namun hasilnyapun nihil.

Dan alhamduillah akhirnya FajrInfo mendapatkan info mengenai Windows Live Writer yang “katanya” sudah mulai ditinggalkan Microsoft. Kabarnya, sudah sejak awal Desember lalu Windows Live Writer mengalami masalah ketika hendak login ke blogger. Setelah mencari cara kesana kemari tidak kunjung membuahkan hasil, pada akhirnya FajrInfo menemukan program tool yang bernama Open Live Writer.

Open Live Writer merupakan program yang fungsinya sama persis dengan Windows Live Writer. Program ini juga dapat digunakan untuk menulis artikel secara offline dan mempublish ke blog secara langsung. Apakah Open Live Writer ini merupakan pengembangan dari Windows Live Writer yang telah menjadi open source? FajrInfo tidak dapat memastikannya.

Namun jika dilihat dari isi dan personalisasi dalam Open Live Writer ini sungguh sangat identik dengan Windows Live Writer besutan Microsoft.

Jadi, apabila kamu mengalami kendala ketika akan masuk blogger menggunakan Windows Live Writer, program Open Live Writer ini bisa menjadi tool alternatif agar tidak menghambat aktifitas blogging kamu.

Untuk kamu yang ingin mencicipi Open Live Writer, kamu dapat mengunduh dari situs resmi para depelovernya. Kamu bisa menemukannya pada pencarian Google dengan keyword (kata kunci) Open Live Writter. File installernya juga terbilang kecil karena hanya berukuran 5,16 MB saja. Jadi, mengunduh program ini tidak akan membuat kuota internet kamu terkuras habis dan tidak terlalu banyak makan space harddisk. Jika kamu telah selesai mengunduhnya, silahkan instal Open Live Writer yang telah didownload tersebut ke komputer atau laptop kamu. setelah itu kamu bisa langsung menggunakannya untuk blogging.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara penggunaannya, FajrInfo akan membagikan langkah-langkahnya. Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan program Open Live Writer:

- Buka program Open Live writer yang telah kamu instal tadi

- Pilih layanan blog yang kamu gunakan lalu klik Next. (Dalam hal ini FajrInfo menggunakan Blogger).

- Kemudian klik Sign in, dan masukkan email dan password google kamu. Untuk memudahkan ceklis pada bagian "stay logged in" agar tidak usah mengulang sign in lagi dilain waktu.

- Apabila sudah masuk, Open Live Writer akan mengkonfirmasi nama blog kamu lalu klik Finish. Lalu konten dalam blog kamu akan disinkronkan ke dalam Open Live Writer.

- Setelah selesai semua, maka silahkan menulis artikel dan mempublishnya ke blog kamu secara langsung dengan Open Live Writer.

Windows Live Writer Berubah Menjadi Open Live Writer?

Walaupun memang ada program pengganti open live writer ini, namun FajrInfo lebih merekomendasikan lagi kepada sobat blogger untuk menulis artikel pada laman blogger secara langsung. Karena dengan diberhentikannya dukungan blogger pada aplikasi fenomenal tersebut dimungkinkan adanya kekhawatiran pihak Google mengenai keamanan akun pengguna blogger.

Maka dari itu, menulis artikel jauh lebih baik dari pada menggunakan program pihak ketiga. Karena sebenarnya Google pun memiliki aplikasi Blogger, namun entah kenapa sudah sangat lama aplikasi tersebut tidak mendapatkan perbaikan dan pembaruan dari Google, berbeda dengan aplikasi buatan Google lainnya yang selalu memperoleh perbaikan dan update terkini dari pengembangnya, yaitu Google.

Demikian pembahasan kita tentang Windows Live Writer berubah menjadi Open Live Writer. Mudah bukan untuk menggunakannya? Jika kamu mengalami kendala dalam proses login atau pengunduhan Open Live Writer, kamu bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Bagi sobat yang memiliki tips atau trik dalam penulisan artikel yang baik selain yang telah dipaparkan pada paragraf terakhir artikel FajrInfo ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terlebih lagi mungkin ada yang ingin menyikapi atau mengkritisi tentang perubahan pada kebijakan program windows live writer ke open live writer ini, mangga ditunggu sharing informasi, pengetahuan dan pengalaman sobat blogger semua.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

14 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. ko saya tidak bisa intal open live writer ya? setelah download, saya mau instal ada peringatan this program cannot run on windows xp or before;it requires aleter version of windows. bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pringatan pesannya sperti itu, brarti untuk sistem operasi Windows XP kebawah tidak mendapat dukungan menjalankan program tersebut gan. Maka solusinya harus upgrade ke Windows 7 atau sistem operasi yang lebih baru.

      Hapus
    2. Terus kalo mau ganti sistem operasi, misal ke windows 7 untuk netbook( acer aspire one happy) kira-kira cocok g y?soalnya khawatirnya g cocok atau speknya g kuat.Terus ada alternatif lain aplikasi lain yg seperti open live writer dr segi kemudahan penggunaan maupun kelengkapan fitur?Terima Kasih gan.

      Hapus
    3. Cocok gan, saya juga prnah nginstal netbook Acer seri Happy pnya tmen, saya pasang windows 7 ultimate. Dan rekomendasi saya sih mnding upgrade ke Windows 7 aja gan, Windows XP udah ga disupport microsoft bkalan rentan malware.

      Hapus
  2. Thanks ya info nya, kemaren sempat galau karena WLR nya ga bisa login, ternyata saya kurang update :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiipp... terimakasih juga atas kunjungannya ;)

      Hapus
    2. Sama dong.. ga masuk masuk.. udh googling sana sini gaada hasil eh ternyata WlR udah ga dipake lagi:v kudet emang

      Hapus
    3. Hehee... bukan kudet gan, cuma baru tau aja mungkin... :-D

      Hapus
  3. Pas buka instalernya Ane disuruh nginstal dulu .NET 4.5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang harus terinstal .Net Framework 4.5 dlu gan. Coba cari dan unduh di Google..

      Hapus
    2. Ane udah donlot mentahan .net 4.6 tetep OLW nya minta donlot .net njir.. ga bisa instal offline '-'

      Hapus
    3. Agan sendiri instal offline atau online?

      Hapus
    4. Setau saya, dengan Net Framework versi 4.5 aja cukup ko gan.
      Emang agan pake sistem operasi apa laptopnya??

      Hapus
  4. tenkz info na gan, udah seminggu pening otak-atik kom mw instalnya gak bisa2. ternyata udah out.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama