Ciri-Ciri Blog Kamu Disukai Oleh Pengunjung

Sobat blogger, tahukah kamu bahwa setiap blog memiliki penilaian tersendiri di mata pengunjung/visitor? Lalu apakah kamu tahu bagaimana ciri-ciri blog yang memiliki nilai baik sehingga disukai oleh pengunjung?

Setiap orang yang berkutat di dunia blogging (seorang blogger), pasti menginginkan blog yang ia kelola memiliki banyak pengunjung. Sebab blog yang selalu dikunjungi banyak orang merupakan blog yang bermanfaat dan dibutuhkan orang banyak yang akhirnya akan disukai oleh setiap pengunjungnya.

Ciri-Ciri Blog Kamu Disukai Oleh Pengunjung

Jika pengunjung menyukai konten yang ada pada suatu blog, maka bukan mustahil ia akan kembali mengunjungi blog tersebut untuk mencari konten lain yang dibutuhkannya. Hal tersebut akan diketahui oleh Google yang tentunya berdampak baik pada blog tersebut karena merupakan penilaian tersendiri bagi Google dalam memposisikan suatu blog dengan blog lainnya pada hasil penelusuran Google.

Baca juga: Mengembangkan Blog Dengan Cara Kamu Sendiri

Bagaimana cara mengetahui tanda blog yang memiliki nilai bagus di mata pengunjung dan disukai oleh mereka? Ciri-ciri blog yang disukai oleh pengunjung adalah sebagai berikut:

Visitor Yang Kembali Berkunjung

Ciri blog kamu disukai pengunjung yang pertama adalah visitor (pengunjung) yang melakukan kunjungan kembali ke blog. Pengunjung yang kembali berkunjung ke blog biasanya disebabkan oleh konten yang kita suguhkan dianggap bermanfaat baginya dan membuat ia tertarik berkunjung kembali untuk memperoleh konten menarik lainnya yang kita posting pada blog. Dengan demikian, pengunjung tersebut merupakan bukti bahwa ia menyuakai blog yang kita kelola.

Untuk mengetahui visitor yang berkunjung kembali, caranya yaitu blog kita harus disinkronkan atau ditautkan dengan Google Analytics. Layanan milik Google tersebut dapat memantau dan merekam aktivitas yang terjadi dalam blog kita. Untuk cara mensinkronisasinya sangat mudah, silahkan melakukan pencarian di Google karena sudah sangat banyak para blogger yang membagikan langkah-langkahnya.

Dengan begitu, kita akan mengetahui segala aktivitas yang terjadi pada blog. Mulai dari jumlah pengunjung setiap hari, prosentase pengunjung baru dan yang kembali berkunjung, hingga kita dapat memantau berapa orang yang sedang berkunjung di blog secara real time (pengunjung yang sedang online di blog kita).

Komentar Dalam Artikel Blog

Komentar dalam setiap postingan memiliki penilaian tersendiri bagi suatu blog. Sebab, komentar merupakan respon pengunjung yang telah membaca artikel dalam blog kita sebagai apresiasi dari apa yang telah dipublikasikan. Jumlah komentar dalam suatu artikel dapat menjadi tolak ukur Google dalam memposisikan blog kita pada hasil pencariannya. Semakin banyak komentar, maka semakin besar pula peluang blog tersebut menduduki posisi teratas.

Akan tetapi, pastikan komentar tersebut adalah komentar yang benar-benar relevan dengan postingan dan bukan komentar yang mempromosikan suatu produk tertentu atau komentar yang memasang link aktif dengan tujuan agar mendapatkan backlink dari blog kita. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan secara rutin pada setiap komentar yang masuk atau dapat juga memoderasinya agar mendapatkan komentar yang relevan.

Meskipun komentar dapat kita peroleh dengan cara kita meninggalkan komentar di blog orang lain ketika blogwalking dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat sedikit berpengaruh terhadap penilaian blog kita setiap postingnya, apalagi jika komentar yang diberikan relevan dan tidak dibuat-buat.

Backlink Dari Media Sosial

Ciri blog kamu disukai oleh pengunjung berikutnya adalah dengan adanya backlink dari media sosial. Dengan adanya backlink tersebut menandakan bahwa artikel pada blog kamu sangat disukai pengunjung. Sehingga ia mempublikasikannya (nge-share) ke media sosial guna merekomendasikan teman-temannya untuk membaca artikel yang ia baca pada blog kita tersebut.

Oleh sebab itu, adanya share button (tombol publikasi ke media sosial) merupakan komponen yang wajib ada pada blog. Karena dengan media sosial sangat mudah untuk menyebarkan berita atau informasi dengan cepat.

Namun kita tidak bisa hanya mengandalkan tomblo share media sosial itu saja. Karena kita juga perlu mempromosikan postingan blog kita di media sosial secara langsung agar blog lebih cepat dikenal banyak orang.

Pengikut Blog (Followers)

Pengikut blog adalah orang yang melakukan follow pada blog kita. Pengikut blog yang dimaksud disini bisa melalui media blog dengan men-subscribe atau menyukai dan memfollow pada halaman blog kita di media sosial.

Karena dengan adanya para pengikut blog ini, mereka akan selalu mendapatkan pemberitahuan setiap ada artikel baru yang diposting pada blog kita dan hal tersebut merupakan bukti bahwa mereka menyukai dan menganggap blog kita bagus dan pantas diikuti mengenai informasi-informasi terbaru yang diposting.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri blog kamu disukai oleh pengunjung yang dapat Fajrinfo sampaikan. Setiap kita sebagai blogger pasti selalu berusaha agar konten yang ada dalam blog yang kita kelola dapat disukai oleh banyak orang. Menurut kamu sobat, adakah yang mengetahui ciri lain tentang blog yang disukai oleh pengunjung selain yang telah dibahas pada pembahasan di atas?
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

22 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. template yg cocok juga bikin pengunjung betah trus artikel yg update pengunjung bklan sering dateng, thank info nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget harus selalu update.
      Makasih juga atas kunjungannya..

      Hapus
  2. Wah blog ane termasuk juga gak ya

    BalasHapus
  3. Bnyak visitor jg termasuk toh, pnya ane jg bnyk visitornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo visitor ya banyak sudah pasti blog tersebut disukai dan dibutuhkan gan...

      Hapus
  4. Wahh ciri-cri blog yg disukai pengunjung nih termasuk gue;v

    BalasHapus
  5. thanks for the advice gan hehe

    BalasHapus
  6. Makasih infonya gan :D Sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah. Makasih atas kunjungannya juga gan..

      Hapus
  7. Thanks info gan,saya harap blog saya disukai masyarakat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Berikan selalu yg terbaik gan..

      Hapus
  8. Memang bener biasanya blog kita disukai itu saat pengunjung lebih sering membuat komentar di artikel kita dan faktor utama nya menurut saya dari sosial media

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul gan, makanya pada blog ini mengistilahkan pengunjung bijak tinggalkan jejak. (Walaupun tidak begitu sebenarnya)

      Hapus
  9. Makasih infonya gan,kayaknya blog ane belum disukai pengunjung deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan menyerah gan, semangat terus untuk memberikan yg bermanfaat...

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama