Sering kali kita mengalami kesulitan disaat sedang melakukan pencarian di Google. Padahal mesin pencarian Google merupakan media yang sangat banyak membantu kita dalam mengakses internet, khususnya dalam hal pencarian artikel atau referensi lainnya.

Mungkin saja bisa dikatakan bahwa dengan melakukan pencarian di Google, pasti kita akan selalu mendapatkan jawabannya. Walaupun untuk situasi dan kondisi tertentu mesin pencari Google bukanlah merupakan sumber yang relevan.

Bagi kamu yang melakukan pencarian umum yang berupa artikel referensi atau informasi terkini, Google-lah jawabannya. Namun pernahkah kamu mengalami kesulitan ketika mencari sesuatu di Google?

Kesulitan yang kamu alami ketika tidak menemukan sesuatu yang kamu cari di Google bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa saja karena kata kunci (keyword) yang kamu masukkan kurang tepat, artikel yang kamu cari merupakan hal yang dilarang atau termasuk melanggar privasi keamanan seseorang, dan lain sebagainya.

Agar pencarian yang kita lakukan di Google lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan, maka lebih baik melakukan salah satu dari beberapa tips bermanfaat saat melakukan pencarian di Google berikut ini.

1. Versi Halaman Dalam Cache

Mungkin sobat juga tahu bahwa mesin pencarian Google dapat menjangkau kembali situs web yang telah kita kunjungi.

Halaman cache situs web bisa kita buka pada hasil pencarian Google, biasanya terdapat tanda panah ke bawah di samping url link masing-masing artikel yang ditemukan. Bila diklik kita akan disuguhkan dengan tampilan statis yang dihasilkan dari pengambilan gambar oleh robot Google dari situs tersebut.

Fitur ini sangat membantu para pengguna internet karena selain dalam pemuatan akan lebih cepat juga tidak terlalu banyak memakan kuota internet.

2. Mencari Hasil Terkait

Pencarian dengan metode ini akan memudahkan kamu dalam mencari referensi tertentu.

Misalnya saja kamu mengetikkan keyword related: tugas laporan pada kolom pencarian, maka hasil yang ditampilkan akan sangat membantu kamu dalam menyusun laporan karena hasil tersebut memiliki keterhubungan satu sama lain.

Baca juga: Cara Menghidupkan Modus Malam Pada Windows 10

3. Pencarian Menggunakan Gambar

Mungkin ada benarnya juga ungkapan pepatah dari kalimat “barang siapa yang membutuhkan kata-kata sebuah gambar dapat mewakili perasaan kita.”

Kalimat di atas dapat diterapkan juga pada pencarian Google. Karena mesin pencarian ini memiliki fitur pencarian melalui gambar yang akan menghasilkan gambar yang mirip dengan yang dicari.

Agar dapat mempermudah dalam melakukan pencarian menggunakan gambar, sangat direkomendasikan untuk menggunakan browser Google Chrome. Karena di dalamnya terdapat banyak fitur yang telah disematkan Google untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian di internet.

4. Melakukan Penelusuran Suara

Rasa malas sering kali menghinggapi kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Disini Google sangat memahami akan hal tersebut.

Oleh sebab itu, disaat malas menghampiri ketika melakukan pencarian di internet, tidak ada salahnya kamu melakukan pencarian dengan menggunakan suara.

Fitur ini sangat membantu kita dalam pencarian, cukup dengan menekan ikon mikrofon pada samping kanan kolom pencarian Google, lalu mengatakan kalimat yang sedang kita cari maka Google akan menyuguhkan hasil pencarian yang diperolehnya.

5. Penelusuran Berdasarkan Jenis File

Apabila kamu sedang membutuhkan sebuah file dokumen PDF atau word, cantumkan jens file yang kamu cari tersebut agar Google pencarian dapat dengan mudah menemukannya.

Kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir, makalah, skripsi, laporan atau lainnya dan membutuhkan file dokumen untuk dijadikan referensi, maka lakukanlah pencarian berdasarkan jenis file yang dibutuhkan tersebut.

Misalnya kamu sedang mencari file dokumen PDF untuk tugas makalah, maka ketikkan dalam kolom pencarian “filetype: tugas makalah.pdf” (tanpa tanda kutip). Hal tersebut akan mempercepat penemuan dokumen yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

6. Mencari Sesuatu Yang Menyenangkan Di Google

Sebenarnya fitur yang satu ini tidak terlalu penting apabila kita sedang dikejar deadline tugas penelitian. Namun kiranya akan bermanfaat bagi kamu yang sudah jenuh melakukan pencarian dan ingin rehat sejenak.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Kamu bisa menggunakan fitur pencarian Google yang satu ini karena akan disuguhi permainan klasik yang cukup menghibur.

Untuk mengaksesnya, cukup dengan mengetikkan “breakout google” pada kolom pencarian, setelah itu klik pada hasil pencarian paling atas yang memiliki label “atari breakout – Google Serach – G.co.”

Kemudian jangan kaget jika layar laptop kamu berubah menjadi arena permainan yang cukup menyenangkan hati dikala jenuh melakukan pencarian Google.

Mungkin itu saja dari Fajrinfo dalam pembahasan mengenai beberapa tips bermanfaat saat melakukan pencarian di Google, semoga dapat bermanfaat bagi kamu sobat.

Bagikan artikel ini melalui:

Related Posts

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments