Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Cara Aman Dan Nyaman Dalam Penggunaan Komputer

Di era digital sekarang ini komputer sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan bagi sebagian orang. Sehingga dalam penggunaannya pun perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Entah karena tuntutan dalam profesinya bekerja atau karena tugas yang sangat menumpuk dari sekolah, sulit rasanya untuk melepaskan diri dari menatap layar komputer/laptop. Benar begitu kan sobat?

Jika kamu termasuk orang yang sehari-harinya selalu berhadapan dengan layar monitor, berusahalah untuk melakukannya dengan cara yang aman dan nyaman agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan mata serta anggota tubuh lainnya.

Baca juga: Pengaruh Blue Light Pada Perangkat Digital Bagi Kesehatan

Sangat dianjurkan bagi kamu untuk melepaskan mata dari layar monitor setiap 30 menit lamanya. Ini bukan hal yang sepele. Upaya ini bertujuan agar terhindar dari mata lelah dan kering, karena jika demikian dapat mengganggu penglihatan.

Setelah 30 menit tersebut, kamu bisa melihat yang hijau-hijau sejenak, bisa juga melakukan pembicaraan ringan dengan rekan terdekat, atau setidaknya tutuplah matamu dalam sesaat.



Terlalu lama menatap layar monitor dapat menimbulkan berbagai macam masalah, misalnya mata lelah. Biasanya gejala ini disertai dengan beberapa gangguan lain, seperti mata berair, pandangan menjadi ganda, penglihatan buram, terasa pegal pada area pelipis alis, dahi dan leher, bahkan sakit kepala.

Letakkan layar monitor agak jauh dari tatapan mata, jarak idealnya adalah 30 – 40 cm dari mata. Dan usahakan untuk mengatur kontras cahaya pada laptop seminimal mungkin atau memasang filter cahaya anti silau pada komputer desktop.

Untuk menghindari keluhan nyeri otot, nyeri punggung, nyeri bahu dan kepala, posisikan punggung dengan tegak saat duduk. Pastikan tulang punggung dan ekor bersandar pada tempat yang baik. Bila perlu atur posisi kursi agar sejajar dengan layar monitor dan posisi lutut sejajar dengan pinggul. Setelah itu, posisikan pergelangan tangan di atas meja.

Apabila terjadi iritasi pada mata, berikan obat tetes mata sesegera mungkin. Sebab jika mata menjadi iritasi, bisa jadi diakibatkan oleh mata kering. Oleh karena itu kamu bisa melakukan pelumasan menggunakan obat tetes mata tersebut.

Demikian topik kita tentang cara aman dan nyaman dalam penggunaan komputer kali ini. Bila pembahasan yang telah Fajrinfo bahas masih terdapat kekurangan, silahkan sobat lengkapi pada kolom komentar yang telah disediakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger