Mau Beli Hewan Kurban Online? Ayo Cek Di 7 Situs Terpercaya Ini!

Dalam waktu dekat kita akan dihadapkan dengan Hari Raya Idul Adha yang kini tinggal dalam hitungan hari saja sobat. Nah, pertanyaannya menjelang Hari Raya Idul Kurban ini apakah Anda sudah beli hewan kurban?

Di beberapa lokasi para pedagang hewan kurban telah terlihat sejak dua minggu lalu. Bagi Anda yang hendak berkurban dan belum sempat untuk membeli hewan kurban, tidak perlu khawatir tidak kebagian. Sebab kini berkurban dapat dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa harus keluar rumah lagi, yakni dengan cara melalui layanan kurban online.

Berkurban online berarti mulai dari prosedur, pembelian dan penyaluran daging kurban tersebut dilakukan secara online tanpa terjadi tatap muka antara pembeli hewan kurban dan penjual. Praktik kurban dengan cara online sebetulnya bukanlah sesuatu yang baru. Namun pada tahun ini, penyedia layanan kurban online bertambah semakin banyak, sehingga pembeli pun mempunyai beragam pilihan yang bervariasi.

Mau Beli Hewan Kurban Online? Ayo Cek Di 7 Situs Terpercaya Ini!

Terkait mekanisme Kurban Online, bukan hanya menawarkan kepraktisan bagi orang yang niat berkurban saja, namun dapat juga bertujuan agar distribusi daging kurban jadi lebih merata, mulai dari daerah yang terpencil di wilayah Indonesia sampai kawasan konflik di negara lain.

Baca juga: Cara Melaporkan Situs Web Berbahaya / Mencurigakan Ke Google

Sebagai pembeli, Anda akan memperoleh sertifikat dan foto hewan kurban yang akan dipotong dari lembaga terkait untuk dijadikan bukti bahwa Anda telah berkurban.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk beli hewan kurban secara online?

Untuk informasi lebih lanjut tentang kurban online, berikut ini adalah tujuh situs internet lembaga penyedia kurban online yang terpercaya.

1. Tokopedia


Situs marketplace asli Indonesia yang satu ini telah bekerjasama dengan berbagai lembaga penyedia kurban untuk dapat memberikan beragam pilihan hewan kurban.

Berikut ini adalah pilihan hewan kurban yang disediakan oleh situs Tokopedia:

- Sapi kurban 1/7, harganya mulai dari Rp1,7 juta

- Sapi kurban standar, harganya mulai dari Rp11,8 juta

- Sapi kurban premium, harganya mulai dari Rp17,9 juta

- Kambing kurban standar, harganya mulai dari Rp1,6 juta

- Kambing kurban premium, harganya mulai dari Rp3,1 juta

Cara untuk membeli hewan kurban di situs Tokopedia tergolong sangat mudah. Anda tinggal memilih jenis hewan kurban yang dikehendaki, pilih disini, serta jangan lupa cantumkan nama dan email pemberi kurban dalam kolom catatan pembeli, lalu selesaikan proses pembelian seperti layaknya melakukan transaksi biasa.

Agar sedikit lebih hemat, Anda dapat menggunakan kode “TOPEDKURBAN” untuk mendapatkan gratis ongkos kirim sampai Rp20 ribu.

2. Bukalapak


Toko belanja online ini juga asli Indonesia, dan sama-sama menyediakan layanan kurban online seperti Tokopedia, dan Bukalapak juga bekerjasama dengan beberapa lembaga amil zakat terpercaya dalam menyalurkan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha nanti.

Daging hewan kurban yang disalurkan melalui Bukalapak, akan didistribusikan ke berbagai daerah, yakni daerah rawan pangan, rawan bencana alam, termasuk juga daerah konflik kemanusiaan baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Anda tidak perlu meragukan kualitas hewan kurban yang dibeli melalui layanan Bukalapak. Sebab, Bukalapak menawarkan hewan kurban yang berkualitas dengan berat di atas 25kg untuk hewan kurban kambing, di atas 220kg untuk hewan kurban sapi, dan 300kg untuk hewan kurban unta.

Update Info kurban online Bukapalak:

Layanan Kurban di Bukalapak secara resmi sepertinya sudah tidak diselenggarakan lagi. Namun meskipun demikian, Anda dapat melakukan transaksi di pelapak terpercaya seperti Dompet Dhuafa, ACT, Rumah Zakat Indonesia, PKPU Human Initative, dan Rumah Yatim Indonesia.

Atau untuk lebih mudahnya lagi Anda bisa langsung meluncur ke situs web resmi layanan kurban online tersebut sebagaimana yang akan Fajrinfo bahas di bawah.

3. Global Qurban ACT


Global Qurban adalah program kurban yang diselenggarakan oleh yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), yaitu yayasan yang berkecimpung di bidang sosial dan kemanusiaan dan telah berdiri sejak tahun 2005. Program Global Qurban itu sendiri telah aktif menyalurkan kurban sejak tahun 2011 lalu.

Melalui situs Global Qurban, Anda dapat membeli hewan kurban mulai dari Rp2,5 juta untuk kurban kambing dan Rp15 juta untuk kurban sapi (untuk tujuh nama pemberi kurban).

4. Dompet Dhuafa


Dompet Dhuafa adalah salah satu pionir penyalur kurban online ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia dan sejumlah negara lain dunia. Di Dompet Dhuafa, pemberi kurban akan memperoleh laporan kurban secara detail dan transparan, termasuk juga update ketika pemotongan hewan kurban dilakukan.

Adapun untuk pilihan hewan kurban yang disediakan oleh situs Dompet Dhuafa adalah rinciannya sebagai berikut:

- Kambing/Domba standar (23-28 kg) seharga Rp1,490 juta per ekor

- Kambing/Domba medium (29-34 kg) seharga Rp1,680 juta per ekor- Kambing/Domba premium (29-35 kg) seharga Rp1,890 juta per ekor

- Sapi (250-300 kg) seharga Rp12,975 juta per ekor

5. PKPU Human Initiative


PKPU adalah salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang juga sudah resmi terdaftar di UNI Eropa. Yayasan yang berfokus pada pengelolaan dana kemanusiaan ini bergerak di empat bidang kerja, yaitu meliputi bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, serta program tanggap darurat.

Dalam memudahkan masyarakat untuk beribadah kurban, PKPU Human Initiative juga menyediakan portal transaksi kurban online melalui program INSYAALLAH QURBAN di situs web resmi mereka Solusi Peduli.

Pada situs web tersebut, Anda dapat membeli hewan kurban berdasarkan dengan lokasi penyaluran atau tipe hewan kurban yang dikehendaki. Adapun terkait harga hewan kurban yang ditawarkan oleh Solusi Peduli, harganya mulai dari Rp2 jutaan.

6. Rumah Zakat


Tidak hanya menyediakan layanan untuk menyalurkan hewan kurban, tapi Rumah Zakat juga mengelola daging kurban untuk dijadikan sebagai produk cepat saji yang dapat bertahan selama beberapa tahun lamanya. Program optimalisasi dalam mengelola daging hewan kurban ini diberi nama dengan sebutan SuperQurban.

Dalam program SuperQurban, daging kurban akan diolah oleh tim menjadi cadangan pangan, seperti kornet dan juga rendang agar bisa didistribusikan sepanjang tahun ke sejumlah daerah di pelosok Indonesia.

Sejak tahun 2016, melalui pelaksanaan program SuperQurban, Rumah Zakat sudah berhasil mendistribusikan sebanyak 8.000 olahan daging kurban ke delapan wilayah dalam ekspedisi NKRI.

Anda ingin berpartisipasi sebagai pemberi kurban dalam program SuperQurban tahun ini? Anda dapat

- Kambing yang akan diolah menjadi sekitar 30 kaleng kornet atau 25 kaleng rendang, seharga Rp2,475 juta

- Sapi yang akan diolah menjadi sekitar 350 kaleng kornet atau 250 kaleng rendang, seharga Rp17,25 juta

Berbagi Kebaikan Dengan Berkurban


Mau Beli Hewan Kurban Online? Ayo Cek Di 7 Situs Terpercaya Ini!

Selain sebagai salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba dan wujud syukur atas nikmat yang Allah Subhaanahu Wata'aalaa berikan, berkurban juga dapat menjadi bukti kemurahan hati kita terhadap sesama. Sebab, hasil dari penyembelihan hewan kurban tersebut dapat dinikmati oleh siapapun, terutama oleh masyarakat yang tergolong kurang mampu.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Situs Web Dewasa Di Laptop Yang Kita Gunakan

Jika seseorang sudah mampu secara finansial, maka tidak ada alasan lagi bagi Umat Islam yang taat kepada Allah untuk tidak melaksanakan kurban. Apalagi di masa seperti saat ini, dimana kita harus banyak menjaga jarak, maka dengan tersedianya berbagai platform kurban online, niat kita untuk berkurban menjadi lebih mudah untuk diwujudkan.

Namun bagi sobat yang tahun ini belum mampu untuk berkurban, kita tidak perlu berkecil hati. Kita dapat belajar untuk mulai menyisihkan uang mulai sekarang sebagai tabungan untuk berkurban di tahun depan. Dengan begitu, insyaa Allah biaya kurban akan menjadi jauh lebih ringan. Semoga kita semua diberikan kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan kurban di momen Idul Adha setiap tahunnya. Aamiin.

Kirim Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama