Cara Mengatasi Penginstalan Windows 10 Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Penginstalan Windows 10 Yang Bermasalah

Microsoft baru-baru ini telah mengakui bahwa ada bug dalam Windows 10 April 2018 Update yang dapat memblok sebagian perangkat dan menyebabkan sistem desktop menjadi hitam atau kosong tanpa adanya solusi resmi untuk mengatasi masalah instalasi tersebut.

Sementara itu pada versi terbaru Windows 10 ini Microsoft menawarkan pengalaman yang lebih smooth pada setiap perangkat. Namun yang terjadi justru sebaliknya, bagi sebagian pengguna memasang Windows 10 versi terbaru adalah bagaikan mimpi buruk.

Padahal sebelum merilis pembaruan Windows 10, Microsoft telah melakukan beberapa pengujian pada pengguna di seluruh dunia. Akan tetapi sistem update tersebut menyulitkan beberapa perangkat karena masalah kompatibilitas dengan aplikasi maupun driver.

Di awal bulan ini, ribuan pengguna melaporkan bahwa pembaruan patch untuk Windows 10 April 2018 Update menyebabkan tampilan layar menjadi hitam pada beberapa perangkat komputer.

Selain itu beberapa pengguna juga melaporkan bahwa ketika sistem booting, terdapat pesan 'desktop is unavailable' pada layar. Dalam kedua kasus ini, pengguna disarankan untuk segera menginstal ulang kembali Windows 10 dengan versi yang lebih rendah.

Dalam forum komunitasnya, Microsoft juga mengakui bahwa ada dua bug fatal dalam Windows 10 April 2018 Update (versi 1803), yaitu :

1. Tampilan layar tidak tampak apapun selain Recycle Bin dan Taskbar : Microsoft menjelaskan bahwa bug saat menginstal pembaruan dapat menyebabkan layar monitor menjadi hitam saat booting sistem dan sistem Windows tidak dapat dipulihkan dengan mudah.

2. Pengaturan terhenti pada tampilan “Choose your keyboard layout” : Dalam beberapa kasus, booting Windows pada “Choose your keyboard layout” ini dapat diselesaikan dengan memilih layout keyboard. Opsi dalam pemecahan masalah ini tidak ada bedanya.

“Microsoft saat ini sedang menyelidiki masalah potensial dan cara penyelesaiannya, serta akan memperbarui pernyataan ini jika sudah tersedia. Apabila Anda memiliki perangkat kerja lain yang biasa Anda gunakan, mungkin lebih baik menunggu hingga solusi lain telah tersedia”, kata Microsoft dalam laman resmi perusahaan tersebut.

Stuck / Terhenti Pada Tampilan Pesan“Choose your keyboard layout” Setelah Menginstal Windows 10 April 2018 Update


Jika sistem pada perangkat kamu baru saja booting untuk menyelesaikan instalasi upgrade Windows 10 April 2018 Update namun terjebak pada pesan "Choose your keyboard layout", maka kamu dapat dengan mudah mengembalikan perangkat komputer tersebut ke Windows 10 Fall Creators Update.

Rollback / Mengembalikan Sistem Windows Tanpa Menghapus Data


1. Pilih layout keyboard (United State atau English) pada tampilan Choose your keyboard layout.

2. Lalu pada "Choose an option screen", klik saja opsi ‘Continue – Exit and continue to Windows rollback’ yang ada pada sebelah kiri atas.

Jika kamu tidak mau kembali ke versi Windows 10 sebelumnya, maka jangan ikuti langkah-langkah ini dan langsung saja menuju metode kedua.

3. Pilih Troubleshoot > Command Prompt, lalu ketik bcdedit.

4. Setelah itu akan muncul beberapa entri yang ditampilkan, biasanya terdapat pilihan "device" atau "bootstatdevice". Tandanya akan mirip dengan sesuatu seperti "partition = E:". Isi drive akan berbeda pada sistem perangkat yang kamu miliki.

5. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mengetik E: lalu tekan Enter.

7. Ketik perintah berikut dan tekan Enter lagi.

copy \Windows.old\Windows\System32\OOBE\SetupPlatform\SetupPlatform.exe \$WINDOWS.~BT\Sources

1. Seharusnya hasilnya muncul "1 file(s) copied", tapi jika tidak seperti itu, lebih baik jangan melanjutkan langkah berikutnya dan langsung lompat ke metode kedua sebagai alternatifnya.

2. Ketik "exit" lalu tekan Enter pada jendela Command prompt.

3. Kamu akan kembali pada menu Choose an option screen. Nah, sekarang kamu tinggal pilih Continue – Exit and continue to Windows Rollback option.

Setelah itu sistem pada perangkat Windows 10 kamu akan mengembalikan ke versi Windows 10 sebelumnya. Silakan tunggu hingga proses tersebut selesai sepenuhnya dan pastikan catu daya atau baterai selalu dalam kondisi siap.

Microsoft mengatakan bahwa para pengguna perlu mencoba untuk menginstal Windows 10 April 2018 Update lagi hanya ketika perangkat komputer Windows kita memberitahu bahwa pembaruan Windows 10 sudah siap untuk perangkat yang kita gunakan.

Jika perangkat komputer kamu gagal memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang Fajrinfo jelaskan di bawah ini.

Memperbaiki Masalah “Desktop is unavailable” Setelah Upgrade Ke Windows 10 April 2018 Update


Jika sistem menampilkan pesan “C:\WINDOWS\system32\config\systemprofile\Desktop is unavailable” setelah menginstal Windows 10 April 2018 Update atau perangkat komputer kamu macet pada layar “choose your keyboard layout”, berarti kamu perlu boot / masuk melalui USB bootable Windows dan menginstal ulang Windows kembali.

Cara Mengatasi Penginstalan Windows 10 Yang Bermasalah

Yang paling penting adalah kamu membutuhkan flashdisk kosong dengan kapasitas penyimpanan minimal 8GB dan perangkat Windows lainnya. Dalam metode ini, mungkin kamu perlu membuat drive yang dapat di-boot pada komputer cadangan dan memulihkan perangkat yang rusak.

1. Download Media Creation Tool dari sini dan jalankan pada perangkat yang kedua.

2. Buka Windows Media Creation Tool dan klik pilihan Create installation media for another PC.

3. Kemudian ikuti saja instruksi pada layar.

4. Boot komputer kamu yang error tadi ke recovery mode. Caranya kamu dapat melakukannya dengan terus-terusan me-restart komputer melalui tombol power hingga boot ke layar biru dengan recovery options.

5. Pada Choose your keyboard layout screen, pilih layout keyboard kamu dan pada tampilan Choose an option, pilih Troubleshoot.

6. Pilih Command Prompt.

7. Lalu ketik C: dan tekan Enter.

8. Ketik perintah berikut, kemudian tekan Enter.

Ren Windows.old Windows.old.bak

1. Perintah ini untuk memastikan bahwa file pribadi pada perangkat kamu tetap aman.

2. Pada jendela cmd.exe (Command prompt), ketik exit lalu tekan Enter.

3. Pada tampilan Choose an option screen, pilih Use another operating system.

4. Lalu klik pilihan kedua yang berisi Windows 10 on volume X. Perhatikan bahwa X adalah variabel dan itu akan menjadi angka pada perangkat komputer yang kamu gunakan.

5. Setelah itu, Windows akan boot ke desktop, dan akan muncul pesan kesalahan berikut ini.

C:\WINDOWS\system32\config\systemprofile\Desktop is unavailable

1. Klik kanan pada area taskbar yang blank, lalu pilih menu Task Manager.

2. Klik more details jika jendela Task Manager tidak tampak sepenuhnya.

3. Lalu klik File > Run new task.

4. Ceklis kotak kecil yang bertuliskan Create this task with administrator privileges.

5. Kemudian pilih Browse.

6. Masukkan flashdisk yang sebelumnya telah kamu buat untuk masuk sistem boot.

7. Lalu arahkan menuju drive USB tersebut dan jalankan setup.exe.

8. Hapus ceklis pada kotak kecil yang bertuliskan check for new updates and help make this version better.

9. Setelah itu perangkat komputer atau laptop kamu akan diupgrade ke versi Windows 10 April 2018 Update.

10. Kamu dapat menemukan file instalasi sistem sebelumnya pada folder Windows.old.bak yang berlokasi di drive C.

Hingga saat ini Microsoft masih menyelidiki laporan dan sepertinya hanya sebagian kecil pengguna yang terpengaruh masalah seperti ini.

Jika tetap ingin mempertahankan versi Windows 10 April Update, maka kamu dapat menunggu hingga Microsoft mengirim perbaikan melalui Windows Update, dan itu artinya kamu harus meninggalkan perangkat komputer dalam keadaan apa adanya.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Cara Mengatasi Penginstalan Windows 10 Yang Bermasalah"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel