Cara Mengetahui Versi Bluetooth Pada Windows 10, 8.1 dan 7

Cara Mengetahui Versi Bluetooth Pada Windows 10, 8.1 dan 7

Bluetooth (standar teknologi nirkabel untuk bertukar data melalui jarak pendek dari perangkat komputer dan seluler, serta dapat membangun jaringan area pribadi) merupakan metode yang paling umum untuk mentransfer file antar dua perangkat.

Seiring kemajuan teknologi, kini Bluetooth dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat audio, perangkat input nirkabel seperti keyboard atau mouse dan lainnya.

Untuk perangkat smartphone, kini banyak yang mendukung Bluetooth versi 4.0 atau lebih baru sebagai standar teknologi nirkabel untuk bertukar file dan data. Sedangkan perangkat komputer, kini Microsoft menambahkan fitur berbagi yang juga mendukung Bluetooth 4.0 dan yang lebih baru pada sistem operasi Windows 10.

Saat hendak mengatasi masalah konektivitas yang terkait Bluetooth, terkadang kita perlu memeriksa versi Bluetooth (setidaknya Bluetooth 4.0) terlebih dahulu untuk memecahkan masalah kompatibilitas. Pada artikel ini kita membahas cara memeriksa versi Bluetooth pada perangkat Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 7.

Apa yang baru pada Bluetooth versi 4.0?
Bagi kamu yang belum tahu, Bluetooth 4.0 adalah versi teknologi Bluetooth yang dioptimalkan untuk meningkatkan fitur dengan tetap menjaga kompatibilitas pada perangkat lain. Bluetooth juga disebut sebagai versi hemat daya dari Bluetooth karena didukung oleh perangkat kecil yang dioperasikan dengan baterai juga.

Mengecek Versi Bluetooth Pada Perangkat Windows 10


Pertama-tama pastikan Bluetooth dalam kondisi dinyalakan. Kamu dapat mengaktifkannya melalui Action Center, dan atau dapat juga dengan membuka aplikasi Settings dan pergi ke pengaturan Devices dan menyalakannya dari tab Bluetooth & other devices. Kamu tidak perlu menghubungkan perangkat Bluetooth ke perangkat lainnya hanya untuk memeriksa versi.

Kemudian buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik devmgmt.msc dan OK. Atau bisa juga dengan klik kanan pada menu Start lalu pilih Device Manager.

Pada Device Manager, klik tanda panah untuk meluaskan kategori item Bluetooth. Temukan perangkat Bluetooth adapter. Namanya akan bervariasi tergantung pada hardware perangkat laptop kamu , tapi biasanya akan merujuk pada sesuatu seperti Bluetooth Radio atau Generic Bluetooth Adapter.

Cara Mengetahui Versi Bluetooth Pada Windows 10, 8.1 dan 7

Setelah itu, klik kanan pada Bluetooth adapter, lalu pilih opsi Properties.

Cara Mengetahui Versi Bluetooth Pada Windows 10, 8.1 dan 7

Kemudian masuk ke tab Advanced dan lalu periksalah versi firmwarenya. Untuk nomor LMP menunjukkan versi Bluetooth yang digunakan oleh perangkat laptop kamu.

Baca juga : Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Berikut ini daftar versi LMP sesuai dengan versi Bluetooth :

LMP 3.x – Bluetooth 2.0 + EDR

LMP 4.x – Bluetooth 2.1 + EDR

LMP 5.x – Bluetooth 3.0 + HS

LMP 6.x – Bluetooth 4.0

LMP 7.x – Bluetooth 4.1

LMP 8.x – Bluetooth 4.2

LMP 9.x – Bluetooth 5.0

Catatan: Kamu tidak dapat mengubah versi Bluetooth pada sistem tanpa memutakhirkan hardware perangkat tersebut. Jika kamu menjalankan Bluetooth versi 3.0 atau di bawahnya, kamu harus memutakhirkan perangkat atau membeli Bluetooth adapter terbaru untuk kelancaran pada sistem operasi yang kamu gunakan.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Cara Mengetahui Versi Bluetooth Pada Windows 10, 8.1 dan 7"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel