Cara Mujarab Memperbaiki Ponsel Android Yang Bootloop

Cara Mujarab Untuk Memperbaiki Perangkat Android Yang Bootloop

Bootloop adalah istilah yang akrab bagi para pengguna smartphone Android. Sebab perangkat Android kadang-kadang mengalami macet di layar awal dengan logo yang membuat ponsel tidak dapat digunakan. Hari ini, kita akan melihat cara memperbaiki bootloop pada perangkat Android dari Samsung, LG, HTC, Google (perangkat Nexus dan Pixel), atau produsen Android lainnya.

Pengguna yang suka mem-flash ROM atau mod (modifikasi ponsel) pihak ketiga di perangkat mereka akan lebih akrab dengan bootloop, karena pengguna seperti mereka yang sering menghadapi masalah seperti bootloop karena kesalahan pemasangan sistem atau lainnya.

Istilah ini sebenarnya cukup jelas dan menunjukkan situasi ketika perangkat Anda terus mencoba untuk melakukan boot (proses memuat saat ponsel pertama dihidupkan) tapi tidak bisa. Ponsel boot kemudian mati, lalu boot lagi, tapi matikan lagi, dan lagi, dan lagi.

Perlu diketahui bahwa ponsel Android bootloop adalah masalah yang dapat diperbaiki dan tidak akan menyebabkan perangkat menjadi brick (mati total). Banyak orang yang biasanya salah dalam menerapkan istilah "bricked" atau tidak dapat membedakan antara ponsel yang bootloop dengan bricked.

Apa Yang Menyebabkan Bootloop?


Cara Mujarab Untuk Memperbaiki Perangkat Android Yang Bootloop

Biasanya, bootloop terjadi karena mod yang tidak kompatibel, atau memodifikasi file sistem atau Custom ROM yang bukan peruntukan ponsel tersebut. Akan tetapi ini bukan satu-satunya alasan mengapa perangkat seseorang dapat terjebak dalam masalah bootloop. Berikut ini adalah daftar proses unofficial yang dapat menyebabkan masalah bootloop.

- Unlock (membuka kunci) bootloader.

- Mengganti recovery bawaan ponsel.

- Menginstal Custom kernel, melakukan mod atau patch.

- Memasang aplikasi dari platform pihak ketiga yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda.

- Flashing stockROM yang salah atau custom ROM yang tidak sesuai.

- Rooting perangkat Android yang tidak kompatibel.

Terlepas dari beberapa alasan ini, mungkin terjadinya bootloop merupakan kesalahan dari sistem perangkat itu sendiri, seperti yang telah ditemukan dalam kasus beberapa perangkat buatan LG yang bermasalah.

Cara Menghindari Bootloop Sebagai Tindakan Pencegahan


Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi mengapa harus menunggu sampai Anda terjebak dalam masalah bootloop untuk menemukan obatnya ketika Anda dapat mencegahnya dan menghindari semua hal yang memusingkan tersebut.

Tindakan pencegahan tidak menjamin Anda tidak akan pernah menghadapi bootloop, namun akan membuat semuanya jauh lebih mudah. Jadi sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk menghindari penyebab bootloop yang disebutkan di atas.

1- Sebelum menginstal custom recovery pada perangkat Anda, pastikan custom recovery itu kompatibel dengan spesifikasi model perangkat Anda.

2- Saat memasang StockROM (ROM bawaan), pastikan bahwa ROM tidak hanya dimaksudkan untuk model perangkat Anda tapi juga untuk wilayah / region dimana Anda berada.

3- Sebelum melanjutkan dan mengutak-atik perangkat Anda, selalu pastikan panduan yang Anda ikuti sah dan lakukan penelitian yang benar dengan melihat ulasan / komentar orang-orang yang telah lebih dulu melakukannya.

4- Selalu dan selalu membuat cadangan semua data penting Anda di tempat yang aman untuk berjaga-jaga.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Android Untuk Performa Yang Lebih Baik

Memperbaiki Bootloop Perangkat Android


Tidak usah dikatakan bahwa Anda harus mencoba solusi sederhana sebelum mencoba sesuatu yang lebih ekstrim. Jika perangkat Anda kebetulan memiliki baterai yang dapat dilepas, mulailah dengan cara melepas baterai perangkat Anda dan tunggu beberapa menit sebelum memasangnya kembali.

Dan jika perangkat Anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, cukup matikan dan biarkan selama sekitar 10 menit. Hal ini akan menghapus semua beban yang tersisa pada ponsel. Cobalah boot perangkat Anda sekarang. Jika masih gagal untuk melakukan proses boot, sesuatu yang agak ekstrim mungkin memang dibutuhkan saat ini.

Perbaikan Bootloop Android Recovery Bawaan


Jika perangkat Anda masih memiliki stock recovery Android (bawaan), maka silahkan boot ke recovery mode. Untuk masuk ke recovery mode, biasanya membutuhkan penekanan kombinasi tombol perangkat keras yang tergantung pada merek dan model ponsel yang Anda miliki.

Boot Ke Recovery Mode


Pastikan ponsel Anda dalam keadaan nonaktif, lalu tekan tombol perangkat keras berikut sesuai dengan merek dan model perangkat yang Anda miliki.

- Google Pixel / Nexus: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Turun secara bersamaan. Metode ini berfungsi pada berbagai perangkat Android lainnya juga. Kemungkinannya adalah, jika perangkat Anda merupakan stock Android, atau menyerupai dengan perangkat lunak bawaan Android, kombinasi tombol ini akan berfungsi untuk itu.

- Samsung: Tekan dan tahan tombol Power, Volume Atas dan Home tengah secara bersamaan. Pada ponsel flagship Galaxy yang terbaru tanpa tombol home tengah, seperti Galaxy Galaxy A9, Galaxy S9, Note 9, dll., Tekan tombol Bixby sebagai ganti tombol home tengah.

- HTC: Pertama, boot ke HBOOT dengan cara menahan tombol Volume turun dan Power bersama-sama lalu telusuri ke Recovery menggunakan tombol Volume naik / turun.

- LG: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume turun secara bersamaan, dan ketika logo LG muncul, lepaskan tombol Power dan tekan lagi sambil tetap menekan tombol Volume turun.

Wipe Data Partition


Setelah dalam recovery mode, Anda dapat menggunakan tombol Volume untuk menavigasi dan tombol Power untuk memilih opsi yang dikehendaki. Pada beberapa perangkat, Anda hanya dapat menggunakan tombol Volume turun saja untuk menavigasi karena tombol Volume naik merupakan tombol untuk memilih opsi yang dikehendaki.

Cara Mujarab Untuk Memperbaiki Perangkat Android Yang Bootloop

1- Sorot dan pilih opsi wipe cache partition dan pilih Yes jika diminta.

2- Setelah selesai, kembali ke menu utama lalu reboot perangkat dengan memilih opsi reboot system now.

3- Jika perangkat Anda masih tidak bisa boot, matikan lagi ponsel lalu boot ke recovery mode sekali lagi.

4- Kali ini, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset juga sebelum memilih wipe cache partition. Langkah ini akan menghapus semua perangkat Anda, dalam banyak kasus juga semua yang ada dalam penyimpanan internal perangkat Anda.

Setelah perangkat Anda dikembalikan ke pengaturan pabrik, seharusnya perangkat sudah dapat melakukan booting dengan normal kembali.

Perbaikan Bootloop Android Custom Recovery


Jika telah me-root ponsel Android Anda, kemungkinan besar Anda juga telah menginstal custom recovery. Ada juga kemungkinan bahwa Anda menggunakan custom recovery TWRP. Dengan stock recovery Android, Anda tidak memiliki opsi untuk mencadangkan data, tapi dengan custom recovery, Anda bisa melakukannya.

Cara Mujarab Untuk Memperbaiki Perangkat Android Yang Bootloop

1- Dalam recovery TWRP, masuk ke Backup dari menu utama, pilih semua data yang ingin Anda simpan, lalu geser di bagian bawah layar untuk mencadangkannya.

2- Untuk menghapus data, pilih Wipe dari menu utama TWRP, lalu geser ke kanan di bagian bawah layar untuk menghapus data ponsel, cache, dan dalvik cache. Ada juga pengaturan Advanced Wipe tapi mungkin akan menyebabkan lebih banyak komplikasi jika Anda tidak terbiasa dengannya.

3- Ketuk tombol Reboot system yang akan muncul setelah proses selesai.

4- Harusnya perangkat Anda boot secara normal. Anda dapat kembali ke TWRP dan memulihkan data Anda dengan pergi ke opsi Restore dari menu utama. Yang terbaik adalah mengembalikan hanya Data partition saja. Karena boot atau System partition lebih mungkin untuk mengembalikan perangkat Anda ke bootloop lagi.

Jika Langkah Di Atas Tidak Memberi Solusi…



Jika memulihkan perangkat Anda kembali ke pengaturan pabrik tidak memperbaiki masalah bootloop pada perangkat Android, solusi terbaik Anda kali ini adalah dengan cara menginstal ulang / flashing stock firmware bawaan pabrik. Prosesnya sangat berbeda untuk setiap perangkat, sehingga tidak mungkin Fajrinfo menjelaskan semuanya disini.

Baca selanjutnya : Cara Jitu Mempercepat Pemutaran Video YouTube Tanpa Macet

Lain kali kami akan memberimu tips dan trik untuk melakukan flashing stock firmware untuk beberapa perangkat Android. Namun pada kesempatan ini Fajrinfo cukupkan pembahasan mengenai cara mujarab dan ampuh untuk memperbaiki perangkat Android yang bootloop ini. Jika mengalami kesulitan, sampaikan saja di kolom komentar di bawah.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Mujarab Memperbaiki Ponsel Android Yang Bootloop"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel