Bagaimana Hasil Adu Kecepatan Internet Kabel se-Asia Tenggara? - Fajrinfo

Rabu, Maret 27, 2019

Bagaimana Hasil Adu Kecepatan Internet Kabel se-Asia Tenggara?


Bagaimana Hasil Adu Kecepatan Internet Kabel se-Asia Tenggara?

Meskipun makin hari jumlah pemakai internet terus meningkat, namun kecepatan internet di Indonesia masih berada di peringkat bawah jika dibandingkan dengan negara lain. Bahkan kecepatan layanan internet kabel yang ada di negara kita berada pada urutan ke-9 dari 10 negara Asia Tenggara.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh CupoNation, telah diketahui bahwa rata-rata kecepatan layanan internet kabel untuk negara-negara di Asia Tenggara adalah sebesar 45,69 Mbps.

Singapura merupakan negara yang berada pada peringkat teratas dengan koneksi internet kabel tercepat, bahkan bisa dibilang di atas rata-rata yang ada.

Menurut studi tersebut, rata-rata kecepatan internet Singapura dapat mencapai titik tertinggi pada kisaran angka 197,04 Mbps. Sementara itu, Malaysia berada pada peringkat kedua tentang kecepatan layanan internet kabel yang mencapai 70,18 Mbps.

Meskipun kecepatan internet layanan selulernya tidak masuk peringkat lima besar, namun rupanya kecepatan internet kabel Thailand memiliki kinerja yang lebih baik. Kecepatan internet kabel disana dapat mencapai angka 59,61 Mbps dan secara otomatis menempatkan negara ini pada peringkat ketiga.

Kemudian di posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh negara Vietnam dan Laos dengan kecepatan internet 27,21 Mbps dan 22,09 Mbps.

Sementara negara kita, Indonesia, menduduki peringkat ke-9 dengan capaian kecepatan layanan internetnya 16,34 Mbps. Indonesia berada satu tingkat lebih unggul di atas Myanmar yang memiliki kecepatan internet 11,74 Mbps dan masih berada di bawah negara Kamboja yang mencapai 16,60 Mbps.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima oleh Fajrinfo, studi ini dilaksanakan menurut hasil uji dari Speedtest Global Index yang dihitung berdasarkan data pengguna internet bulanan periode pemakaian bulan Januari 2019.

Baca juga: Apa Benar Harga Paket Data Internet Di Indonesia Paling Murah Di Dunia?

Berikut ini adalah daftar lengkap sesuai peringkat kecepatan layanan internet kabel negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

1. Singapura -- Download: 197.04Mbps, Upload: 201.76Mbps

2. Malaysia -- Download: 70.18 Mbps, Upload: 44.5 Mbps

3. Thailand -- Download: 59.61 Mbps, Upload: 33.62 Mbps

4. Vietnam -- Download: 27.21 Mbps, Upload: 27,07 Mbps

5. Laos -- Download: 22.09 Mbps, Upload: 22.03 Mbps

6. Filipina -- Download: 19.13 Mbps, Upload: 17.02 Mbps

7. Brunei -- Download: 16.96 Mbps, Upload: 10.75 Mbps

8. Kamboja -- Download: 16.60 Mbps, Upload: 17.53 Mbps

9. Indonesia -- Download: 16.34 Mbps, Upload: 9.68 Mbps

10. Myanmar -- Download: 11.74 Mbps, Upload: 11.13 Mbps

Dengan begitu kecepatan internet kabel yang ada di tanah air masih sangat jauh bila dibanding dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Namun dari pada itu, kecepatan internet bukanlah hal prioritas yang harus diterapkan di negara kita, namun lebih ke pemerataan jaringan yang mestinya lebih ditekankan.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke