Cara Mudah Memeriksa Prosesor Ponsel Android (ARM, ARM64 Atau x86) - Fajrinfo

Selasa, Maret 26, 2019

Cara Mudah Memeriksa Prosesor Ponsel Android (ARM, ARM64 Atau x86)


Cara Mudah Memeriksa Prosesor Ponsel Android (ARM, ARM64 Atau x86)

Pernahkah kamu menanyakan pertanyaan ini kepada diri kamu sendiri - “Apakah ponsel saya termasuk ARM atau x86?” Nah, bagi kamu yang masih bingung tentang prosesor apa yang dijalankan oleh smartphone yang kamu miiki. Apakah itu ARM, ARM64, atau x86? Dalam artikel in Fajrinfo ingin membantu sobat semua agar dapat memeriksa prosesor ponsel Android dengan mudah.

Mengetahui prosesor ponsel yang kita miliki sangat penting untuk memastikan bahwa kita mengunduh file yang tepat. Sebab satu aplikasi saat ini, memiliki beberapa versi untuk beberapa prosesor, sehingga dapat berjalan dengan lancar di setiap ponsel yang tersedia.

Jika kamu hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store maka mengetahui arsitektur CPU mana yang dimiliki ponsel merupakan hal yang tidak penting.

Akan tetapi jika kamu menghentikan aplikasi maka informasi ini diperlukan karena arsitektur CPU menjadi faktor yang ada dalam lebih banyak skenario masa kini, termasuk beberapa yang disisihkan pembaruan aplikasi dan, tentu saja, ROM dan Gapps khusus.

Apa itu ARM, ARM64, dan x86?


Sampai sekarang, ada tiga arsitektur CPU utama yang digunakan oleh smartphone Android - yakni ARM, ARM64, dan x86. Dari ketiganya, ARM adalah yang paling umum karena ditujukan untuk mengoptimalkan konsumsi baterai.

ARM64 adalah evolusi arsitektur ARM asli yang mendukung pemrosesan 64-bit untuk komputasi yang lebih kuat, dan dengan cepat menjadi komponen standar bagi perangkat yang terbaru saat ini. Lalu ada juga x86, yang sedikit lebih kuat dari pada kedua jenis CPU ARM, tapi tidak cukup ramah baterai. Itulah arsitektur yang paling umum dari ketiganya.

- ARM: ARMv7 atau armeabi

- ARM64: AArch64 atau arm64

- x86: x86 atau x86abi

Cara Memeriksa Prosesor Ponsel Android


Inilah cara agar dapat mengetahui prosesor mana yang dijalankan ponsel yang kamu gunakan dengan semudah menginstal aplikasi dari Play Store. Kamu dapat menemukan banyak aplikasi yang dapat memberimu semua informasi yang mungkin tentang konfigurasi perangkat keras dari perangkat Android apapun, baik itu itu smartphone atau tablet.

Dalam hal ini Fajrinfo menampilkan dua aplikasi yang dapat memberitahu kamu tentang segala hal yang mungkin ingin kamu ketahui tentang perangkat tersebut. Untuk mengetahui prosesor apa yang dijalankan oleh perangkatmu, silahkan unduh salah satu aplikasi berikut ini.

1- Inware

Inware adalah aplikasi baru, namun sederhana dengan antarmuka pengguna yang bersih. Cukup instal aplikasi dan buka. Ketuk tab Hardware untuk memeriksa prosesor dan jenis perangkat ponsel kamu.

Download Inware melalui Play Store - aplikasi Android Hardware Info

2- Droid Hardware Info

Info Droid Hardware Info adalah salah satu aplikasi paling populer untuk memeriksa prosesor perangkat Android dan spesifikasi perangkat keras yang ada di dalamnya. Mungkin kamu tidak menyukai UI aplikasi ini karena terlihat cukup usang, tapi aplikasi ini tetap berfungsi dengan baik.

Untuk memeriksa prosesor ponsel Android yang kamu miliki, pasang aplikasi Info Perangkat Keras Droid yang dikembangkan oleh InkWired. Aplikasi ini dapat menunjukkan semua informasi tentang perangkat keras ponsel kamu.

Setelah aplikasi terpasang, bukalah aplikasi tersebut lalu buka tab System . Dari tab ini, perhatikan dua bidang - Arsitektur CPU dan Set Instruksi.

Gunakan informasi yang disediakan pada langkah ini untuk mengubah informasi yang dipelajari pada langkah sebelumnya (Arsitektur CPU dan Set Instruksi) menjadi nama prosesor yang umum.

Download Droid Hardware Info melalui Play Store

3- My Device - Info Perangkat

Aplikasi ini adalah aplikasi lain yang dapat mengeksplorasi informasi tentang perangkat keras ponsel Android. Untuk memeriksa prosesor ponsel Android yang kamu gunakan, silahkan instal Perangkat Saya - Info perangkat perangkat, luncurkan dan ketuk Menu > CPU.

Download My Device melalui Google Play Store

Nah, setelah memeriksanya dengan beberapa aplikasi di atas, jenis prosesor apa yang digunakan oleh ponsel Android — ARM, ARM64, atau x86? Apakah kamu dapat memeriksa prosesor ponsel Android? Beritahu Fajrinfo dengan berkomentar di bagian kolom komentar di bawah.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke