Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik - Fajrinfo

Sabtu, Maret 09, 2019

Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik


Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik

Apakah kamu termasuk orang yang sering menggunakan browser Google Chrome untuk internetan? Jika benar, maka kamu harus tahu tentang fitur tersembunyi yang ada pada Google Chrome agar internetan menjadi semakin asyik.

Salah satu browser (peramban internet) andalan yang digunakan untuk berselancar di dunia maya adalah Google Chrome. Berbagai fitur yang dihadirkan dapat memudahkan kita dalam mencari informasi apapun di internet.

Akan tetapi, sejatinya kemampuan Google Chrome bukan hanya itu saja! Masih banyak lagi fitur-fitur tersembunyi yang masih belum banyak diketahui orang, padahal fitur tersebut cukup berguna sekali.

Kamu tidak perlu khawatir, karena Fajrinfo akan memberitahu kamu tentang fitur-fitur tersembunyi pada browser Google Chrome yang mestinya kamu ketahui.

Sejak pertama kali dirilis pada 2 September 2008, browser Chrome telah mencuri perhatian banyak orang dan menjadi penantang browser yang sudah lama hadir seperti Firefox, Internet Exploler, juga Opera.

Di tahun 2018, StatCounter memperkirakan bahwa Google Chrome telah menguasai lebih dari 61% pangsa pasar peramban internet di seluruh dunia.

Kini 10 tahun sudah sejak awal perilisannya, tentu Chrome sudah bukan hanya sebuah browser lagi. Chrome telah berubah menjadi suatu aplikasi yang lebih dari itu, sebab Chrome dilengkapi dengan beragam fitur-fitur keren yang tersembunyi. Apa sajakah fitur tersebut?

Fitur Tersembunyi Pada Google Chrome


1. Mencari Secara Langsung Pada Web Melalui Address Link

Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik

Sepertinya untuk fitur yang satu ini masih sedikit orang yang tahu. Kamu bisa mencari artikel atau apapun pada suatu website tanpa perlu masuk ke website itu terlebih dahulu. Apakah kamu sudah tahu tentang fitur Chrome ini?

Caranya adalah, masukkan alamat website yang ingin kamu kunjungi, misalnya youtube.com. Lalu setelah mengetikkan situs web tersebut, silahkan tekan tombol TAB yang berada pada keyboard.

Setelah tombol Tab ditekan, situs web yang hendak kamu kunjungi akan terlihat berubah warnanya menjadi biru di sebelah kiri. Kemudian kamu dapat memasukan kata kunci artikel / ulasan yang ingin kamu cari pada situs tersebut dengan mudah.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua situs web dapat mendukung fitur yang satu ini.

2. Memindahkan Beberapa Tab Sekaligus

Biasanya orang akan memisahkan satu tab menjadi jendela windows Chrome sendiri dengan tujuan agar mudah untuk membedakan kebutuhan informasi yang ada pada tab tersebut.

Baca juga : Mau Instal Windows 10? Inilah Yang Perlu Kamu Persiapkan

Selama ini, kebanyakan dari pengguna tahunya hanya satu persatu tab saja yang dapat dipisahkan. Padahal beberapa tab pada Google Chrome dapat dipindah atau dipisah secara sekaligus, bukan satu per satu.

Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik tab yang ingin kamu pisahkan dari tugas lainnya yang berbeda.

3. Notepad Di Dalam Chrome

Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik

Disaat rapat, biasanya kita membutuhkan aplikasi yang berfungsi sebagai catatan untuk notulen rapat, dalam hal ini mungkin kita cenderung untuk menggunakan aplikasi Office Word atau pun Notepad.

Tapi tahukah kamu bahwa Google Chrome juga memiliki fitur yang dapat berguna untuk mengolah kata layaknya Notepada bawaan Windows?

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Cukup dengan mengetikkan data:text/html pada kolom address link, maka kamu akan dapat mengetik catatan langsung pada Chrome!

4. Pin Tab

Fitur Pin Tab sangat berguna bagi kamu disaat ingin membuka banyak tab sekaligus dan khawatir tab penting yang sedang kamu buka tidak sengaja kamu tutup.

Caranya adalah klik kanan pada bagian atas tab yang tidak ingin tertutup (masih diperlukan), lalu pilih Pasang pin pada tab. Maka tab tersebut akan mengecil dan pindah ke paling kiri secara otomatis.

5. Task Manager

Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik

Seperti komputer Windows, Google Chrome juga memiliki Task Manager yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa halaman mana yang menyebabkan perangkatmu lambat atau kecepatan browsing menjadi lemot.

Cara untuk membuka Task manager adalah dengan cara klik pada menu tiga titik yang berada di sudut kanan atas, lalu pilih Fitur lainnya / More tools, kemudian buka Pengelola tugas / Task manager.

6. Membuka Kembali Tab Yang Tidak Sengaja Tertutup

Fajrinfo yakin sekali bahwa kamu pernah menutup tab Chrome tanpa sengaja, padahal informasi pada halaman tersebut masih kamu butuhkan.

Baca juga : Cara Paling Ampuh Mempercepat Performa Windows 10

Jika mengalami hal itu, kamu tidak perlu merasa panik karena Chrome memiliki fitur nan canggih yang dapat membuka kembali tab yang tertutup secara tidak sengaja.

Untuk caranya sangat mudah, klik kanan pada tab lain / tab manapun, maka pilih pada opsi Buka kembali tab yang tertutup. Atau kamu dapat mengaksesnta melalui jalan pintas, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Shift + T secara bersamaan.

Dalam Chrome versi terbaru, sebenarnya dapat dilakukan dengan cukup mengetikkan alamat domain lalu klik spasi pada keyboard, kemudian ketikkan kata kunci yang kamu cari. Misalnya ketik Fajrinfo.com lalu klik spasi keyboard, kemudian ketik keyword artikel yang kamu butuhkan

7. Permainan T-Rex

Inilah Fitur Tersembunyi Google Chrome Yang Bisa Bikin Internetan Makin Asyik

Hal yang paling menyebalkan ketika di hadapan laptop / komputer adalah ketika koneksi internet yang kita gunakan putus atau mengalami gangguan jaringan.

Rupanya hal ini juga direspon oleh para pengembang browser Google Chrome. Dari alasan inilah mereka membuat permainan T-Rex untuk melebur perasaan kesalmu itu.

Ketika kamu menggunakan Chrome tanpa adanya koneksi internet, maka akan muncul T-Rex. Nah, untuk mulai memainkannya tekanlah tombol spasi agar si T-Rex dapat berlari dan melompati rintangan.

8. Tab Tersembunyi

Satu lagi fitur keren yang ada pada Chrome, yaitu Incognito Window. Fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan semua aktivitas berselancar kamu di internet. Apapun yang kamu lakukan pada jendela Incognito, maka tidak akan muncul pada menu riwayat / history.

Untuk menggunakan tab tersembunyi ini adalah dengan cara klik menu tiga titik yang berada pada sudut kanan atas, lalu pilih menu Jendela penyamaran baru. Setelah itu, silahkan berselancar dengan tanpa meninggalkan jejak pada history.

Penutup

Itulah tentang fitur tersembunyi Google Chrome yang perlu kamu ketahui. Dari deretan penjelasan tentang fitur Chrome, apakah kamu tahu fitur rahasia lain yang belum Fajrinfo sebutkan dalam artikel ini?
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke