Kalibrasi Baterai Android Kamu Sekarang Juga Agar Umur Baterai Tahan Lebih Lama - Fajrinfo

Minggu, Maret 10, 2019

Kalibrasi Baterai Android Kamu Sekarang Juga Agar Umur Baterai Tahan Lebih Lama


Kalibrasi Baterai Android Kamu Sekarang Juga Agar Umur Baterai Tahan Lebih Lama

Sebelumnya, Fajrinfo telah memberikan tips kalibrasi baterai Android untuk perangkat yang di-rooting dan yang tidak di-rooting. Kali ini, kamu dapat mengikuti tips ini untuk mengkalibrasi baterai pada perangkat Android dan menikmati cadangan baterai yang lebih lama dan memperbaiki masalah terkait baterai.

Kita semua tahu bahwa masa pakai baterai harus menjadi aspek yang diperhatikan oleh produsen perangkat Android. Bukankah kita sangat bergantung dari mereka, mengingat bahwa smartphone mungkin sudah menjadi perangkat all-in-one terbaik - berlaku sebagai Kamera digital, komputer seluler, perangkat konsumsi media, dan jangan lupa, ponsel Anda!

Kita tahu bahwa produsen perangkat telah berusaha cukup keras untuk menyesuaikan baterai yang lebih besar pada produksi perangkat tahun ini, dan beberapa darinya pasti ada yang menarik dalam hal waktu pemakaian.

Android Pie mungkin juga membawa beberapa perubahan untuk membalikkan keadaan. Tapi jujur saja, kita perlu mengetahui juga tentang perangkat Android Nougat dan Oreo yang memberi beberapa perubahan bagus dalam manajemen baterai Android.

Apa Itu Kalibrasi Baterai?


Jadi apa sebenarnya yang Fajrinfo maksud dengan mengkalibrasi baterai perangkat kamu? Nah, Android memiliki indikator batterystats bawaan di dalam menu pengaturan. Fitur ini membantu sistem operasi (OS) untuk melacak tingkat daya baterai saat ini di perangkat Androidmu.

Kadang-kadang, jika baterai tidak dikalibrasi, maka dapat menyebabkan statistis baterai salah pada OS ponsel milikmu karena deteksi tingkat baterai yang salah.

Bagaimana mungkin itu bisa terjadi demikian, mungkin dalam benakmu timbul pertanyaan seperti itu.

Deteksi tingkat baterai yang tidak benar dapat menyebabkan OS ponsel yang kamu gunakan mengidentifikasi bahwa baterai kamu kosong dan mematikan perangkat meskipun pada kenyataannya itu mungkin, katakanlah, baterai hanya tersisa 5%. Apakah itu cukup meyakinkan?

Tips Kalibrasi Baterai Android


Sekarang, ada dua metode untuk mengkalibrasi baterai pada perangkat Android. Metode clumsier jelas untuk pengguna tanpa Root, dan Fajrinfo akan fokus pada metode ini.

Kalibrasi Baterai Android (Perangkat Non-Rooted)


Apabila belum tahu cara untuk melakukan root pada perangkat Android milikmu, maka inilah cara yang harus kamu dilakukan untuk mengkalibrasi ponsel.

Meskipun prosedur ini sedikit rumit dan lebih panjang, tapi ini adalah satu-satunya pilihan jika ponsel kamu tidak memiliki akses root.

Baca juga : Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Sebenarnya ada banyak aplikasi juga yang menjanjikan kalibrasi baterai untuk perangkat yang belum di-rooting, tapi aplikasi itu malah jadi bermasalah berkali-kali.

Oleh sebab itu, siapkanlah charger ponsel kamu dan ikuti tips untuk kalibrasi baterai ponsel Android yang akan dijelaskan di bawah ini.

1- Pertama, hidupkan ponsel kamu, dan isi daya baterai sampai penuh

(Fajrinfo sarankan untuk mengisinya hingga lebih dari satu jam setelah ponsel menunjukkan pengisian 100%).

2- Cabut ponsel kamu, lalu matikan segera.

3- Sambungkan kembali ponsel, lalu isi daya lagi hingga satu jam.

4- Sekarang, aktifkan lagi perangkat kamu, lalu ulangi proses pengisian hingga penuh minimal satu jam lagi.

5- Ulangi lagi langkah kedua dan ketiga.

6- Setelah selesai, gunakan ponselmu secara biasa sampai benar-benar habis daya baterainya. setelah mati lalu isi baterai hingga 100%.

7- Nah, kini ponsel Android kamu memiliki performa dan akurasi yang lebih baik tentang level baterai perangkat tersebut.

Langkah-langkah ini pada dasarnya akan menghapus dan mengatur ulang basis data statistik baterai seperti seharusnya. Perlu diketahui, bahwa pengisian daya yang tidak teratur kadang menjadi penyebab di balik prediksi baterai yang salah.

Kalibrasi Baterai Pada Perangkat Yang Diroot


Kalibrasi Baterai Android: Metode I

Jika kamu memiliki perangkat ponsel yang di-rooting, maka kamu beruntung sekali. Sebab, langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi pada ponsel yang di-root relatif jauh lebih sederhana.

Ada aplikasi sederhana yang tersedia di luar sana yang dapat melakukan semua hal yang diperlukan sambil menghapus file bin basis data statistik baterai ponsel kamu.

Sebenarnya ada banyak pilihan yang tersedia pada aplikasi ini, tapi Fajrinfo hanya akan menyarankan yang paling sederhana untuk kamu yang mana telah kami coba sendiri.

Battery Calibration

Harga : Gratis

272,018 Downloads

DOWNLOAD DI GOOGLE PLAY

Buka Play Store dari link di atas, lalu unduh aplikasinya terlebih dahulu. Ini adalah salah satu aplikasi paling sederhana untuk melakukan tugas yang diperlukan.

Setelah berhasil membukanya, kamu akan disambut dengan tampilan awal seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Kalibrasi Baterai Android Kamu Sekarang Juga Agar Umur Baterai Tahan Lebih Lama

Sekarang, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1- Setelah mengunduh aplikasi, buka / luncurkan. Maka kamu akan diminta untuk memberikan berbagai jenis izin akses root untuk aplikasi. Terima saja semuanya.

2- Kemudian colokkan ponselmu ke pengisi daya lalu isi baterai kamu hingga mencapai 100%.

3- Setelah ponsel Android terisi penuh, lalu klik START CALIBRATION.

4- Kemudian cabut ponselmu dari pengisi daya / charger.

5- Setelah selesai, kamu harus menyelesaikan satu siklus isi daya - lepas pengisian - penuh.

6- Selesai!


Kalibrasi Baterai Android: Metode II

Jika metode pertama tidak berhasil, kamu dapat mencoba metode ini. Tapi ingat, bahwa metode ini mengharuskan kamu untuk memiliki Recovery yang berfungsi untuk diinstal pada ponselmu.

Baca juga : Cara Mengetahui Pemberitahuan Browser Chrome Di Android

1- Pertama, masuk ke recovery mode pada ponsel kamu, lalu arahkan ke bagian Advanced, dimana kamu akan menemukan pilihan "wipe battery stats".

Langkah ini akan menghapus kalibrasi yang telah dibuat sebelumnya oleh pengguna atau dari waktu ke waktu. Ini juga akan membantu jika ROM baru dipasang dan tampilan baterai ponsel menjadi miring.

2- Kedua, kamu harus menguras baterai sepenuhnya hingga mati, lalu menghubungkan ponsel ke pengisi daya. Pengisian daya harus dilakukan tanpa gangguan dan ponsel harus dalam keadaan dimatikan.

3- Ketika tingkat daya baterai sudah mencapai 100%, maka hidupkan lagi tanpa melepasnya dari pengisi daya, lalu buka aplikasi Battery Calibration.

Klik pada tombol tengah, yang akan meminta SuperUser atau izin akses root muncul dan harus kamu terima.

4- Setelah itu, maka akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa kalibrasi baterai telah berhasil dilakukan. Kemudian, tekan OK, lalu lepaskan ponsel dari pengisi daya dan tutup aplikasi.

5- Begitulah caranya!


Kalibrasi Baterai Android: Metode III (untuk perangkat yang diroot tanpa Recovery)

1- Buka aplikasi Root Explorer, atau pengelola file lainnya yang dapat mengakses ke direktori Root ponsel kamu.

2- Setelah itu pergilah ke folder ‘/data/system’, lalu temukan file 'batterystats.bin'.

3- Hapus file tersebut. Jangan khawatir, sistem Android akan membuat ulang file ini ketika kamu me-reboot ponsel atau memasang pengisi daya.

Metode yang disebutkan di atas akan fokus pada menghapus atau mengatur ulang file ini saja, dengan satu atau lain cara.

4- Kemudian reboot ponsel kamu lalu ikuti langkah selanjutnya dari Metode II di atas (kecuali untuk langkah pertamanya).

5- Terkadang, reboot sederhana setelah penghapusan akan mengkalibrasi baterai kembali, tapi yang pasti, lebih baik untuk mengikuti langkah-langkah tersebut.

Jadi begitulah! Fajrinfo telah mencoba untuk membahas hampir semua metode yang dapat dilakukan untuk mengkalibrasi baterai pada ponsel Android yang dapat melakukan perbaikan pada tampilan yang salah dari pembacaan baterai saat ini pada ponsel kamu.

Mungkin kamu ingin langsung melakukannya, tapi kami perlu mengingatkan bahwa pengguna yang telah menginstal custom ROM, harus benar-benar mengikuti panduan untuk memperbaiki kalibrasi!

Sebab ada beberapa kejadian yang menjadi contoh dimana pengguna melaporkan melihat penurunan tiba-tiba pada tingkat baterai di beberapa titik, meskipun tetap stabil untuk beberapa waktu (misalnya tingkat baterai tiba-tiba turun dari, katakanlah, 60% menjadi 30- 40%).

Mungkin ini terjadi karena pemasangan Custom ROM telah mengacaukan file batterystats sistem ponsel kamu. Pengguna lain yang belum mahir (yang tidak benar-benar mengerti Custom ROM dan MOD) mungkin mengalami masalah ini karena pola atau masalah pengisian yang tidak teratur yang muncul dari beberapa aplikasi pihak ketiga.

Saran untuk metode lainnya dalam melakukan kalibrasi baterai pada perangkat ponsel Android dapat Fajrinfo terima di bagian komentar di bawah ini. Jika kamu berpengalaman dalam mengkalibrasi ponsel dan berbeda dengan metode-metode yang Fajrinfo sampaikan, maka jangan ragu untuk menyampaikannya disini.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke