Microsoft Akan Membuat Sistem Windows Ringan Sebagai Pesaing Chrome OS

Microsoft Akan Membuat Sistem Windows Ringan Yang Jadi Pesaing Chrome OS

Microsoft diinformasikan tengah menyiapkan sebuah sistem operasi Windows versi ringan untuk diterapkan pada perangkat dua layar dan yang semacam Chromebook.

Menurut beberapa sumber, Microsoft sedang menggarap OS Windows baru yang lebih ringan dari sistem operasi Windows 10 biasa yang disiapkan untuk tampilan antarmuka pada perangkat dua layar.

Perangkat dengan sistem operasi baru ini katanya akan diluncurkan pada tahun 2019 ini, namun hal itu bergantung pada ketersediaan chip dan kesiapan para pembuat perangkat komputer, demikian dikutip Fajrinfo dari detikINET.

Sistem Windows anyar ini memili kode 'Windows Lite', yang sejatinya merupakan Windows 10 namun dengan beberapa pengurangan fitur, dan diprioritaskan untuk dapat dipasang pada perangkat dengan dua layar.

Kabarnya Intel pun sedang mengajak para Original Equipment Manufacture (disingkat: OEM) untuk membuat hardware dengan kategori baru ini.

Nanti tampilan perangkat tersebut akan terlihat mirip seperti konsep Microsoft Courier, laptop dengan dua layar, atau bahkan perangkat yang layarnya dapat dilipat. Yang jelas Microsoft mengharapkan Windows OS-nya sudah siap ketika nanti para pembuat komputer membuat perangkat dengan kategori ini.

Microsoft sendiri kini sedang terus menerus menggarap Composable Shell (C-Shell) dan sistem operasi Windows Core, yaitu suatu Windows Shell dengan versi modular yang telah digunakan pada sejumlah komponen Windows 10 yang ada saat ini. Bagian dari Windows Core OS saat ini juga digunakan pada HoloLens 2 dan Microsoft Surface Hub 2X.

Dari segi tampilan, Windows Lite akan memiliki banyak kemiripan dengan Windows yang telah ada saat ini. Tapi sebenarnya Windows ini merupakan campuran dari sistem operasi yang ada pada Surface Hub dan mode Continuum di Windows Phone.

Hingga kini masih belum jelas kapan Microsoft akan mulai merilis Windows Lite --- atau apa pun itu namanya nanti--. Namun yang jelas Microsoft telah lama bereksperimen dengan gagasan ini, dan sepertinya mereka akan memanfaatkan konferensi Microsoft Build di Seattle awal Mei nanti untuk memamerkan karya terbarunya ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

Belum ada Komentar untuk "Microsoft Akan Membuat Sistem Windows Ringan Sebagai Pesaing Chrome OS"

Posting Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel