Apa Benar Mouse Bisa Dipakai Di HP Android? Ternyata Begini Caranya

Mempunyai perangkat genggam dengan kemampuan layar sentuh memang memberikan kenyamanan tersendiri dalam pemakaiannya, sebab kita dapat berakselerasi dengan menu yang tersedia dari berbagai sudut layar ponsel.

Namun sayangnya, banyak kasus terjadi yang menyebabkan layar ponsel Android menjadi kurang responsif, atau bahkan tidak merespon sama sekali ketika jari kamu menyentuh layar untuk mengendalikan ponsel tersebut.

Apa Benar Mouse Bisa Dipakai Di HP Android? Beginilah Caranya

Jika mengalami hal seperti itu, kamu bisa mengkoneksikan ponsel android dengan mouse komputer agar tetap dapat melakukan navigasi pada ponsel. Untuk melakukannya, berikut ini adalah langkah untuk menghubungkan ponsel Android dengan mouse komputer.

1. Karena smartphone Android biasanya hadir dengan koneksi port micro-USB atau USB-C, maka sebaiknya kamu gunakan adapter yang berupa kabel USB OTG, dari dua port tersebut ke USB standar.

2. Setelah memasukkan konektor micro-USB atau USB-C ke adapter ponsel, maka pasanglah USB standar ke mouse pada ujung adapter lainnya.

3. Biasanya, perangkat tambahan bawaan pabrik (periferal) bisa langsung digunakan dan tidak perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu.

4. Setelah terkoneksi, kamu akan melihat kursor mouse yang mirip seperti pada PC komputer muncul pada layar HP Android milikmu. Kursor ini bisa dipakai untuk melakukan navigasi pada layar perangkat Android layaknya menyentuh layar.

Jika kurang nyaman terhadap kabel yang terasa ribet dan risih, kamu bisa memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk menghubungkan ponsel Android bersama dengan periferal Bluetooth.

Baca juga: Ada Malware Di Aplikasi UC Browser, Ratusan Juta Android Terancam Bahaya

Kamu dapat mengkoneksikannya dengan cara mencari dan memilih nama perangkat yang aktif pada menu Pengaturan Bluetooth di ponsel yang kamu gunakan.

Akan tetapi, beberapa mouse masih membutuhkan dukungan adapter USB agar dapat menghubungkan dongle Bluetooth dengan perangkat ponsel yang kamu miliki.

Itulah penjelasan terkait pertanyaan di atas, bahwa perangkat Android dapat dihubungkan dengan mouse yang biasa digunakan pada perangkat komputer. Bagi kamu yang pernah melakukan cara di atas, bagaimana pengalaman kamu setelah berhasil menghubungkan mouse pada ponsel Android?
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama