Cara Memperbaiki Tampilan Layar Hitam Setelah Memperbarui Windows 10

Cara Memperbaiki Tampilan Layar Hitam Setelah Memperbarui Windows 10

Beberapa perangkat Windows 10 mengalami masalah saat restart layar menjadi hitam setelah menginstal pembaruan kumulatif Juni 2019 melalui Windows Update. Pada awalnya ampaknya ini merupakan hal yang menakutkan, tapi untungnya perbaikan tersedia dengan cepat sehingga dapat menyelesaikan masalah yang kamu alami.

Jika perangkat komputer atau laptop Windows 10 kamu reboot / restart ke layar hitam, tidak perlu panik! cukup tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard, lalu setelah Ctrl + Alt + Del ditekan layar normal Windows 10 akan segera muncul. Klik tombol Power di sudut kanan bawah layar perangkat kamu lalu pilih "Restart" untuk memulai kembali sistemnya.

Cara Memperbaiki Tampilan Layar Hitam Setelah Memperbarui Windows 10

Berdasarkan dokumen dukungan Microsoft, dengan cara ini akan dapat menyelesaikan masalah yang kamu alami. Komputer atau laptop kamu akan hidup lagi secara normal tanpa ada lagi tampilan layar menjadi blank hitam.

Hingga kini masih belum jelas apa yang dapat menyebabkan masalah ini — dan masalah layar hitam ini hanya terjadi pada perangkat yang melakukan pembaruan sistem Windows 10.

Namun demikian, dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard merupakan solusi terbaik untuk mengeluarkan perangkat komputer / laptop kamu dari segala macam kondisi yang menyebalkan seperti ini. Sebab, tindakan menekan tombol Ctrl + Alt + Del cukup baik dari sekadar membuka Task Manager.

Jika tindakan antisipasi ini tidak bisa menjadi solusi dan tidak membantu memperbaiki perangkat Windows 10 yang mengalami layar hitam, berikut ini adalah beberapa solusi potensial yang dapat kamu lakukan:

- Gunakan kombinasi tombol pintas Windows + Ctrl + Shift + B secara bersamaan untuk memulai kembali driver grafis perangkat kamu. Tindakanan ini dapat memperbaiki beberapa masalah sistem.

- Matikan perangkat secara paksa — kamu akan kehilangan semua pekerjaan yang sedang kamu lakukan pada komputer jika melakukan cara ini. Namun terkadang cara inilah satu-satunya pilihan yang bisa kamu lakukan. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol fisik Power sampai sistem benar-benar mati. Tunggu beberapa detik lalu tekan tombol Power untuk mengubahnya kembali.

- Pastikan keyboard dan mouse kamu terhubung ke komputer atau laptop dan memiliki daya baterai — ingat, mungkin perangkat kamu hanya menampilkan layar hitam dikarenakan sedang mematikan tampilan untuk menerapkan mode hemat daya. Ada kemungkinan juga keyboard dicabut atau mouse wireless kamu kehabisan daya baterai dan perangkat kamu tidak dapat menerima input salah satu dari keduanya.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama