Update Windows 10 Mei 2019 Perbaiki Masalah Shutdown Yang Lambat

Pembaruan Windows 10 Mei 2019 Memperbaiki Masalah Shutdown Yang Lambat

Microsoft baru-baru ini melaporkan bahwa Pembaruan Windows 10 Oktober 2018 memiliki bug yang menyebabkan proses shutdown lama. Menurut Microsoft, mematikan perangkat Windows 10 yang didukung dengan koneksi USB Type-C dapat memakan waktu satu menit dalam kondisi tertentu.

Pembaruan Windows 10 Oktober 2018 tidak cocok dengan Connector System Software Interface USB Type-C karena terdapat bug dalam implementasi Microsoft. Hal ini berarti jika kamu mematikan perangkat komputer dan perangkat USB Type-C masih terhubung dengannya, maka proses mematikan (shutdown) bisa memakan waktu hingga 60 detik.

Masalah ini bisa terjadi karena Connector System Software Interface USB Type-C berjalan di latar belakang ketika kamu menghubungkan atau melepaskan perangkat dari port USB Type-C.

Bug ini bukan masalah besar karena perangkat Windows 10 dan port USB kamu akan terus bekerja secara normal setelah melakukan restart sistem perangkat komputer Windows 10.

"Sebuah bug dalam implementasi perangkat lunak Interface Sistem Connector (UCSI) Sistem USB Tipe C di Windows 10, versi 1809 dapat menyebabkan penundaan 60 detik dalam proses sleep atau mati jika penonaktifan daya terjadi saat perangkat lunak UCSI sedang sibuk menangani aktivitas koneksi atau putuskan saja dulu port USB Type-C,” Microsoft menjelaskan.

Dalam update baru untuk dokumen dukungan, Microsoft mengatakan bahwa bug ini telah diatasi pada Pembaruan Windows 10 Mei 2019. Perusahaan ini menyarankan agar pengguna yang terkena dampak untuk menginstal Windows 10 versi 1903 karena akan dapat memperbaiki masalah.

Microsoft belum mengkonfirmasi apakah ia juga berencana untuk mengatasi bug ini pada perangkat sistem Pembaruan Windows 10 Oktober 2018.

"Masalah ini diselesaikan pada Windows 10 versi 1903, perbarui ke versi rilis terbaru jika kamu terkena dampak bug ini," Microsoft menjelaskan.

Belum diketahui kapan Microsoft akan meng-backport pembaruan ini ke Windows 10 versi Oktober 2018 Update, akan tetapi jika masalah penonaktifan lambat dan selalu mengganggu, kamu dapat memutakhirkan versi sistem ke Pembaruan Windows 10 Mei 2019.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama