Cara Instal Firmware ColorOS Untuk Pembaruan Sistem Pada Ponsel Oppo - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Jumat, 23 Agustus 2019

Cara Instal Firmware ColorOS Untuk Pembaruan Sistem Pada Ponsel Oppo


Cara Instal Firmware ColorOS Untuk Pembaruan Sistem Pada Ponsel Oppo

Sebelumnya mungkin kamu memiliki sebuah pertanyaan mendasar, seperti "mengapa kita harus melakukan pembaruan pada ColorOS sistem Android pada ponsel Oppo?" Jawabannya simpel, dengan pembaruan sistem ponsel Oppo yang kamu miliki akan mendapatkan banyak manfaat, di antaranya adalah mengoptimalkan performa sistem ponsel Oppo, memperpanjang umur baterai pada ponsel Oppo kamu, memutakhirkan kompatibilitas perangkat Oppo dengan aplikasi pihak ketiga, dan meningkatkan tingkat stabilitas sistem Android pada HP Oppo.

ColorOS merupakan modifikasi sistem operasi Android yang salah satunya menjadi firmware bawaan (StockROM) untuk ponsel Oppo. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem Oppo smartphone, dengan memperbarui versi Color OS Android, sistem ponsel kamu akan dapat memperbaiki berbagai masalah perangkat lunak.

Permasalahan yang disebabkan oleh gangguan perangkat lunak diantaranya adalah ponsel Oppo bootloop, HP Oppo hang sampai logo (ketika dihidupkan hanya tampil logo OPPO saja), Mengatasi kerusakan pada sistem Android bawaan Color OS Oppo dan berbagai permasalahan lainnya yang biasa terjadi pada perangkat Android.

Untuk melakukan pemasangan firmware Oppo Smartphone bisa dengan cara masuk ke recovery mode ponsel Oppo Smartphone. Pada menu recovery mode HP Oppo, kamu dapat melakukan instalasi firmware ColorOS Oppo yang sudah kamu download dengan memilih opsi Install from storage device.

Cara Instal Firmware StockROM Ponsel Oppo


- Pastikan kapasitas daya baterai ponsel Oppo kamu cukup minimal 50%.

- Matikan perangkat Oppo Smartphone kamu.

- Kemudian tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume bawah secara bersamaan, tunggu sampai ponsel Oppo kamu masuk ke Recovery Mode.

Baca juga: Cara Memperbaiki Memori MicroSD Rusak Tanpa Menghilangkan Data

- Setelah itu, pilihlah tempat penyimpanan dimana file firmware yang telah kamu unduh disimpan, From phone storage (memori internal) atau From SD card (memori eksternal).

- Lalu pilih firmware.

Cara Instal Firmware ColorOS Untuk Pembaruan Sistem Pada Ponsel Oppo

- Jika sudah kamu lakukan, maka pesan konfirmasi akan tampil pada layar ponsel Oppo milik kamu. Klik Yes untuk melanjutkan.

- Pada proses ini perangkat kamu akan reboot / restart, sistem pun akan memulai proses pembaruan.

- Silahkan kamu tunggu proses tersebut (update firmware Oppo ColorOS) hingga selesai.

Perlu kamu ketahui bahwa proses penginstalan pembaruan sistem Android ColorOS pada Oppo smartphone biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Dalam proses ini, jangan matikan ponsel Oppo kamu selama update sistem berlangsung. Silahkan tunggu saja sampai proses pemasangan firmware Oppo kamu selesai, atau jika tidak ponsel kamu tidak akan bisa digunakan karena sistem crash.

Pada sejumlah kasus, perangkat ponsel Oppo yang mengalami bootloop, saat diaktifkan yang muncul hanya logo OPPO saja meskipun telah diinstal ulang (flashing) dengan firmware baru. Permasalahan ini tidak bisa diperbaiki hanya dengan flashing saja. Sebab instal sistem baru dan upgrade OS juga tidak berhasil karena IC eMMC yang rusak.

Jika setelah kamu melakukan pemasangan firmware ColorOS sukses terpasang dan perangkat Oppo Smartphone kamu masih belum menyala secara normal, besar kemungkinan kamu harus mengganti komponen IC eMMC ponsel tersebut.

Demikian cara instal firmware ColorOS untuk perangkat Oppo smartphone yang bisa Fajrinfo sampaikan. Semoga kamu yang hendak melakukan pembaruan sistem ColorOS Oppo smartphone atau yang sedang mencari cara untuk instal ulang / flash ponsel Oppo smartphone menjadi terbantu dengan artikel ini.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK