Bagaimana Cara Menonaktifkan Koreksi Otomatis Di Google Keyboard Android? - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 01 Oktober 2019

Bagaimana Cara Menonaktifkan Koreksi Otomatis Di Google Keyboard Android?

Bagaimana Cara Menonaktifkan Koreksi Otomatis Di Google Keyboard Android?

Apakah kamu ingin menonaktifkan koreksi otomatis pada aplikasi Google keyboard Android? Koreksi otomatis (auto correct) adalah fitur yang hebat, tapi sayangnya sebagian besar fitur tersebut tidak selalu berfungsi seperti yang kita inginkan. Oleh karenanya, Fajrinfo disini akan membagikan beberapa langkah sederhana yang bisa digunakan untuk mematikan koreksi otomatis pada penggunaan Google Keyboard Android kamu.

Aktif secara default di sebagian besar perangkat Android, fitur koreksi otomatis pada Google Keyboard biasanya berfungsi dengan baik. Namun, itu cenderung hanya untuk memperbaiki beberapa hal dan bahkan pada saat-saat ketika kamu tidak ingin diperbaiki juga.

Saya telah mengalami banyak situasi dimana koreksi otomatis pada Google Keyboard menyebabkan kesalahan interpretasi antara teman, keluarga, orang yang dicintai, dan kolega.

Terkadang ketika ingin menulis kata tertentu, tapi fitur koreksi otomatis tidak mengizinkannya. Selain itu, keyboard jarang mengubah ejaan bahkan ketika kamu mengetiknya dengan benar, yang bahkan lebih buruk.

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa tidak ingin fitur koreksi otomatis selalu gagal memperbaiki kata yang kita maksud. Maka dari itu, di bawah ini Fajrinfo membagikan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis (auto correct) pada aplikasi Google keyboard Android!

Baca juga: Cara Hemat Kuota Internet Pemakaian WiFi Tethering Android

Cara Menonaktifkan Koreksi Otomatis Di Google Keyboard Android


1] Buka aplikasi Gboard (sebelumnya bernama Google Keyboard). Kamu bisa menemukannya pada drawer / kotak aplikasi. Atau, ketika menggunakan keyboard, tekan lama ikon "koma" lalu ketuk ikon pengaturan (berbentuk seperti roda gigi) untuk masuk ke preferensi Gboard.

Catatan: Jika kamu tidak menemukan tombol koma, beralihlah ke papan angka untuk menemukannya atau klik karakter ' / '.

2] Setelah masuk ke Gboard keyboard settings, gulir ke bawah dan cari opsi yang bernama 'Text correction'.

3] Dalam pengaturan Text correction, gulir ke bawah sampai kamu melihat opsi Auto-correction (Koreksi otomatis). Hapus ceklisnya jika kamu ingin mematikan fitur tersebut di ponsel.

Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan tambahan seperti 'Next-word suggestions = saran kata', 'Auto capitalization = Kapitalisasi otomatis', 'Suggest contact name = saran nama kontak' dan banyak lagi.

Tidak Bisa Mengakses Pengaturan Gboard?


Untuk beberapa alasan, jika kamu tidak bisa mengakses pengaturan Gboard langsung melalui keyboard, maka ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

- Buka 'Pengaturan' di ponsel Android yang kamu gunakan, baik melalui kotak aplikasi maupun pintasan cepat yang ada di panel notifikasi.

- Gulir ke bawah dan ketuk 'Bahasa dan masukan'. Pada ponsel berbeda, mungkin kamu bisa menemukannya pada sub-menu 'Sistem' pada versi Android yang lebih tinggi.

- Setelah itu ketuk pada keyboard aktif kamu (dalam hal ini Google Keyboard / Gboard) untuk masuk ke pengaturan keyboard. Pada model ponsel lain, biasanya kamu bisa dengan mudah mengetuk ikon roda gigi pada sebelah kanan tulisan Gboard.

Baca juga: Cara Mudah Dapat Refund Pembelian Di Google Play Store

Kemudian yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti Langkah nomor 2 & 3 yang telah dijelaskan di atas untuk mematikan koreksi otomatis pada Google keyboard Android atau menonaktifkan koreksi otomatis di aplikasi Gboard.

Ini adalah panduan sederhana tentang cara menonaktifkan koreksi otomatis pada Google Keyboard Android. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar yang kami sediakan di bawah.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK