Keren! Fitur Unggulan Baru Di Android 10 Kini Sudah Tersedia, Mau Mencicipinya? - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Jumat, 27 September 2019

Keren! Fitur Unggulan Baru Di Android 10 Kini Sudah Tersedia, Mau Mencicipinya?

Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Setelah melakukan pengujian beta versi Android terbaru selama beberapa bulan, Google secara resmi telah merilis sistem operasi Android 10. Meskipun sebagian besar perubahan pada sistem operasi ini tidak begitu mencolok, namun ada beberapa perubahan yang nampak jelas dan mungkin kamu akan menyukainya.

Ada Apa Dengan Nama Makanan Penutup Pada Android?


Jika kamu termasuk pengguna Android yang sudah lama dan selalu mengikuti perkembangannya, mungkin kamu tahu bahwa biasanya Google menamai versi baru Android dengan sebutan pencuci mulut (makanan manis). Pada tahun ini kebiasaan itu berubah. Sebab beberapa minggu yang lalu Google mengumumkan telah memperbarui kebijakan merek Android dan strategi penamaannya.

Dengan perubahan ini, versi baru Android sekarang disebut dengan Android 10. Strategi penomoran ini akan digunakan seterusnya, tapi Google berencana untuk tetap mempertahankan nama pencuci mulut untuk kode pengembangan internal di masa mendatang.

Fakta menyenangkan: Android 10 (sebelumnya Android Q) akan disebut sebagai 'Queen Cake' secara publik dan disebut sebagai 'Quince Tart' secara internal.

Dengan berakhirnya memberi nama pencuci mulut pada setiap versi Android, maka tidak berarti bahwa Google akan berhenti membuat maskot di setiap versi perangkat lunak barunya. Dave Burke, VP of Engineering Android, telah men-tweet foto patung Android 10.

Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Baca juga: Mengatasi Kinerja Smartphone Lawas Agar Tetap Prima

Kapan Ponsel Kamu Akan Memperoleh Pembaruan?


Dengan rilis resmi Android 10, Google telah mulai meluncurkan pembaruan firmware ke ponsel andalannya, Pixel. Di hari pertama perilisannya, Android 10 sudah mulai menghampiri ke setiap generasi ponsel cerdas Google Pixel.

Pixel tidak sendirian, pengguna Esensial Phone dan Xiaomi Redmi K20 Pro juga sudah disambangi pembaruan Android 10 ini. OnePlus juga tidak mau ketinggalan karena perusahaannya telah mengumumkan tentang peluncuran versi beta untuk pengguna OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro.

Smartphone dari produsen seperti Samsung, LG, Vivo, Oppo, Motorola, dan lainnya semoga dapat meluncurkan segera peningkatan firmware untuk adopsi Android 10 ini dalam beberapa bulan ke depan. Namun, jika kita pelajari pengalaman yang sudah lalu, biasanya ketika usia pembaruan versi Android telah mendekati usia hampir satu tahun barulah ponsel lama akan menerima pemutakhiran Android 10 dari masing-masing produsen.

Navigasi Gerakan


Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Navigasi gerakan adalah perubahan terbesar yang akan dirasakan oleh para pengguna Android 10. Tambahan ini datang setelah beberapa produsen Android (OEM) berupaya untuk menambahkan variasi gerakan Apple (Apple Gesture) namun mereka gagal.

Sekarang, justru malah sistem navigasi tiga atau dua tombol standar Android, terdapat bilah gerakan / gesture. Anehnya, Google cenderung meniru implementasi Apple, karena sebagian besar kontrol sangat mirip. Quick swipe akan membawa kamu ke tampilan beranda, swipe dan tahan akan membuka menu terkini, dan swipe panjang dari layar home akan membuka menu drawer aplikasi.

Tapi bagaimana dengan tombol Back? Jangan khawatir, gerakan untuk back / kembali kini tersedia dengan cara menggesekkan ke dalam dari kedua sisi tampilan. Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini, ikon panah akan muncul ketika kamu menggesek agar menu action ditunjukkan.

Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Google Assistant juga menerima isyarat gesture baru. Geser secara diagonal ke arah tengah layar dari salah satu dua sudut bawah, dan kemudian animasi akan muncul di bagian bawah perangkat. Tidak lama setelah itu, virtual assistant akan siap menerima instruksi.

Jika kamu memiliki ponsel Google Pixel atau Esensial Phone, kamu bisa mengubah gaya navigasi dengan cara masuk ke Pengaturan > Sistem > Gerakan > Navigasi sistem. Disini, kamu bisa beralih di antara 'Gesture navigation', 'Navigasi 2 tombol', yang merupakan default di sistem Android 9 Pie, dan 'Navigasi 3 tombol' klasik.

Perusahaan OEM kemungkinan akan mengubah opsi navigasi apa yang tersedia di handset-nya. Konsultasikan menu pengaturan perangkat kamu untuk mengetahui pilihan apa saja yang kamu miliki setelah Android 10 tersedia untuk handset tersebut.

Mode Gelap Tingkat Sistem


Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Mode gelap adalah salah satu fitur yang paling banyak diminati para pengguna Android. Setelah bertahun-tahun pengembang tertentu menambahkan tema gelap (dark mode) ke aplikasi mereka, Google pun memasukkan mode gelap system-wide di sistem Android 10.

Baca juga: Cara Hemat Daya Tahan Baterai Android Agar Tidak Boros

Sejak keputusan itu diumumkan pada ajang I/O 2019, Google dan layanan pihak ketiga perlahan-lahan menambahkan fitur tema gelap ke dalam aplikasi mereka. Jika diterapkan dengan benar, setiap aplikasi yang didukung akan mengikuti perilaku Android dan menghidupkan tema gelap ketika sistem diaktifkan.

Kamu bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara masuk ke Pengaturan > Tampilan > Tema gelap atau dengan mengetuk quick settings di bayangan pemberitahuan Android.

Smart Reply


Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Android 10 semakin pintar dalam hal pemberitahuan. Sementara Digital Wellbeing digunakan untuk membungkam interupsi aplikasi, Balas Cerdas (Smart Reply) akan memberikan respon dan tindakan cepat untuk pesan yang masuk. Seperti yang ditunjukkan animasi di atas, kamu dapat dengan mudah mengirim jawaban satu atau dua kata kepada seseorang atau mengetuk link untuk membuka aplikasi yang sesuai.

Google menyatakan bahwa tindakan yang disarankan berfungsi juga untuk link YouTube dan alamat yang ditemukan di Google Maps. Selain itu, Android 10 dapat menggunakan Smart Reply pada salah satu aplikasi perpesanan favorit kamu.

Kontrol Perizinan Yang Lebih Baik


Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Android bisa dibilang masih jauh di belakang iPhone dalam hal manajemen perizinan. Google dengan cepat mengejar peluncuran Android 10 ini karena telah menambahkan manajer perizinan baru dengan kontrol yang lebih baik.

Ada juga dialog perizinan lokasi yang diperbarui yang muncul ketika aplikasi meminta lokasi perangkat. Alih-alih memberikan semua aplikasi atau tidak ada akses, ada opsi baru yang hanya memberikan izin saat aplikasi terbuka. Perubahan ini menonaktifkan kemampuan aplikasi untuk memeriksa lokasi perangkat di latar belakang saat ditutup.

Menu perizinan yang diperbarui dapat diakses dengan masuk ke Pengaturan > Privasi > Manajer perizinan. Disini, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang memiliki izin untuk melakukan jenis tindakan tertentu dan mencabut akses ke setiap izin sesuai dengan keperluan.

Pembaruan Keamanan Melalui Google Play


Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Alih-alih menunggu produsen dan operator untuk meluncurkan pembaruan Android, Google sekarang bisa mengirim perbaikan keamanan dan bug melalui Google Play. Dengan mengambil alih kendali lain, Google dapat memastikan bahwa perangkat apapun yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi memiliki kerentanan terbaru yang akan ditambal segera setelah masalah itu ditemukan.

Kamu dapat secara manual memeriksa patch keamanan dengan cara masuk ke Pengaturan > Keamanan > pembaruan sistem Google Play.

Baca juga: Inilah 5 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik Di Android

Android 10 Easter Egg


Pada perilisan Android 10, Google telah menyembunyikan Easter egg baru di sistem operasi tersebut. Seolah kloningan Flappy Bird yang ditemukan di versi Android sebelumnya, sekarang ada teka-teki yang akan menawarkan waktu hiburan.

Kamu bisa mendapatkan Android 10 Easter Egg dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Versi Android dan kemudian mengetuk 'Versi Android' secara berurutan. Kemudian kamu dapat mengetuk dan menahan masing-masing item pada layar untuk memindahkannya di sekitar layar.

Untuk bermigrasi ke Easter egg asli, kamu harus mengetuk dua kali dan menahan '1' hingga berputar dan menghasilkan huruf 'Q' ketika diletakkan di atas angka '0'. Saat berada di tempat itu, ketuk cepat pada 'Android'.

Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Maka kamu akan dibawa ke game puzzle nonogram khusus. Kamu dapat menyelesaikannya dengan mengikuti blok angka yang mengelilingi papan dan mengetuk masing-masing kotak. Setelah selesai, kamu akan melihat ikon terkait Android.

Subreddit Android telah memecahkan sejumlah teka-teki nonogram jika kamu memerlukan bantuan.

Keren, Fitur Baru Unggulan Pada Ponsel Android 10, Kini Telah Tersedia

Selebihnya kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi Android 10 dengan cara mengunjungi pos pengumuman Google dan halaman arahan Android 10 yang baru.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK