Cara Jitu Melindungi Perangkat Android Dari Virus - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 15 Oktober 2019

Cara Jitu Melindungi Perangkat Android Dari Virus

Cara Jitu Melindungi Perangkat Android Dari Virus

Perangkat Android telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sebagai manusia. Sistem operasi gagasan Google ini sekarang menjadi OS (Operating System) mobile paling populer di dunia. Ini karena sistem operasi mereka yang mengdopsi banyak teknologi canggih. Namun demikian, hal ini pula-lah yang membuat Android OS menjadi rentan terhadap serangan virus dan malware.

OS Android dianggap gratis dan terbuka, dan itulah sebabnya siapa pun dapat membuat aplikasi dan memasangnya di Google Play Store untuk diunduh pengguna. Tidak ada batasan ketika menggunakan sistem ini, dan inilah yang menciptakan celah bagi virus dan malware untuk dapat masuk.

Hal baiknya adalah kamu bisa melindungi ponsel dari virus. Beberapa cara terbaik untuk melakukan ini termasuk menggunakan antivirus. Selain itu, beberapa panduan berikut dapat membantu kamu melindungi Android dari virus:

Jangan Aktifkan Fitur 'Sumber Tidak Dikenal'


Ini adalah langkah pertama dalam melindungi ponsel Android dari serangan virus. Sebagian besar ponsel Android memiliki fitur ini yang dapat mengizinkan atau menolak pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal [di luar Google Play Store].

Pilihan ada di tangan kamu, ketika hendak menginstal aplikasi yang berasal dari luar Play Store, biasanya sebagian besar akhirnya mengaktifkan fitur sumber tidak dikenal ini, yang sebenarnya merupakakan hal yang salah.

Sebagian besar aplikasi yang mengharuskan kamu memeriksa perintah ini tidak berasal dari Play Store, tapi dari sumber eksternal. Parahnya setelah kamu menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, kebanyakan pengguna tidak meminta kamu untuk kembali dan menghapus ceklis pada fitur sumber tidak dikenal, dan inilah yang membuat perangkat kamu terbuka terhadap bahaya.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah hal seperti ini terjadi adalah dengan menonaktifkan fitur tersebut. Dengan begitu, ponsel kamu akan terlindungi dari segala serangan yang mungkin datang dalam bentuk aplikasi.

Melihat Izin Aplikasi Sebelum Menginstal


Ini adalah hal yang diabaikan banyak orang tapi sangat penting untuk sistem Android yang aman dan sehat.

Sebagian besar orang ke Play Store dan mengunduh aplikasi tanpa melihat informasi yang berkaitan dengan perangkat lunak tersebut. Sayangnya, disinilah masalah mulai mendatangi banyak orang, dan mereka akhirnya kehilangan data dan sistem melalui serangan virus dan malware.

Disiplin yang baik adalah dengan meluangkan waktu dan melihat izin aplikasi sebelum menginstalnya, sehingga kamu dapat mengetahui apa saja persyaratannya. Jangan biarkan aplikasi yang tidak kamu yakini untuk diinstal karena khawatir kamu akan memberikan izin untuk aplikasi yang merusak.

Semua aplikasi di Play Store akan memberitahu kamu tentang izin akses ke sistem dan keputusan untuk mengizinkannya sepenuhnya milik kamu. Luangkan waktu dan analisa sebelum memberikan izin aplikasi untuk dipasang.

Baca juga: Koneksi Internet Lambat? Coba Periksa Kondisi WiFi Kamu Disini!

Jangan Mengunduh Semua Aplikasi


Tidak semua yang kamu lihat di Play Store harus dipasang di ponsel kamu juga. Beberapa aplikasi tidak sah, mungkin akan merusak ponsel Android kamu jika mengunduhnya. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, bahwa platform Android terbuka, dan inilah yang membuatnya mudah bagi pengembang yang berniat jahat untuk membuat aplikasi yang bisa membawa virus dan malware yang membahayakan ponsel kamu.

Aplikasi semacam itu bersifat independen atau terkadang versi bajakan dari aplikasi asli yang sedang populer di Play Store. Pengembang aplikasi semacam itu biasanya membuat aplikasi yang ditingkatkan dengan lebih banyak fitur dari pada aplikasi aslinya untuk menarik pengguna Android yang tidak curiga agar mengunduh aplikasi tersebut. Walaupun sulit membedakan antara versi asli aplikasi dari versi bajakannya, ada beberapa petunjuk yang bisa membantu kamu menganalisa hal itu.

Berkat Google, aplikasi Play Store mereka telah memudahkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang asli dan sah. Kamu hanya perlu mencari tanda perisai yang menunjukkan aplikasi itu terverifikasi dan aman untuk kamu unduh.

Tanda perlindungan perisai ditempatkan pada aplikasi yang telah lulus tes dan menetapkan persyaratan yang dibutuhkan oleh platform. Google lebih lanjut menggunakan lencana choice pilihan editor untuk memastikan aplikasi yang memiliki peringkat lebih tinggi dalam hal kualitas dan fungsionalitas.

Lakukan cara di atas untuk mengubah kehidupan perangkat Android yang kamu miliki. Sebab, kamu pasti tidak ingin mengunduh aplikasi dan menyesal di kemudian hari.

Instal Antivirus Yang Terpercaya


Antivirus mungkin salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan perangkat Android kamu. Gunakan antivirus canggih yang dapat melindungi ponsel Android kamu dari serangan virus dan malware lainnya. Biasanya, masing-masing antivirus memiliki penawaran paket berbeda untuk kamu pilih, mulai dari gratis hingga yang berbayar yang semuanya memiliki fitur yang berbeda.

Gunakanlah antivirus yang setidaknya memiliki kemampuan manajemen aplikasi, optimasi perangkat dan pembersihan file. Lebih abik lagi jika kemampuan pemindaiannya merupakan fitur yang paling mendalam karena dapat menghindarkan ponsel kamu dari malware, ransomware, dan spyware.

Baca juga: Pengguna Media Sosial Terancam Bahaya Keamanan?

Jangan Tertarik Dengan Pop-up


Pernahkah kamu ketika menjelajahi internet lalu melihat beberapa pop-up yang muncul? Yah begitulah, pop-up ini mungkin menjadi alasan mengapa perangkat Android kamu tiba-tiba rusak, atau kamu mengalami kehilangan semua data tanpa alasan dan sebab.

Pop-up paling sering digunakan oleh hacker yang menginginkan sebagian informasi dari kamu yang akan memberi mereka cara untuk mencari masalah dan berurusan dengan kamu. Cari cara untuk membuang munculan pop-up semenarik apapun atau setidaknya gunakan browser yang mampu memblokir iklan pop-up agar tidak mengganggu aktivitas kamu di internet.

Menjaga, mencegah dan melindungi ponsel Android kamu dari serangan virus dan malware merupakan hal yang harus kamu lakukan. Segala tindakan yang kamu lakukan akan menentukan apakah ponsel Android kamu aman atau tidak. Semoga postingan cara jitu melindungi perangkat Android ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK