Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Sabtu, 19 Oktober 2019

Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong

Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong

Jika kamu mencoba mengakses Windows Features atau Menghidupkan atau Turn Windows Features On or Off melalui Control Panel atau dengan cara mengetik optionalfeatures.exe di kotak pencarian Start, maka kotak dialog Windows Features akan terbuka. Namun jika kotak dialog tersebut blank atau kosong, panduan ini akan membantu kamu untuk memecahkan masalahnya.

Komputer dengan sistem Windows terkadang menampilkan kesalahan yang lucu. Buka Control Panel, lalu klik pada Program & Features dan pergi ke turn Windows features on or off.

Jika dalam kondisi normal kamu akan melihat opsi untuk menghidupkan atau mematikan fitur Windows seperti Hyper-V, Internet Explorer, IIS, Media features, .NET Framework, dll. Kami yakin kamu akan terkejut jika menemukan jendela Windows Features itu menjadi blank atau kosong!

Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong

Meskipun masalah ini sangat jarang terjadi, namun kamu harus tahu tentang bagaimana cara memperbaikinya jika suatu waktu komputer kamu atau milik teman kamu pernah mengalami masalah seperti ini.

Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong

Pada kesempatan ini Fajrinfo akan memberikan panduan tentang apa yang harus dilakukan jika halaman Windows Features atau opsi Turn Windows Features On or Off pada Control Panel blank / kosong. Pada artikel ini, mari kita bahas tentang solusi yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Baca juga: Cara Simpel Mengubah Font Dan Ukuran Teks Pada Windows 10

Windows Features atau kotak Turn Windows Features On or Off pada Control Panel, memungkinkan kamu untuk mematikan atau menghidupkan beberapa fitur sistem operasi Windows. Mematikan fitur tidak menghapus instalasi fitur itu sendiri - juga tidak akan membebaskan ruang penyimpanan. Ini hanya menonaktifkan fitur.

Jendela Turn Windows Features On Or Off Blank / Putih Kosong


1] Sebelumnya, cobalah untuk memulihkan menggunakan System Restore. Jika tidak, kamu bisa juga menjalankan sfc /scannow atau System File Checker untuk mengganti file sistem Windows yang rusak.

2] Buat akun administrator baru, lalu lihat apakah dengan itu bisa menyelesaikan masalah.

3] Pastikan layanan Windows Modules Installer dalam Status Startup-nya diatur ke Automatic dan saat ini sedang berjalan. Untuk melakukannya, ketik services.msc pada kotak Run lalu tekan Enter untuk membuka Services Manager.

Kemudian cari Windows Modules Installer lalu periksa statusnya. Klik dua kali untuk mengubah Properties jika diperlukan. Windows Service ini, memungkinkan instalasi, modifikasi, dan juga penghapusan pembaruan Windows dan komponen opsional. Jika layanan ini dinonaktifkan, maka instal atau hapus penginstalan pembaruan Windows mungkin akan terjadi kegagalan.

4] Buka Command prompt dengan Run as administrator, lalu ketik perintah berikut ini dan tekan Enter:

reg delete HKLM\COMPONENTS /v StoreDirty

Akan tetapi cara ini bisa bekerja atau mungkin bisa juga tidak bekerja pada semua perangkat.

5] Jika kotak Turn Windows Features On or Off ini muncul benar-benar kosong, sangat mungkin bahwa Component Store yang berisi informasi tentang komponen Windows telah rusak - jadi lihat apakah dengan memperbaiki sistem corrupt ini dapat membantu menyelesaikan masalah.

Sementara itu, pengguna dapat memanfaatkan CheckSUR tool untuk menyelesaikan masalah ini, cara kerjanya di Windows 8 dan Windows 10 berbeda. Perbaikan Inbox Corruption Repair di Windows 8, Windows10 dan Windows Server membawa fungsionalitas CheckSUR ke Windows.

Untuk memperbaiki Component Store yang corrupt, buka Command prompt Run as administrator lalu jalankan perintah berikut, dan setelahnya restart komputer kamu:

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Jika semuanya bekerja dengan benar, maka setelah restart kamu akan dapat melihat jendela fitur Turn Windows features on or off akan terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih seperti biasanya.

Baca juga: Cara Mudah Instal Ulang Komputer Menggunakan Flashdisk

Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong

Jika semuanya masih juga tidak bisa membantu dalam mengatasi masalah kamu, mungkin kamu harus memperbaiki instalasai Windows 7 atau Refresh Windows 8 dan juga menggunakan Refresh Tool untuk Windows 10.

Semoga artikel tentang Mengatasi Masalah Turn Windows Features On Or Off Blank Atau Kosong ini bisa membantu kamu dalam memperbaiki masalah yang sedang dihadapi.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK