Cara Mengaktifkan Tab Freeze Untuk Mengurangi Penggunaan Memori Chrome - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 04 Desember 2019

Cara Mengaktifkan Tab Freeze Untuk Mengurangi Penggunaan Memori Chrome

Cara Mengaktifkan Tab Freeze Untuk Mengurangi Penggunaan Memori Chrome

Ratusan juta pengguna komputer dan smartphone menggunakan browser Google Chrome karena cepat, menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif, dan memiliki ribuan aplikasi dan ekstensi sebagai penunjangnya untuk berinternet.

Sebagian besar pengguna Chrome senang dengan browser tersebut. Namun, beberapa pengguna lain kadang mengeluh tentang penggunaan sumber daya yang berlebihan oleh Chrome. Tim yang ada di balik browser Chrome telah melakukan analisa selama beberapa tahun terakhir untuk mengurangi pemakaian memori Chrome secara keseluruhan. Terlepas dari semua tindakan ini, Chrome (seperti kebanyakan browser lainnya) menghabiskan banyak memori ketika banyak tab yang terbuka.

Ketika Chrome kamu gunakan untuk membuka puluhan tab (atau peramban internet lain), maka setiap tab menggunakan sekitar 50 MB memori sistem, dan karenanya, peramban internet memerlukan banyak memori saat puluhan tab terbuka. Setiap tab yang dibuka membutuhkan jumlah memori yang sama ketika berada di latar belakang sistem.

Meskipun sebagian besar pengguna seringkali membiarkan puluhan tab terbuka, padahal mereka tidak benar-benar menggunakan lebih dari satu tab sekaligus.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna yang suka membuka puluhan tab di Chrome, kamu akan senang mengetahui bahwa ada fitur baru yang diperkenalkan oleh Google Chrome untuk mengurangi penggunaan memori ketika kamu membuka beberapa tab tidak aktif.

Fitur pembekuan tab (tab freeze) baru di Chrome, ketika diaktifkan maka secara otomatis akan membekukan tab yang terbuka (membuka halaman web) yang tidak aktif selama 5 menit.

Ketika tab yang tidak aktif dibekukan, Chrome akan mengkonsumsi lebih sedikit memori. Fitur baru ini luar biasa karena hanya akan membekukan tab yang ada di latar belakang (tidak aktif) selama 5 menit. Dan jika kamu beralih ke tab yang dibekukan, maka laman internet akan tersedia seperti halnya tab yang sedang aktif.

CATATAN: Chrome telah memiliki fitur bawaan yang disebut dengan Tab discarding, yang secara otomatis membuang sebagian besar tab tidak aktif ketika Chrome mendeteksi bahwa memori sistem hampir habis. Namun, fitur ini berbeda dari Tab Freeze yang baru karena Tab Freeze membekukan tab bahkan ketika memori sistem masih cukup untuk bisa digunakan.

Baca juga: Virus Ransomeware Menargetkan Sekolah Dan Instansi Pemerintahan

Aktifkan Atau Nonaktifkan Tab Freeze Di Google Chrome


CATATAN: Fitur pembekuan tab (Tab Freeze) baru saat ini hanya tersedia di builder Chrome.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur pembekuan tab pada browser Google Chrome.

Langkah 1: Buka tab baru di Chrome. Ketik chrome://flags pada kolom address bar (biasanya kolom pencarian di Chrome disebut juga dengan istilah omnibox) lalu tekan tombol Enter.

Langkah 2: Gulirkan halaman ke bawah untuk melihat opsi Tab Freeze. Untuk mengaktifkan fitur Tab Freeze, pilih Enabled dari kotak di sebelahnya. Pilih Enabled Freeze – Unfreeze 10 detik setiap 15 menit opsi jika kamu memiliki laman web langsung yang ingin diperbarui.

Cara Mengaktifkan Tab Freeze Untuk Mengurangi Penggunaan Memori Chrome

Klik tombol Relaunch (Luncurkan Ulang) atau kamu dapat secara manual me-restart Chrome untuk mengaktifkan pembekuan Tab (Tab Freeze).

Baca juga: Inilah 5 Browser Android Yang Memiliki Fitur Dark Night

Demikian panduan tentang cara mengaktifkan fitur Tab Freeze pada Google Chrome yang dapat Fajrinfo berikan pada kesempatan ini. Semoga tutorial singkat dan ringan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang memerlukannya.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK