Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman - Fajrinfo

Setiap kata sandi (password) yang kamu buat haruslah kuat dan unik. Beberapa pengelola kata sandi yang baik bisa membantu kamu untuk mengatasi kesulitan mengingat kata sandi / password. Pengelola kata sandi NordPass dari rumah NordVPN, dapat menangani pekerjaan kamu dengan baik.

NordPass Menjaga Keamanan Data Pribadi Kamu


Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman

Cara paling efektif untuk melindungi diri dari bahaya ancaman dunia maya adalah dengan memiliki pengelola password yang baik dan tidak menggunakan sesuatu seperti tanggal pernikahan kamu sebagai password untuk semua akun yang kamu miliki.

Baca juga: Tahukah Kamu, Kenapa Komputer Sering Mengalami 'Not Responding'?

NordPass Password Manager telah memenuhi syarat untuk menyimpan kata sandi kamu di brankas yang aman, sehingga kamu tidak akan pernah melupakannya. Mari kita bahas topik-topik berikut ini:

1. Tampilan NordPass Password Manager
2. Bagaimana cara menggunakan NordPass Password Manager
3. Keamanan NordPass Password Manager

Aplikasi ini tersedia sebagai ekstensi browser untuk browser populer seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, Brave, dan juga Vivaldi. Kami akan membahas versi gratisnya disini.

1] Tampilan NordPass Password Manager


Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman

Setelah menambahkan ekstensi NordPass ini ke browser favorit kamu dan membukanya, kamu akan mendarat di halaman yang bisa memungkinkan kamu untuk mengatur brangkas besi milik kamu. Brangkas ini terdiri dari kategori berikut;

1. All items - memungkinkan kamu untuk menyimpan catatan, kata sandi (password), dan item lain di satu tempat.

2. Secured Notes - Satu tempat terpusat untuk mengatur semua catatan kamu.

3. Credit Cards - Bagian yang didedikasikan untuk menyimpan data sensitif seperti informasi Kartu Kredit dan Kartu Debit.

4. Shared Items - Memungkinkan kamu untuk berbagi kata sandi dengan orang lain. Saat diaktifkan, sebuah pesan akan dikirimkan ke orang tersebut dan dia akan melihat pemberitahuan. Setelah orang tersebut setuju untuk menerima kredensial yang diberikan, maka informasi tersebut akan muncul di kotak Shared Items-nya.

Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman

2] Cara Menggunakan NordPass Password Manager


Ketika kamu sudah siap untuk mengimpor data ke NordPass Password Manager, tekan tombol 'Import Items' lalu manajer akan memungkinkan kamu untuk mengimpor informasi dari browser lain dan manajer kata sandi, yang saat ini diinstal pada komputer yang kamu gunakan.

Selanjutnya, setiap kali kamu masuk ke halaman login apapun, cukup dengan memasukkan 'Master Password' maka NordPass pun akan dengan mudah mengisi secara otomatis nama pengguna dan kata sandi kamu dan kredensial lainnya. Kamu juga tidak perlu khawatir jika mengalami lupa kata sandi atau terkunci dari akun punya kamu.

Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Menyimpan Password Dengan Aman

Seperti yang kamu lihat, ada juga halaman 'Settings'. Dengan mengkliknya maka akan membawa kamu ke halaman tempat kamu dapat mengkonfigurasi secara detail terkai ‘Profil’ dan ‘Keamanan’ kamu.

Fitur menarik dari aplikasi ini adalah dapat mendukung 'Recovery code'. Jika kamu kehilangan Kata Sandi Utama, gunakan Recovery Code / Kode Pemulihan untuk mengakses brankas NordPass kamu. Pastikan untuk menyimpan Recovery Code kamu di tempat yang aman!

3] NordPass Password Manager Security


Di bagian keamanan, vault manajer encrypted XChaCha20 membuat nama pengguna dan kata sandi kamu dienkripsi dan membuatnya hanya terlihat oleh kamu saja. Otentikasi dua langkah memastikan bahwa kata sandi kamu tidak berisiko bahkan jika seseorang mendapatkan akses ke kata sandi utama tersebut. Meskipun ini hanyalah sebiah opsional, tapi sangat disarankan.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim Email Rahasia Pada Layanan Gmail

Keuntungan terbesar menggunakan kata sandi NordPass adalah jika kamu sudah menjadi pengguna NordVPN atau NordLocker, maka kamu tidak perlu membuat akun lagi untuk NordPass.

Kesimpulan


Penting bagi aplikasi pengelola kata sandi gratis untuk memberikan informasi yang jelas dan langsung tentang cara kerjanya dan informasi apapun yang dikumpulkannya. Manajer NordPass bahkan tidak mengintip data yang kamu cadangkan di servernya. Dan lagi, setiap pengelola kata sandi yang kamu instal harus mudah dan sederhana untuk digunakan. NordPass Manager memiliki arsitektur yang sangat mudah.

Versi gratis tersedia dengan fitur terbatas pada satu perangkat. Pengguna NordPass gratis tidak akan dapat berbagi item di brankas mereka dan hanya akan menikmati dukungan untuk satu perangkat saja. Kamu bisa mendapatkan ekstensi peramban untuk Edge Chrome, Opera & Firefox di situs web mereka. Untuk mulai menggunakannya, kunjungi NordPass.com dan buat akun untuk mendapatkan akses ke versi gratis mereka.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama