Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery - Fajrinfo

Sebagian besar orang berpikir ketika kinerja ponsel mereka lambat, maka mereka berasumsi bahwa kita dapat memperbaikinya dengan melakukan rooting. Namun seberanya tidak demikian. Ada banyak optimasi yang bisa dilakukan tanpa root. Bahkan setelah proses rooting, belum tentu kinerja ponsel kamu jadi cepat, sebab hal itu juga tergantung pada perangkat kerasnya. Jika ponsel kamu hanya memiliki 2GB RAM, maka kamu tidak bisa banyak berharap dari perangkat tersebut.

Samsung Galaxy J7 Pro alias Samsung Galaxy J7 edisi 2017 memiliki 3GB RAM. Jika kamu merasa RAM ponsel rendah, perlu kamu tahu bahwa beberapa ponsel produk baru saat ini datang dengan dibekali RAM 3GB juga sebagai konfigurasi pemula. Jadi, sebenarnya kamu berada di posisi yang aman. Terkait software Galaxy J7 Pro, Android Pie 9.0 dengan One UI lebih baik dalam segi desain OS Samsung sepanjang masa. Lebih baik di UI dan kinerja.

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Tapi, jika kamu ingin menggunakan Custom ROM, sebaiknya flash Stock ROM, sebab versi unofficial biasanya memiliki banyak bug dan tidak stabil. Jika kamu merupakan seorang yang suka ngoprek ponsel Android dan ingin melakukan root pada ponsel Galaxy J7 Pro ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencapai root pada ponsel kamu tersebut.

Catatan:
Baca sampai pandauan ini sampai selesai terlebih dahulu sebelum menerapkannya di ponsel Samsung Galaxy J7 Pro milikmu karena Fajrinfo tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan smartphone milik kamu yang mungkin terjadi karena kesalahan dalam menerapkannya. Do With Your Own Risk.

Mengapa Harus Root HP Samsung Galaxy J7 Pro?


Jika kamu berencana untuk melakukan root pada ponsel Galaxy J7 Pro SM-J730G, maka kamu harus memiliki alasan yang tepat. Samsung telah merilis pembaruan tambalan keamanan untuk perangkat ponsel kamu yang diperbarui ke versi terbaru.

Ponsel kamu telah menerima upgrade Android Pie 9.0 One UI. Patch keamanan sudah benar pada interval 45-90 hari. OS telah dioptimalkan untuk ponsel Samsung kamu tersebut. tapi mungkin masalahnya adalah kamu hanya memiliki 3GB RAM dan Prosesor Exynos 7870.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Ponsel Agar Kondisinya Tetap Prima

Jika kamu khawatir terkait aplikasi Bloatware (aplikasi bawaan pabrik) yang tidak bisa dihapus, RAM 3GB dapat ditangani agar menjadi lebih baik dari yang kamu ketahui. Jadi, jika kamu ingin melakukan root Galaxy J7 Pro SM-J730G, hal itu sah-sah saja, tapi saya sarankan agar jangan melakukan root jika kamu tidak memiliki pengalaman tentang hal itu.

Catatan: Baca pandauan ini sampai selesai terlebih dahulu sebelum menerapkannya di ponsel Samsung Galaxy J7 Pro milikmu karena Fajrinfo tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan smartphone milik kamu yang mungkin terjadi karena kesalahan dalam menerapkan. Do With Your Own Risk.

Cara Root Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017


Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 hadir dengan bootloader yang fleksibel (selain perangkat Verizon). Perangkat Verizon hadir dengan Bootloader yang terkunci. Hal ini berarti bahwa berbagai varian smartphone bisa dengan mudah di-root. Selain itu, perangkat ponsel bisa menerima untuk menginstal TWRP recovery atau file / aplikasi custom recovery lainnya.

TWRP recovery adalah file custom recovery yang harus diinstal pada ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G karena dengannya proses root akan sukses diterapkan.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan metode rooting Galaxy J7 Pro SM-J730G paling mudah untuk diikuti dan menginstal TWRP recovery pada Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017. Namun, alat yang diperlukan untuk me-rooting perangkat ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, kamu akan dapat dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 untuk mendapatkan akses root. Sebelum berbagi tutorial Galaxy J7 Pro SM-J730G, mungkin kamu ingin tahu bahwa dengan TWRP recovery hadir di ponsel, maka kamu dapat dengan mudah menginstal ROM atau firmware custom.

Instal / Pasang TWRP Di Samsung Galaxy J7 Pro


Pertama, kamu harus download beberapa bahan dan alat di bawah ini terlebih dahulu.

- Download Samsung USB Driver

- Download Odin Tool 3.14.1

- Download Minimal ADB Fastboot

- Download TWRP Samsung Galaxy J7 Pro

- Download Magisk v20.3.zip (direkomendasikan versi terbaru, yakni v20.3)

- Download Boot Image Patch

Catatan:
Samsung USB Driver & Minimal ADB Fastboot diinstal di komputer / laptop.
Odin Tool 3.14.1 diekstrak.
TWRP Samsung Galaxy J7 Pro perhatikan letak penyimpanannya.
Magisk_v20.3 zip & no-verity-opt-encrypt-6.0.zip disimpan di folder C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

- Pastikan untuk memakai kabel USB yang masih layak pakai dan berfungsi dengan baik

- Upayakan kondisi baterai ponsel tidak kurang dari 50%

- Cara root ini dapat menghilangkan garansi ponsel kamu

- BACKUP file penting yang ada dalam ponsel (jangan disimpan di internal memori)

Ekstrak terlebih dahulu file Odin terbaru yang tadi sudah kamu download. Kemudian instal file Samsung USB Driver. Setelah itu, copy file Magisk dan Boot Image Patch ke dalam folder sistem Minimal ADB Fastboot yang terletak di sistem C://Program Files (x86)/Minimal ADB Fastboot.

1. Aktifkan OEM Unlocking


Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking di ponsel Galaxy J7 Pro SM-J730G, kamu harus mengaktifkan mode developer options terlebih dahulu. Caranya terbilang mudah, silahkan buka Settings > About phone. Kemudian klik Nomor versi sebanyak tujuh kali berturut-turut sampai muncul pemberitahuan bahwa developer option telah aktif.

Setelah itu, kembali ke menu awal Pengatuan / Settings, lalu gulir ke bawah sampai kamu menemukan Developer options. Lalu buka menu tersebut dan cari tab OEM Unlocking dan klik aktifkan, kemudian jangan lupa untuk mencari dan mengaktifkan USB Debugging juga.

2. Masuk ke Downloading Mode


Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Langkah selanjutnya adalah kamu harus masuk ke Downloading mode. Caranya yaitu dengan mematikan ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 terlebih dahulu.

Setelah ponsel benar-benar mati, tekan dan tahan tombol Home tengah + Power + Volume bawah secara bersamaan sampai muncul tampilan downloading seperti contoh gambar di atas. Kemudian tekan tombol volume atas untuk masuk ke dalam mode downloading tersebut.

3. Flash File TWRP


Koneksikan ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu yang telah berhasil masuk ke mode downloading tadi ke komputer / laptop menggunakan kabel USB. Kemudian ekstrak file Odin yang sudah kamu download di atas lalu buka aplikasi Odin dengan cara klik kanan kemudian pilih Run Administrator.

Setelah aplikasi Odin terbuka, tunggu beberapa saat sampai Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu. Coba periksa di kolom bagian paling kiri Odin, jika terdapat tulisan Added, maka HP Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu sudah dikenali oleh komputer / laptop.

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Namun jika masih belum muncul saja, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstal dengan baik atau bahkan kamu lupa belum menginstalnya.

Jika sudah Added, klik AP dan pilih file TWRP recovery yang sudah kamu download tadi di atas.

Jangan lupa untuk menghilangkan juga ceklis pada Auto Reboot seperti gambar di bawah ini.

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Setelah itu, klik Start untuk mulai melakukan proses pemasangan file TWRP recovery ke dalam ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu.

Tunggu beberapa saat, jika semua sudah berhasil maka akan terdapat pesan PASS di aplikasi Odin dan jika gagal maka akan muncul peringatan Failed. Jika gagal, kemungkinan besar file TWRP recovery yang kamu download mengalami masalah corrupt, maka silahkan coba download lagi lalu ulangi langkah seperti di atas sekali lagi.

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

Jika proses pemasangan TWRP recovery sudah selesai, maka kamu sudah boleh mencabut kabel USB yang terkoneksi ke komputer dan masuk ke tutorial selanjutnya.

Cara Root Ponsel Samsung Galaxy J7 Pro


Setelah proses install TWRP selesai, ponsel kamu saat ini masih di Download Mode karena tadi tidak mencentang Auto Reboot di Odin.

Untuk bisa masuk ke TWRP, kamu perlu tekan dan tahan tombol volume bawah + Home + Power secara bersamaan.

Saat layar ponsel sudah hitam, dengan masih menahan tombol power dan home, segera lepaskan tombol volume ke bawah dan ganti volume ke atas hingga tampilan TWRP seperti di bawah ini muncul.

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

- Saat pertama masuk ke TWRP recovery, silahkan pilih “Swipe to Allow Modification”

- Selanjutnya Wipe memori internal dengan cara masuk ke menu Wipe lalu pilih Format Data.

- Ketik yes untuk memulai proses Wipe data ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017

(Dalam hal ini memori internal ponsel kamu akan dihapus semua. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memindahkan semua file yang disimpan di dalam memori internal ponsel)

Baca juga: Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

- Setelah proses selesai, kembali ke menu awal TWRP recovery lalu pilih menu Advanced > ADB Sideload.

- Koneksikan ponsel Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu ke komputer menggunakan kabel data

- Buka aplikasi Minimal ADB Fastboot yang sebelumnya telah kamu instal setelah mendownloadnya di atas

- Lalu ketik perintah berikut ke dalam aplikasi Minimal ADB Fastboot tersebut

Cara Root HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G Dan Instal TWRP Recovery

- Swipe to Start Sideload, lalu koneksikan Samsung Galaxy J7 Pro ke komputer

- Buka aplikasi Minimal ADB Fastboot

- Ketik perintah berikut di dalam aplikasi Minimal ADB Fastboot

adb sideload no-verity-no-encrypt-6.0.zip

Tekan Enter, lalu tunggu hingga proses pemasangan selesai. Jika benar sudah selesai, ketik lagi perintah berikut ke aplikasi Minimal ADB Fastboot.

adb sideload Magisk-v20.3.zip

Kemudian tekan Enter lagi dan tunggu sampai proses pemasangan selesai. Setelah benar selesai, kembali ke menu awal TWRP recovery lalu pilih Reboot. Tunggu hingga ponsel Galaxy Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu menyala (sekitar 15 menit) dan selamat HP Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G 2017 kamu sudah berhasil diroot.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama