Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10 Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10 - Fajrinfo

Banyak aplikasi software pemulihan data gratis yang tersedia di pasaran. Jika kamu bertanya-tanya tentang bagaimana mereka bisa memulihkan data dengan mudah, jawabannya adalah bahwa data tersebut sama sekali tidak dihapus dari sistem komputer. Saat kamu mengosongkan tempat sampah recycle bin sistem atau menggunakan tombol SHIFT + DEL untuk menghapus file atau folder, sebenarnya sistem komputer hanya menandai ruang tersebut sebagai penyimpanan yang telah kosong dan belum benar-benar terhapus. Nah kemudian, ketika masuk data yang baru lalu ditulis pada lokasi yang sama, barulah data asli yang sebelumnya akan dihapus sepenuhnya.

Aplikasi Penghapus File Yang Aman Di Windows 10


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Aplikasi ini bisa menjadi masalah bagi pengguna yang berniat untuk menghapus data rahasia mereka secara permanen. Aplikasi penghapus file ini merupakan aplikasi yang mampu menghapus data file dengan cara yang tidak bisa dipulihkan sebagai produk penghapus file yang aman. Mari kita lihat beberapa aplikasi penghapus file yang aman ini untuk Windows 10 / Windows 8 / Windows 7 berikut ini:

1. SecureDelete
2. Freeraser
3. Prevent Restore
4. Shredder8
5. File Eraser
6. PermaDelete
7. Overwrite
8. PCDiskEraser
9. File Shredder
10. Smart Disk Cleanup

Baca juga: Cara Mudah Untuk Memblokir Situs Dewasa Di Windows 10

Sebelumnya mungkin kamu sudah sangat familiar dengan aplikasi software serupa, seperti Free File Wiper, SDelete, Cipher, Microsoft Surface Data Eraser, CCleaner, DBAN, OW Shredder, dan DeleteOnClick. Sekarang mari kita lihat beberapa aplikasi lainnya sebagai penghapus file yang aman.

1] SecureDelete


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Software SecureDelete dengan aman akan menimpa file yang dihapus menggunakan algoritma Gutmann dan DOD 5220.22M, sehingga file tidak akan dapat dipulihkan kembali. Aplikasi ini juga menggunakan algoritma lain yang lebih cepat, meskipun kurang baik untuk menghapus file kamu dengan aman. Tapi prosedurnya cukup sederhana.

Gunakan opsi untuk menambahkan file atau folder pada aplikasi dan kemudian klik pada opsi untuk menghapusnya. Pilih Empty Recycle Bin pada aplikasi untuk menghapus file dan folder dengan aman.

SecureDelete juga memiliki opsi untuk menghapus file paging saat shutdown. File paging berfungsi sebagai pelengkap RAM dan beberapa ahli peretas dapat menggunakannya untuk memulihkan data yang dihapus dengan aman. Dengan demikian, SecureDelete adalah aplikasi gratis yang luar biasa untuk melindungi data kamu. Silahkan lihat lebih lanjut di situs web perusahaan tersebut.

2] Freeraser


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Freeraser menggunakan teknik "shredding" untuk menghapus data secara aman. Aplikasi ini dapat membuang ruang yang ditempati oleh data sistem kamu yang dihapus. Dengan cara ini, data menjadi tidak akan dapat dipulihkan.

Aplikasi ini memodifikasi data menjadi sesuatu yang tidak dapat dibaca kembali sebelum menghapusnya dan kemudian menyapu bersih ruang yang ditempati oleh data setelah melakukan penghapusan biasa. Dengan cara ini, alat pemulihan data sederhana tidak dapat mengambil kembali data yang telah dihapus.

Namun, prosedur ini bukan tanpa jejak. Para ahli dapat saja mengambil sebagian dari data kamu yang dihapus dengan cara memeriksa melalui file paging, meskipun hal tersebut sangat jarang terjadi. Aplikasi Freeraser ini dapat diunduh melalui situs web resminya.

3] Prevent Restore


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Prevent Restore adalah aplikasi penghapus data lain yang dapat mengosongkan ruang penyimpanan yang disesaki dengan hal tidak berguna sehingga produk software pemulihan data apapun tidak dapat digunakan untuk mengambil data yang telah terhapus.

Selain pada hard drive, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk drive USB, hard drive eksternal, memory stick, dll. Satu-satunya batasan adalah aplikasi yang gratis tidak mendukung CD dan DVD. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang aplikasi ini di situs web resmi Prevent Restore.

Baca juga: Cara Cepat Mengubah Password Komputer Windows 10

4] Shredder8


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Aplikasi ini diterbitkan oleh Apparillos pada Mei 2013. Update terbarunya telah membuat aplikasi ini 300 kali lebih cepat dan lebih efisien dari pada versi sebelumnya. Kamu dapat secara permanen menghapus konten file dan beberapa direktori secara bersamaan.

Download aplikasi Shredder8 sebagai penghapus file kamu dari Microsoft Store secara gratis. Aplikasi ini dapat membebaskan ruang dengan membersihkan folder yang bersarang dari perangkat penyimpanan apa pun yang dapat ditulis pada komputer Windows 10 kamu.

5] File Eraser


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Aplikasi File Eraser mampu menghapus file secara massal untuk pembersihan ruang disk dengan cepat. Aplikasi ini diterbitkan oleh L.C. Enterprises di awal tahun 2016. Kamu akan menemukan aplikasi FIle Eraser ini disini. Untuk menginstal apalikasi ini, dibutuhkan ruang penyimpanan kurang dari 9MB. File Eraser dapat menyaring file dan folder sesuai dengan kebutuhan kamu dan menghapus yang telah dipilih, atau bahkan semuanya.

6] PermaDelete


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Aplikasi ini dikembangkan oleh Developers Tree pada tahun 2017. PermaDelete memastikan bahwa semua file yang tidak perlu dihapus secara permanen alih-alih pergi ke Recycle Bin. Aplikasi ini akan menghapus semua file dan folder yang tidak perlu. Kamu hanya perlu memilihnya dan menekan "Delete". Download aplikasi PermaDelete gratis ini langsung dari Microsoft Store dan silahkan kamu hapus sampah yang tidak perlu.

7] Overwrite


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Seperti namanya, Overwrite adalah aplikasi yang dapat menimpa ruang yang ditempati oleh data yang dihapus melalui proses reguler sehingga tidak dapat dipulihkan melalui software pemulihan data.

Akan tetapi, tidak seperti aplikasi lain yang ada dalam daftar posting ini, aplikasi ini menggunakan baris perintah untuk mengganti spasi. Beberapa informasi tentang konfigurasi sistem mungkin diperlukan dari pihak kamu. Kompleksitas software dapat memastikan bahwa ia melakukan tugasnya dengan benar. Aplikasi Overwrite itu bisa didownload dari sini.

8] PCDiskEraser


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

PCDiskEraser adalah produk software yang gratis dan mudah digunakan. Memenuhi spesifikasi DoD 5220.22 dan merupakan produk yang sempurna bagi mereka yang berniat untuk mengembalikan komputer sewaan atau membuang aset yang dimiliki.

Tim di PCDiskEraser berusaha menargetkan pengguna korporasi yang menggunakan sistem bersama dan mereka yang berniat untuk menjual komputer mereka yang sudah lama. Aplikasi PCDiskEraser ini tersedia untuk didownload dari situs web resmi mereka disini.

9] File Shredder


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Penulis aplikasi File Shredder percaya bahwa semua orang berhak atas privasi dan software yang digunakan untuk menghapus file rahasia dan harusnya bebas biaya. Aplikasi File Shredder dapat mernghapus dokumen rahasia kamu yang dihapus dengan cara yang tidak dapat dipulihkan.

Aplikasi ini seolah mengisi ruang yang ditandai sebagai ruang kosong setelah penghapusan file dan folder biasa sehingga perangkat lunak pemulihan data sederhana tidak dapat mengambil file yang telah dihapus.

Baca juga: Cara Membuat Cadangan System Image Backup Windows 10

Sementara itu, beberapa prosedur rumit masih dapat digunakan untuk memulihkan fragmen data yang dihapus, alat ini dapat dihitung sebagai yang sangat membantu. Silakan saja baca keterangan lebih lanjut tentang aplikasi itu di situs web resmi perusahaan tersebut.

10] Smart Disk Cleanup


Aplikasi Penghapus File Yang Aman Untuk Perangkat Windows 10

Aplikasi Smart Disk Cleanup ini dapat membantu kamu untuk menyingkirkan semua file yang tidak perlu dalam beberapa klik sederhana. Proses pembersihannya pun aman dan mudah. Aplikasi itu dapat membebaskan gigabytes ruang disk kamu. Download freeware Smart Disk Cleanup ini dari Microsoft Store untuk menyingkirkan file temp, cache, cookie browser, file besar yang sudah usang, semua jenis file duplikat, dan file apa pun yang kamu pilih.

Demikian beberapa aplikasi untuk penghapus file yang aman untuk perangkat komputer Windows 10. Aplikasi manakah yang pernah kamu gunakan? Dan bagaimana kemampuannya selama kamu menggunakan aplikasi tersebut? Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama