Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel - Fajrinfo
Jika kamu mengedit beberapa lembar kerja (worksheet) di Microsoft Office Excel, mungkin cara untuk mengelompokkan (grouping) worksheet yang akan Fajrinfo bagikan ini cukup bermanfaat bagi kamu. Panduan ini memungkinkan kamu untuk membuat perubahan pada range cell yang sama di beberapa lembar kerja. Beginilah cara untuk melakukannya.

Grouping Beberapa Worksheet Di Microsoft Excel


Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Mengelompokkan lembar kerja bersama di Office Excel bisa berguna jika kamu memiliki workbook Excel dengan banyak lembar yang berisi data berbeda tapi mengikuti tata letak yang sama.

Contoh di bawah ini menunjukkan tindakan ini. Workbook Excel kami, bernama "School Data", berisi beberapa lembar kerja yang terkait dengan pengoperasian sekolah. Tiga lembar kerja memiliki daftar siswa untuk kelas yang berbeda, bernama "Class A”, “Class B” dan “Class C".

Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Jika kita mengelompokkan lembar kerja ini bersama-sama, tindakan apa pun yang kita lakukan pada lembar kerja ini akan diterapkan ke semuanya.

Misalnya, kita ingin menyisipkan rumus / formula IF di kolom G (cell G4 ke G12) pada setiap lembar kerja untuk menentukan apakah ada siswa yang lahir di tahun 1998 atau 1999. Jika kita mengelompokkan lembar kerja bersama sebelum memasukkan rumus, maka kita bisa menerapkannya pada range cell yang sama pada ketiga lembar kerja.

Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah Office Word Ketika Pertama Dibuka

Untuk mengelompokkan worksheet bersama, tekan dan tahan tombol Ctrl lalu klik setiap worksheet yang ingin kamu kelompokkan bersama di bagian bawah jendela Excel.

Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Worksheet yang dikelompokkan muncul dengan latar belakang putih, sedangkan lembar kerja yang tidak dipilih akan muncul dalam warna abu-abu.

Contoh di bawah ini menunjukkan formula IF yang kami sarankan di atas dimasukkan dalam worksheet "Class B". Berkat pengelompokan worksheet ini, formula yang sama dimasukkan dalam cell G4 ke G12 pada worksheet "Class A" dan "Class C" juga.

Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Jika kami memodifikasi lebih lanjut salah satu cell ini —seperti dengan menambahkan set formula kedua ke kolom H— maka perubahan akan diterapkan ke semua worksheet yang dikelompokkan secara bersamaan.

Grouping Semua Worksheet Di Microsoft Excel


Ketika kamu menekan dan menahan tombol Ctrl, kamu bisa memilih beberapa worksheet individual dan mengelompokkannya menjadi satu group. Namun, jika kamu memiliki workbook yang jauh lebih besar, maka cara ini tidaklah mudah.

Jika kamu ingin mengelompokkan semua worksheet di workbook Excel, kamu bisa menghemat waktu dengan cara mengklik kanan pada salah satu worksheet yang tercantum di bagian bawah jendela Excel.

Dari sini, klik "Select All Sheets" untuk mengelompokkan semua lembar kerja kamu menjadi satu.

Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Ungrouping Worksheet Di Microsoft Excel


Setelah selesai membuat perubahan pada beberapa worksheet Excel, kamu dapat memisahkannya dalam dua cara.

Baca juga: Inilah Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Windows 10X

Metode tercepat adalah dengan cara mengklik kanan worksheet yang dipilih di bagian bawah jendela Excel, dan kemudian klik "Ungroup Sheets".

Cara Mengelompokkan Lembar Kerja (Worksheet) Di Microsoft Office Excel

Kamu juga dapat memisahkan grouping sheet satu per satu. Cukup tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu pilih sheet yang ingin kamu hapus dari group. Maka tab worksheet yang kamu ungroup akan kembali ke latar belakang abu-abu.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama