Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10 Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10 - Fajrinfo

Flashdisk yang bisa di-boot (Bootable) berguna ketika kamu tidak dapat mem-boot ke mode Advanced Repair dari dalam sistem Windows atau ketika tidak dapat mengakses Windows sama sekali. Namun, seperti yang dialami oleh semua drive, flashdisk (drive USB) juga terkadang berhenti bekerja secara tiba-tiba. Mungkin kamu melihatnya sebagai hardware uncategorized yang tidak dikenal saat terhubung ke komputer. Jadi jika mengalami hal seperti itu sebaiknya untuk membuat salinan atau mengkloning USB drive bootable, terutama dengan membuat file image sehingga kamu bisa menggunakannya kembali.

Cara Menyalin Atau Mengkloning Flashdisk Bootable


Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10

Jika kamu bertanya-tanya mengapa menyalin file atau Bootable flashdisk tidak berfungsi, maka jawabannya adalah menyalin tidak akan membuat drive dapat di-boot. Ketika komputer Windows baru hidup, sistem akan mencari titik masuk yang tersedia dalam MBR atau GPT. Salinan sederhana tidak akan membuat MBR atau GPT tersebut.

Baca juga: Saat Menggunakan Laptop, Sebaiknya Baterai Dipasang Atau Dilepas?

Berikut adalah daftar software gratis yang dapat kamu gunakan untuk menyalin atau mengkloning Bootable USB Drive.

1. Image USB
2. EaseUS Todo Backup
3. CloneZilla

Software ini mungkin berbeda jika berbicara tentang fitur, tapi kemampuannya adalah membuat replika drive USB, dan dalam beberapa kasus, partisi. Selain itu, beberapa aplikasi tidak mendeteksi drive USB jika kamu mencolokkannya setelah membuka software. Jika itu masalahnya, maka mungkin kamu perlu menyegarkan atau membuka kembali software untuk mengidentifikasinya.

1] ImageUSB by PassMark Software


Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10

Yang paling kuat di fitur, alat gratis ini secara bersamaan dapat mengkloning atau menyalin ke beberapa USB flash drive. Ketika mengkloning drive USB, aplikasi itu akan menyalin pada tingkat bit sehingga jika kamu memiliki sumber 2GB dan tujuan ke 8GB, tujuan tidak akan dapat menggunakan sisa ruang.

Itulah kekurangannya, dan karenanya pihak pengembang sangat merekomendasikan untuk menggunakan kapasitas drive penyimpanan yang serupa dengan bawaannya. Kamu juga dapat memburning file ISO secara langsung ke beberapa drive sekaligus.

- Buka aplikasi, lalu kamu perlu mengkonfigurasi atau memilih dari tiga opsi

1. USB drive(s)
2. Action
3. Select an Image or select location to save the image

- Dalam kasus yang kami lakukan, pilih USB drive kamu, lalu pilih untuk membuat gambar dari drive USB, dan pilih lokasi untuk menyimpan gambar.

- Klik Create, dan itu akan menyalin atau mengkloning Drive USB Bootable ke bit paling terakhir.

Jika pada titik mana pun, kamu ingin menghapus semua konten, kamu bisa menggunakan fitur Zero atau format drive untuk mendapatkan kembali ruang penyimpanan yang hilang. Fitur Zero menulis "0" pada setiap bit drive. Berguna jika kamu tidak ingin siapa pun memulihkan data drive.

Catatan: Kamu juga dapat memburning file ISO dari CD ke USB meskipun format untuk drive CD atau DVD berbeda. Sebelumnya, ini merupakan masalah karena perbedaan dalam sistem file.

Unduh dari OSForensics. Ini adalah aplikasi yang portabel, jadi yang perlu kamu lakukan adalah mengekstrak dan mulai untuk menggunakannya.

2] EaseUS Todo Backup


Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10

Aplikasi alternatif gratis lainnya dari perusahaan profesional yang telah berinvestasi dalam mencari solusi cadangan dan pemulihan dalam waktu yang sangat lama. Todo Backup adalah aplikasi gratis yang bisa membuat image drive USB dan partisi hard drive.

Kamu bisa menggunakan image sistem untuk menghasilkan banyak salinan. Dalam hal ini drive USB yang dapat di-boot (bootable), drive ini membuat salinan yang tepat. Jadi kamu bisa menggunakannya untuk mem-boot komputer dan memecahkan masalah jika diperlukan.

- Hubungkan drive USB yang ingin kamu salin dan tiru.

- Download, instal, dan buka aplikasi. Kemudian beralih ke pilihan Clone. Kamu bisa mengidentifikasi dengan cara menemukan dua ikon file di sebelah kiri.

- Cara ini akan menampilkan daftar hard drive, drive USB yang terhubung ke sistem komputer.

- Pilih drive USB yang bisa di-boot, lalu klik tombol Next

- Tampilan layar selanjutnya memungkinkan kamu untuk memilih perangkat target. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin segera membuat salinan drive tersebut.

- Karena akan menyalin sedikit demi sedikit, USB baru juga akan menjadi drive USB yang dapat di-boot.

Bagi kamu yang berminat, silahkan download software / aplikasi EaseUS Todo Backup berikut ini.

3] Minitool Partition Free


Cara Menyalin atau Mengkloning Flashdisk Bootable pada Windows 10

Minitool Partition menawarkan versi gratis dari aplikasi buatan mereka yang dapat menyalin USB drive. Buka software, lalu temukan pilihan "Copy Disk", yang bisa digunakan untuk drive USB atau partisi pada hard drive kamu.

Baca juga: Cara Mudah Membuka File Gambar Format .RAW Di Windows 10

- Pilih USB flash bootable sebagai sumber

- Klik kanan lalu pilih salin, atau kamu dapat mengklik pada Copy Disk Wizard untuk memandu kamu dalam melalui proses

- Selanjutnya, kamu harus memilih drive target, yang akan menjadi pengkloningan atau menyalin sumber

- Di layar terakhir, kamu perlu memilih dari beberapa opsi

1. Sesuaikan partisi pada seluruh drive atau Copy Partitions tanpa mengubah ukuran

2. Tentukan ukuran partisi drive tujuan

- Ada beberapa opsi seperti menyelaraskan partisi atau menggunakan tabel GUID. Anda dapat mengabaikannya untuk kasus ini.

- Klik Terapkan untuk memulai proses kloning.

Download aplikasi Mini Tool dari Homepage situs resminya. (Cari MiniTool Partition Wizard download gratis).

Kami harap aplikasi untuk menyalin dan mengkloning flashdisk bootable ini mudah untuk digunakan, dan kamu bisa menemukan alat yang cocok untuk kamu gunakan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama