Inilah Jenis Pekerjaan Yang Menjanjikan Di Bidang Teknologi Informasi

Bidang teknologi informasi yang masih berhubungan erat dengan sistem komputer ini merupakan salah satu bagian dari informatika dan berkaitan dengan ilmu komputer lainnya. Dalam praktiknya, ilmu pengetahuan yang satu ini lebih menekankan pada sistem pemograman komputer dan juga software.

Yang menjadi dasar dari ilmu komputer ini adalah pemahaman yang komprehensif mengenai algoritma. Jika melihat hal tersebut, jelas teknologi informasi masih memiliki hubungan dengan bidang sistem informasi itu sendiri.

Tingginya permintaan akan keahlian di bidang teknologi informasi ini menjadikan angin segar bagi dunia pendidikan. Sebab hal tersebut dibarengi juga dengan tingginya minat anak muda yang ingin mendalaminya.

Pekerjaan Di Bidang Teknologi Informasi

Sampai sekarang, teknologi informasi masih menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Terutama bagi kaum adam yang biasanya menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan sistem komputer.

Peluang kerja di bidang ini pun terbuka dengan sangat luas, bahkan ke depannya masih akan terus berkembang. Berikut beberapa pilihan jenis pekerjaan yang menjanjikan untuk Anda yang ingin berkecimpung di dunia teknologi informasi.

1. Bidang Software

pekerjaan menjanjikan bidang teknologi informasi
Bidang software merupakan tempat bagi orang-orang yang tugasnya adalah merancang sistem aplikasi atau sistem operasi database. Banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan bidang software ini, beberapa di antaranya adalah seperti berikut:

Sistem analis

Sistem analis adalah orang yang bertugas melakukan analisa terhadap sistem yang akan diimplementasikan. Analisa ini mencakup beberapa hal sekaligus, mulai dari analisa tentang kelebihan dan kekurangan sistem tersebut, bahkan hingga melakukan studi kelayakan pada setiap sistem yang kelak akan dibangun.

Programmer

Seorang programer bertugas orang yang mengimplementasikan berbagai rancangan yang telah dibuat oleh sistem analis. Dalam hal ini programer akan membangun dan mengembangkan program berdasarkan dengan analisa yang sudah diselesaikan.

Web designer

Web designer memiliki tugas yang terbilang banyak dan cukup rumit, yakni melakukan beberapa pekerjaan yang berkesinambungan, beberapa di antaranya adalah menyusun perencanaan sistem, melakukan studi kelayakan, melakukan analisa, hingga membuat proyek desain pembangunan aplikasi yang berbasis web.

Web Programmer

Seorang ahli web programer bertugas untuk mengimplementasikan hasil rancangan yang telah dibuat oleh web designer. Hal ini dilakukan dengan cara membuat sebuah program yang berbasis web dengan berdasarkan rancangan desain tersebut.

2. Bidang Hardware

pekerjaan menjanjikan bidang teknologi informasi
Orang yang bekerja di bidang hardware berhubungan langsung dengan perangkat komputer itu sendiri, baik itu secara teknis maupun yang lainnya. Setidaknya terdapat dua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan bidang ini, antara lain:

Technical engineer

Technical engineer memiliki tugas untuk mengatasi berbagai masalah teknik yang terjadi pada perangkat komputer. Hal ini mencakup berbagai tugas, mulai dari proses pemeliharaan sampai berbagai tindakan perbaikan yang diperlukan.

Networking engineer

Orang yang bertugas mengurusi networking engineer harus menyelesaikan berbagai pekerjaan teknis yang terkait dengan jaringan komputer. Hal ini mencakup beberapa pekerjaan sekaligus, mulai dari kegiatan maintenance sampai mengatasi berbagai kendala troubleshooting yang terjadi.

3. Operasional Sistem Informasi

pekerjaan menjanjikan bidang teknologi informasi
Operasional sistem informasi ini terdapat beberapa bidang pekerjaan yang berbeda dan cukup menarik untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

EDP Operator

EDP Operator akan bertugas menjalankan berbagai program yang berhubungan dengan electronic data processing yang terdapat di dalam sebuah perusahaan.

System administrator

Orang yang bertugas sebagai system administrator memiliki tugas untuk melakukan kegiatan administrasi serta pemeliharaan dalam sebuah sistem. Orang dengan jabatan ini akan memiliki wewenang dalam mengelola akses ke sistem dan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan sistem operasional sistem itu sendiri.

MIS Director

MIS Director merupakan petugas yang memiliki wewenang tertinggi di dalam sebuah sistem informasi. Tugas utamanya adalah mengelola sistem tersebut secara keseluruhan, baik itu terkait dengan perangkat lunak, perangkat keras, hingga SDM yang terdapat di dalam sistem itu sendiri.

4. IT Business Development

IT Business Development Ini merupakan pekerjaan yang terkait dengan pengembangan bisnis di dalam sektor industri teknologi informasi itu sendiri. Hal ini mencakup banyak bidang, baik itu yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan hingga instansi pemerintah.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat

Setiap jenis pekerjaan di bidang teknologi informasi memang semuanya menjanjikan, sebab bidang ini akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Namun, pastikan Anda memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat yang Anda tekuni. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam meniti karir hingga sukses.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama