Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530F/FM/G/GM/Y/YM 2017

Setelah pembaruan One UI, Samsung menyadari bahwa betapa banyak orang menyukai pengalaman baru dari segi User Interface ponsel mereka. Demi mempertahankan pengguna, maka Samsung mengeluarkan pembaruan One UI tersebut pada berbagai model ponsel yang telah mereka produksi sebanyak mungkin. Samsung Galaxy J5 Pro 2017 adalah salah satu ponsel yang menerima peningkatan sistem berbasis Android Pie 9.0 ini.

Namun muncul masalah bagi pengguna yang suka mengoprek atau memodifikasi smartphonenya setelah melakukan pembaruan Android Pie pada ponsel ini, yakni proses Root Galaxy J5 Pro ini menjadi sangat rumit.

Dengan peningkatan versi Android, maka akan semakin membuat kita lebih berkerja ekstra untuk menemukan cara rooting yang tepat pada ponsel yang kita gunakan. Tapi untungnya, karena ponsel Samsung Galaxy J5 Pro ini ditenagai oleh prosesor Exynos, maka sebagian besar varian ponsel Samsung akan dapat diterapkan proses Root.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

Nah, pada postingan ini Fajrinfo akan berbagi panduan untuk kamu tentang cara root ponsel Samsung Galaxy J5 Pro menggunakan TWRP recovery. Sebab, beberapa ponsel kami juga memang sudah berhasil menggunakan metode Patched Magisk.

Jika kamu termasuk seorang pengguna biasa, saya tidak menyarankan untuk melakukan proses rooting ponsel. Sebab setelah menerapkan root, ponsel kamu tidak akan memperoleh pembaruan sistem lagi dari Samsung.

Jika khawatir tentang aplikasi Bloatware (aplikasi bawaan ponsel; biasanya tidak bisa dihapus), kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut menggunakan perintah ADB. Namun jika kamu merupakan seorang Developer atau pengguna yang biasa ngoprek / memodifikasi ponsel Android, maka kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk melakukan rooting ponsel Samsung Galaxy J5 Pro.

Perlu diketahui, bahwa kini tidak bisa menerapkan root dengan cara lama. Pada beberapa perangkat, kita harus meng-unlock bootloader terlebih dahulu. Mungkin metode ini hanya perlu satu langkah ekstra saja.

Jadi, agar tidak kebingungan, kami membagi langkah dalam penerapan rooting ini menjadi beberapa bagian. Yang pertama adalah Unlock Bootloader. Dan yang kedua adalah menginstal TWRP dan menginstal file menggunakan TWRP. Metode ini didasarkan pada TWRP recovery, sehingga peluang proses root untuk berhasil lebih tinggi.

Mengapa Harus Root Samsung Galaxy J5 Pro 2017?


Harusnya kamu punya alasan kuat untuk menerapkan rooting ponsel. Samsung telah merilis One UI Android Pie 9.0 yang telah dioptimalkan. Ponsel kamu memiliki RAM 2/3 GB dan prosesor Exynos 7870 Octa-Core yang kuat untuk menggunakan aplikasi sehari-hari tanpa Lag / Lemot.

Sehingga kamu dapat menggunakan perangkat ini tanpa mengalami hambatan dalam jangka waktu bertahun-tahun sampai Samsung mengacaukan ponsel tersebut dengan beberapa aplikasi Bloatware yang terus membengkak.

Tapi ini bukanlah alasan, sebab mungkin kamu suka menggunakan beberapa aplikasi yang memerlukan akses root, atau kamu merupakan pengguna yang sering bergonta-ganti Custom ROM. Maka dari itu tenang saja, kamu bisa melanjutkan kebiasaan kamu tersebut pada ponsel Samsung Galaxy J5 Pro ini.

Tapi jika ingin melakukan root hanya karena melihat semua orang melakukannya, saya sarankan agar kamu jangan melakukan root, apalagi jika tidak punya pengalaman atau tidak ada pendamping (teman atau saudara) yang berpengalaman. Sebab bagi pengguna biasa, mungkin root bisa jadi sebuah Mimpi Buruk pada ponselnya sendiri.

PERINGATAN: Panduan ROOT HP Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530 yang dibagikan Fajrinfo.com ini merupakan METODE yang AMAN dan MUDAH diterapkan pada ponsel Android tersebut.
Pastikan agar Anda membaca dan menerapkan panduan ROOT ini dengan perlahan dan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewat atau salah menerapkan. Karena dengan mengikuti panduan ini, berarti Anda bertanggunggjawab penuh atas resiko apapun yang terjadi.

Cara Menginstal TWRP Dan Root Samsung Galaxy J5 Pro 2017 Android Pie 9.0 Menggunakan Magisk


Model Ponsel Samsung Galaxy J5 Pro 2017; SM-J530F, SM-J530FM, SM-J530G, SM-J530GM, SM-J530Y, SM-J530Y, SM-J530YM

Pertama-tama, kita harus berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa. Dan mengapresiasi kerja keras ananjaser1211 - selaku Pengembang senior XDA dalam menemukan cara root HP Galaxy J5 Pro ini. Selain itu, kita juga harus mengapresiasi kinerja XDA Developer - topjohnwu (Orang genius ini adalah orang yang menemukan dan mengembangkan aplikasi Magisk).

Varian Samsung Galaxy J5 Pro 2017 hadir dengan bootloader yang fleksibel. Ini berarti bahwa smartphone tersebut bisa dengan mudah di-root. Selain itu, ponsel ini juga bisa diterapkan TWRP recovery atau file / aplikasi Custom Recovery lainnya.

Dalam metode di bawah ini, kita akan melakukan Root ponsel Samsung Galaxy J5 Pro menggunakan TWRP, dan kemudian kita akan menginstal Magisk serta file lainnya.

TWRP recovery adalah file Custom Recovery yang harus diinstal pada ponsel Samsung Galaxy J5 Pro kamu karena dengan file tersebut kamu dapat melakukan root dengan sukses.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan metode paling mudah untuk menginstal TWRP recovery pada ponsel Samsung Galaxy J5 Pro 2017. Jadi, tool yang diperlukan untuk me-rooting ponsel ini adalah TWRP dan Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, kamu bisa cepat dalam mem-flash Magisk versi terbaru ke ponsel Samsung Galaxy J5 Pro 2017 untuk mendapatkan akses root.

Sebelum membagikan tutorial ini, mungkin kamu ingin tahu bahwa dengan penerapan TWRP recovery di ponsel, maka kamu akan mudah dalam menginstal ROM atau Custom Firmware modifikasi lainnya. Apakah penjelasan ini dapat dipahami sobat? Baiklah, kami usahakan semuanya akan dijelaskan secara singkat dalam panduan ini.

Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan


- Periksa nomor model ponsel kamu.

- Jangan coba memasang file yang diperuntukkan pada varian ponsel lain.

- Instal Magisk Manager Terbaru.

- Pastikan baterai ponsel kamu terisi daya di atas 40%.

- Cadangkan / backup file dan data kamu - karena dalam proses ini data internal ponsel akan dihapus secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal / SDCard).

- Kamu tidak bisa menggunakan aplikasi Samsung Pay dan Folder Aman.

- Kamu tidak dapat memperbarui firmware ponsel.

- Baca panduan ini dengan lengkap dan secara perlahan sebelum melakukan proses.

Catatan: Demi memperoleh hasil yang optimal, kami sangat menyarankan kepada kamu pengguna Samsung Galaxy J5 Pro 2017 agar sebelum menerapkan Root melakukan flashing ponsel terlebih dahulu.

Persyaratan


Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM di ponsel. Untuk melakukannya; buka Settings > About phone > Ketuk pada Build Number berkali-kali hingga 7-10 kali secara konsisten untuk mengaktifkan menu “Developer Options”. Kemudian buka menu Developer Options lalu aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM.

Jangan khawatir, tidak ada proses yang rumit dalam rooting ponsel Samsung Galaxy J5 Pro 2017 ini.

- Download dan instal Samsung USB Driver di komputer yang kamu gunakan.

- Download juga perangkat lunak ODIN. Pilih ODIN versi terbaru lalu ekstrak ODIN di komputer kamu.

Berikutnya kamu memerlukan dua buah file - TWRP dan Encryption. Pilih TWRP dan Kernel berdasarkan nomor model ponsel Samsung Galaxy J5 Pro kamu.

- Download TWRP-3.3.0-j7y17lte-Pie-J530.tar lalu simpan di komputer atau laptop.

- Download no-verity-opt-encrypt.zip (pilih versi terbaru), kemudian copy ke SDCard eksternal.

- Download Magisk V20.4.zip lalu simpan di komputer.

Cara Unlock Bootloader


Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM di ponsel kamu. Untuk melakukannya; buka Settings > About phone > Ketuk pada Build Number berkali-kali hingga 7-10 kali secara konsisten untuk mengaktifkan menu “Developer Options”. Kemudian buka menu Developer Options lalu aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM.

Catatan: Jika pilihan Unlock OEM / Buka Kunci OEM tidak muncul pada menu Developer Options (Pilihan Pengembang) Samsung Galaxy J5 Pro 2017, usahakan agar ponsel kamu terkoneksi internet dengan kecepatan stabil agar pilihan Unlock OEM tersebut muncul.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Matikan ponsel. Masuk ke Download Mode dengan cara tekan kombinasi tombol Volume Turun + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan, ketika muncul peringatan Download Mode, tekan tombol Volume Naik untuk meng-Unlock Bootloader. Lalu hubungkan ponsel kamu ke komputer menggunakan Kabel data USB.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Proses di atas terkadang akan menghapus Data Pengguna. Setelah mengatur ponsel, silahkan periksa kembali Unlock OEM pada Settings. Sebab terkadang OEM Locked / terkunci lagi. Jika terkunci lagi, silahkan untuk meng-unlock OEM kembali.

Flash TWRP Menggunakan ODIN


Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Matikan Ponsel Samsung Galaxy J5 Pro kamu. Masuk ke Download mode dengan cara tekan tombol Volume Turun + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan, lalu hubungkan ponsel ke komputer menggunakan Kabel data USB.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Setelah masuk ke Download Mode, ponsel akan memberikan peringatan. Silahkan tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan.

- Buka aplikasi ODIN yang tadi telah kamu download dan ekstrak di komputer.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Jika ponsel kamu terdeteksi oleh komputer, maka pada aplikasi ODIN akan menampilkan pesan seperti contoh gambar di atas >>> 0:[COM3] <<<.

- Jika tidak ada tanda atau tidak mucul pesan seperti itu, silahkan ulangi langkah-langkah di atas. Pastikan tidak ada yang terlewatkan.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Setelah berhasil mendapatkan pesan 0:[COM3] dan Added, lalu pilih tombol AP / PDA, kemudian cari file TWRP-3.3.0-j7y17lte-Pie-J530.tar yang telah kamu download tadi. Jangan lupa untuk menghapus ceklis pada Auto Reboot di menu Options Odin.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Tekan Start, tunggu sampai proses selesai. Setelah selesai, tekan kombinasi tombol Volume Turun + Volume Naik + Tombol Power secara bersamaan untuk keluar dari Download mode. Ketika layar mati, segeralah menekan tombol Volume Turun + Tombol Home + Tombol Power agar ponsel boot ke TWRP Recovery mode.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Setelah masuk ke TWRP recovery mode, Buka Wipe > Wipe Data > ketik Yes untuk menghapus data internal. Hal ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori ponsel kamu. Setelah itu, kembali ke menu utama TWRP, pilih Advanced > Reboot > Recovery.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

Instal Magisk Di Galaxy J5 Pro 2017 Menggunakan TWRP


Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Jika ponsel tidak reboot ke TWRP Recovery, maka bisa kamu menggunakan kunci fisik untuk boot ke recovery mode. Caranya yaitu dengan menekan tombol Volume Turun + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.

- Maka sekarang kamu akan booting ke TWRP Recovery Mode.

- Pilih menu Wipe > Advanced Wipe > Pilih Cache Data.

Cara Root HP Samsung Galaxy J5 Pro

- Kembali ke menu utama TWRP recovery, lalu pilih Install.

- Pilih file no-verity-opt-encrypt.zip yang tersimpan di ponsel.

- Setelah instalasi selesai, lakukan hal yang sama juga untuk menginstal file Magisk-V20.4.zip, lalu Reboot ponsel.

- Jika kamu tidak menemukan aplikasi Magisk setelah reboot, kamu dapat menginstal Magisk Manager.apk di ponsel.

Catatan:
File Encryption disabler digunakan untuk menghindari masalah Enkripsi setelah melakukan rooting. Kamu dapat memeriksa status root ponsel dengan menggunakan Root Checker.

Apabila dalam langkah yang seharusnya masuk ke TWRP recovery tapi ponsel kamu masuk ke mode Android normal, jangan panik, setelah proses booting tampilan normal, maka terapkan kembali metode pemasangan TWRP recovery menggunakan ODIN yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan


Menurut pendapat saya, kamu tidak perlu me-rooting Samsung Galaxy J5 Pro 2017 jika berpikir bahwa kamu bisa meningkatkan kinerja ponsel dengan cara root. Sebab dengan ponsel yang bermodalkan prosesor Exynos 7870 Octa-Core dan 2/3 GB RAM, ponsel Samsung Galaxy J5 Pro 2017 kamu bisa bekerja dengan baik.

Jika kamu me-root ponsel karena masalah daya baterai cepat habis, maka tanpa melakukan rooting juga ponsel kamu dapat mengoptimalkan pemakaian baterai. Ketika aplikasi Bloatware adalah masalahnya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi Bloatware menggunakan perintah adb.

Sumber: (1), (2), (3)

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama