Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10 Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10 - Fajrinfo
Windows 10X adalah OS baru yang akan mengubah cara kita dalam menggunakan perangkat. Ini bukan hanya tentang layar ganda, tapi tentang bagaimana aplikasi dapat memanfaatkan ketika mereka menjangkau lebih dari beberapa layar. Kami mengasumsikan skenario multi-monitor dimana kita dapat melintasi aplikasi melalui dua layar dan menggunakannya dengan lebih baik.

Meskipun akan membutuhkan waktu untuk hal itu, tapi jika kamu suka, maka disini adalah tentang bagaimana merasakannya. Dalam posting kali ini, kami akan membagikan panduan tentang bagaimana kamu dapat menginstal Emulator Windows 10X di komputer atau laptop Windows 10.

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Windows 10


Setelah melalui persyaratan minimum hardware Windows 10X, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstalnya. Saya akan merekomendasikan menggunakannya pada komputer yang tidak digunakan untuk pekerjaan utama, sebab kamu akan menguji preview software pada OS yang masih dalam tahap preview.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Video Editor Bawaan Di Windows 10

1. Memilih Windows 10 Insider Build
2. Menyalakan Hyper-V
3. Instal Microsoft Emulator dan Windows 10X Emulator image
4. Luncurkan Windows 10X Emulator
5. Baca Catatan Pengembang oleh Microsoft untuk Emulator Windows 10X

Meskipun kita telah membicarakannya sebelumnya, tapi inilah alasan utama mengapa AMD masih belum didukung. Emulator Windows 10X membutuhkan Nested virtualization, yang tidak mendukung AMD seperti sekarang. Kita akan menginstal emulator (Windows 10X Emulator) di dalam emulator lain (Hyper-V), yang membutuhkan Nested virtualization.

1] Memilih Windows 10 Insider Build


Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Jika komputer yang kamu gunakan tidak menggunakan build Windows 10 Insider, maka kamu harus menggunakannya terlebih dahulu untuk dapat mengikuti langkah-langkah dalam menginstal Emulator Windows 10X ini.

- Buka menu Settings lalu arahkan ke Update & Security > Windows Insider Program

- Klik tombol Get started

- Pertama kali kamu akan diminta untuk menautkan akun. Kamu bisa memilih akun yang telah ada di komputer atau menambah akun yang baru

- Selanjutnya, kamu harus memilih channel untuk pembaruan. Dalam hal ini kamu harus berlangganan Fast Ring.

- Langkah ini akan mem-boot ulang komputer, dan mengkonfigurasi pembaruan Windows sedemikian rupa sehingga pembaruan Fast Ring dapat didownload ke komputer.

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Kami telah menulis panduan lengkap tentang bagaimana kamu dapat bergabung dengan Windows 10 Insider di Windows 10, pastikan untuk mengikuti panduan tersebut. Setelah unduhan selesai, periksa apakah benar kamu telah memiliki file Windows 10 build 19500 atau yang lebih tinggi.

2] Nyalakan Hyper-V


Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Langkah selanjutnya adalah menginstal atau mengaktifkan Hyper-V di Windows 10.

Buka Programs and Features > klik pada Turn Windows Features on or off > Pilih Hyper-V. Klik OK untuk menginstal pembaruan. Perlu diperhatikan, bahwa pilihan tersebut tidak akan muncul jika komputer yang kamu miliki menggunakan selain versi Windows 10 Enterprise, Professional atau Education.

3] Instal Microsoft Emulator Dan Windows 10X Emulator


Langkah selanjutnya adalah mengunduh Microsoft Emulator yang tersedia di Windows Store. Emulator ini berjalan dengan emulator Hyper-V yang telah kita instal pada langkah sebelumnya. Setelah itu, selanjutnya kamu harus mengunduh file image yang akan dimuat ke dalam Microsoft Emulator.

Download Microsoft Emulator disini. | Download Windows 10X Emulator Image disini.

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Microsoft Emulator berukuran sekitar 27 MB, sedangkan file image Windows 10X sekitar 8GB. Microsoft Emulator muncul di bagian Settings > Apps. Karena kamu bisa menginstal banyak file image, maka volume akan terus bertambah.

Untuk menghapus salah satu image di dalam emulator, klik pada daftar, lalu klik tautan Advanced options. Maka kemudian akan memunculkan daftar add-on Aplikasi dan konten yang dapat diunduh. Kamu bisa menghapus image dari sini untuk memulihkan ruang penyimpanan.

4] Luncurkan Windows 10X Emulator


Emulator Windows 10X dilengkapi dengan Emulator Manager. Fitur ini tersedia di menu Start di bawah entri Microsoft Emulator. Ini adalah alat pengembang yang mencantumkan semua Emulator Microsoft yang telah diinstal pada komputer. Kamu dapat melihat status dan memulai emulator secara independen dari Visual Studio. Kamu juga dapat memulai Emulator Manager dari entri Microsoft Emulator di menu Start.

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

Emulator manager memungkinkan kamu untuk mengedit konfigurasi image. Kamu bisa mengubah lokasi VHD, SKU, Skin, mengkonfigurasi memori, membuat atau menggunakan pos pemeriksaan, dan banyak lagi.

Kamu juga mempunyai tombol yang mengizinkan kamu untuk meluncurkan emulator dengan Visual Studio Integration. Jika akhirnya kamu siap untuk mengembangkan dan meningkatkan aplikasi, silahkan pilih ini.

Cara Instal Emulator Windows 10X Di Laptop Windows 10

5] Baca Catatan Pengembang Oleh Microsoft


Microsoft telah membagikan daftar masalah atau mengetahui masalah yang harus diketahui oleh para pengembang.

- Jika emulator freeze di layar splash Hyper-V, kamu harus menonaktifkan GPU virtualization. Fitur ini tersedia pada aplikasi emulator manager tempat kamu dapat mengedit image yang telah diinstal.

- Emulator tidak dapat mem-boot image yang dipindahkan dari drive sistem.

- Emulator tidak selalu melanjutkan setelah image sleep. Kamu harus me-restart jika mengalami layar hitam setelah sleep.

Baca juga: On-Screen Keyboard Muncul Otomatis Setiap Menghidupkan Komputer

- Fitur dan Diagnostics network port hanya tersedia untuk pengembangan & validasi OS. Mereka akan dihapus atau dinonaktifkan di pembaruan yang akan datang.

- Image tidak menawarkan pemilihan bahasa / wilayah, login akun, dll. Beberapa hal seperti bagian terbaru, pengalaman Lock mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

- Emulator image akan diperbarui melalui Microsoft Store. Aplikasi dapat dihapus, ditambahkan, dan sebagainya. Microsoft hanya akan memuat versi browser Edge berbasis Chromium di masa yang akan datang.

Terdapat lebih banyak catatan pengembang lainnya, jadi silakan periksa catatan rilis lengkap.

Kami harap panduan tentang cara instal Emulator Windows 10X ini dapat dengan mudah dimengerti, dan kamu bisa menginstal Emulator Windows 10X pada komputer atau laptop Windows 10. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama