Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Perbedaanya? - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Kamis, 03 Oktober 2019

Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Perbedaanya?

Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Perbedaanya?

Windows 10X adalah edisi baru Windows 10 yang dirancang untuk perangkat dual-screen (dua layar / layar ganda) seperti Surface Neo dari Microsoft yang akan tersedia untuk musim liburan 2020 tahun depan. Windows 10X ini menawarkan antarmuka yang disesuaikan untuk perangkat dual-screen.

Windows 10X Adalah Windows


Pada acara Surface-nya, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10X "mendukung luasnya aplikasi Windows", yang berarti semua aplikasi desktop Windows tradisional akan berfungsi sama seperti pada Windows 10 Home ataupun Professional.

Windows 10X ini bukan sistem operasi yang sepenuhnya baru — sepertinya ini hanya versi Windows 10 yang disesuaikan dengan antarmuka yang dirancang untuk perangkat Surface buatan Microsoft ini.

Dioptimalkan Untuk Perangkat Layar Ganda


Windows 10X memiliki antarmuka yang "dirancang dan dioptimalkan untuk perangkat layar ganda seperti Surface Neo", menurut Microsoft.

Baca juga: Cara Mengirim Email Rahasia Menggunakan Gmail

Surface Neo adalah perangkat layar ganda dengan engsel — seperti laptop, akan tetapi jika bagian keyboard digantikan oleh layar. Atau, rasanya seperti dua perangkat tablet yang terhubung satu sama lain dengan engsel tersebut. Jika kamu ingat dengan konsep perangkat Courier yang project-nya dibatalkan oleh Microsoft, maka perangkat Surface sangat mirip dengan itu.

Tidak Ada Lagi Live Tile


Bagian dari pengoptimalan sistem operasi untuk perangkat layar ganda ini sepertinya adalah dengan melakukan penghapusan pada fitur Live Tile. Ada menu Start baru dengan aplikasi berbasis ikon dan peluncur situs web yang disederhanakan. Tampaknya ini adalah menu Start yang bocor sejak awal tahun ini.

Pengoptimalan Antarmuka Layar Ganda


Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Perbedaanya?

Ketika membuka aplikasi, maka akan diluncurkan pada satu sisi perangkat. Ini sedikit seperti fitur Snap Windows 10 — aplikasi akan terbuka di satu layar (atau satu sisi perangkat) dari pada di kedua layar. Kamu bisa menyeret jendela aplikasi ke tepi tengah layar dan melepaskannya untuk 'merentangkan' aplikasi tersebut di kedua layar.

Microsoft mengatakan bahwa fitur ini tidak hanya memperluas aplikasi di kedua layar - namun juga 'mengoptimalkan' antarmuka aplikasi, sehingga aplikasi dapat secara cerdas memanfaatkan kedua layar.

Microsoft juga memamerkan fitur Windows 'recognizing the keyboard', yakini fitur mengenali keyboard yang ditempatkan pada satu sisi layar dan menampilkan 'Wunderbar', semacam versi super-touch dari MacBook touchbar Apple yang menawarkan tombol, trackpad, dan bahkan sebagian besar layar.

Baca juga: Cara Membuat Tema Browser Google Chrome Sesuai Keinginan

Microsoft mengatakan hal ini adalah sesuatu yang 'Baru' dilakukan, tapi kemungkinan itu adalah bagian dari Windows 10X dan salah satu dari banyak fitur antarmuka baru yang ditambahkan untuk perangkat ini.

Windows 10X dan perangkat layar ganda masih belum aktif. Microsoft mengumumkan Windows 10X ini setahun sebelum perilisan Surface Neo, sehingga para pengembang akan punya waktu untuk mencobanya dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk perangkat lunak baru.

Microsoft menerbitkan posting blog yang memperkenalkan Windows 10X, akan tetapi tidak membagikan banyak detail secara teknis. Kami akan memperbarui artikel ini ketika kami belajar lebih banyak tentang Windows 10X.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK