Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Kamu Yang Rusak Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Kamu Yang Rusak - Fajrinfo
MicroSD Card adalah fitur tambahan yang bagus untuk smartphone (khususnya ponsel Android) dengan penyimpanan yang tidak mencukupi. Penggunaan kartu memori eksternal akan memberi smartphone kamu ruang penyimpanan tambahan, sehingga kamu dapat menyimpan lebih banyak foto atau video serta dokumen lainnya.

Ruang penyimpanan ekstra juga bisa digunakan untuk mendownload game dan aplikasi lain di smartphone Android kamu. Harga untuk membeli kartu microSD dapat berkisar dari yang murah hingga yang mahal, bergantung pada kapasitas penyimpanan yang tersedia.

Jadi, dapat dimengerti jika kamu mengalami masalah error atau ketika kartu microSD tidak berfungsi dan tidak terdeteksi saat dimasukkan ke dalam ponsel. Maka terdapat beberapa alasan mengapa masalah memori MicroSD Card akan terjadi error. Berikut adalah beberapa masalah paling umum terkait dengan masalah kartu mempri microSD pada smartphone kamu dan cara memperbaikinya.

Kartu MicroSD Rusak


Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Kamu Yang Rusak

Saat menangani masalah pada smartphone, penting kiranya untuk memulai dengan masalah yang sudah jelas terlebih dahulu. Kartu memori MicroSD yang rusak mungkin menjadi alasan mengapa kartu memori eksternak tersebut tidak dapat berfungsi di smartphone kamu. Terkadang sirkuit tembaga pada perangkat elektronik MicroSD itu rusak ketika terkena faktor-faktor seperti panas atau air. Jadi carilah tanda-tanda kerusakan fisik ketika kartu memori tidak berfungsi.

Satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menguji apakah kartu microSD rusak atau tidak adalah dengan cara memasukkannya ke perangkat ponsel lain. Jika di smartphone lain juga MicroSD masih tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar kartu microSD kamu rusak. Kamu bisa menggantinya dengan yang lain atau beli yang baru.


Salah Format


Cara memformat MicroSD yang benar (atau tidak benar) adalah alasan umum lain mengapa kartu MicroSD tidak berfungsi di smartphone. Jika kamu yakin kartu memorinya tidak rusak, tapi masih tidak dapat dibaca oleh ponsel Android milikmu, mungkin kamu bisa memformatnya ulang. Ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan format pada kartu microSD kamu:

- Download dan instal MicroSD Card Formatter di komputer.

- Buka program tersebut lalu pilih drive MicroSD Card kamu setelah dikoneksikan dengan komputer.

- Di kotak bagian Size, pilih angka yang diindikasikan sebagai ukuran maksimal.

- Lalu klik Start. Tunggu hingga proses formatting selesai, jangan melepaskan kartu MicroSD dari komputer sebelum selesai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas akan membantu untuk memperbaiki masalah formatting pada kartu MicroSD kamu yang menyebabkan masalah error kartu MicroSD.

Factory Reset (Untuk HP Android)


Masalah software apapun yang terjadi pada smartphone Android juga dapat mempengaruhi kinerja kartu MicroSD. Ketika melakukan factory reset (kembali ke setelan pabrik), hal ini akan membantu kamu untuk memperbaiki masalah pada software tersebut.

Untuk melakukan factory reset, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

- Buka Pengaturan pada ponsel, lalu pilih Cadangkan dan Reset.

- Dari sana, silahkan pilih Reset Pabrik.

- Jika kamu melakukan langkah ini, kamu harus mengingat password akun Google atau Samsung kamu jika terdapat konfirmasi untuk Reset Pengaturan Pabrik. Ini juga termasuk cara terbaik untuk melakukan pencadangan (backup) semua file yang tersimpan di smartphone milikmu. Kamu akan kehilangan semua file tersebut saat menjalankan Factory Reset ini.

Kartu Memori MicroSD Rusak


Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Kamu Yang Rusak

Kartu microSD yang rusak sudah biasa terjadi. Kerusakan adalah alasan umum mengapa smartphone kamu mungkin mengalami kesulitan membaca data dala kartu MicroSD. Ada beberapa langkah yang dapat kamu terapkan untuk memperbaiki masalah kartu MicroSD ini, dan penjelasannya ada di bawah ini:

Langkah 1:

- Buka Computer / This PC lalu pilih System Properties.

- Buka Device Manager pada taskbar komputer. Pilih USB Controller lalu ketuk tombol +. Ini akan menunjukkan tanda seru berwarna kuning. Klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih Update Driver Software. Kemudian klik opsi Automatically Search for Driver Software Online.

- Tunggu sampai driver selesai menginstal. Setelah itu, restart komputer kamu. Coba sambungkan kembali kartu MicroSD kamu barangkali sudah berfungsi.

Langkah 2:

- Dari tombol Start, pilih Control Panel.

- Buka Administrative Tools lalu pilih Computer Management.

- Maka sebuah jendela akan terbuka. Dari sana, buka Disk Management lalu pilih MicroSD Card dari drive viewer.

- Pilih Format lalu secara otomatis akan memformat ulang Kartu MicroSD kamu.

Langkah 3:

- Klik tombol Windows + X pada keyboard, maka kamu akan disuguhi banyak menu pintasan pengguna.

- Dari sana, buka Command Prompt (Admin) / Windows Powershell (Admin). Pilih tombol Yes lalu kamu akan diminta izin untuk meluncurkan Command prompt atau Windows Powershell sebagai administrator.

- Setelah jendela Command prompt dihidupkan, ketik perintah berikut ini: chkdsk E: /f /r /x (Catatan: Ganti E dengan drive huruf Kartu MicroSD).

Perbaiki Dan Bersihkan Koneksi


Kartu MicroSD yang penuh debu dan serpihan kotoran juga bisa terjadi error. Pastikan bahwa ini bukanlah yang menyebabkan masalah pada Kartu MicroSD ketika kamu memasukkannya di smartphone. Keluarkan kartu MicroSD dari slotnya dan kemudian bersihkan kotoran atau debu yang ada khusunya di bagian lempengan tembaganya.

Pastikan kartu memori eksternal tersebut tidak sedikitpun tertekuk, apalagi retak dan patah. Periksa apakah kartu diletakkan dengan benar agar sesuai dengan baki kartu SIM. Ini merupakan ide bagus untuk melakukannya secara teratur. Sebab akan membantu menghilangkan masalah yang mungkin terkait dengan kartu memori MicroSD yang rusak.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama