Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Anda Yang Rusak

MicroSD Card adalah fitur tambahan yang bagus untuk smartphone (khususnya ponsel Android) dengan penyimpanan yang tidak mencukupi. Penggunaan kartu memori eksternal akan memberi smartphone Anda ruang penyimpanan tambahan, sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak foto atau video serta dokumen lainnya.

Ruang penyimpanan ekstra juga bisa digunakan untuk mendownload game dan aplikasi lain di smartphone Android Anda. Harga untuk membeli kartu microSD dapat berkisar dari yang murah hingga yang mahal, bergantung pada kapasitas penyimpanan yang tersedia.

Jadi, dapat dimengerti jika Anda mengalami masalah error atau ketika kartu microSD tidak berfungsi dan tidak terdeteksi saat dimasukkan ke dalam ponsel. Maka terdapat beberapa alasan mengapa masalah memori MicroSD Card akan terjadi error. Berikut adalah beberapa masalah paling umum terkait dengan masalah kartu mempri microSD pada smartphone Anda dan cara memperbaikinya.

Kartu MicroSD Rusak

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Anda Yang Rusak

Saat menangani masalah pada smartphone, penting kiranya untuk memulai dengan masalah yang sudah jelas terlebih dahulu. Kartu memori MicroSD yang rusak mungkin menjadi alasan mengapa kartu memori eksternak tersebut tidak dapat berfungsi di smartphone Anda. Terkadang sirkuit tembaga pada perangkat elektronik MicroSD itu rusak ketika terkena faktor-faktor seperti panas atau air. Jadi carilah tanda-tanda kerusakan fisik ketika kartu memori tidak berfungsi.

Satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menguji apakah kartu microSD rusak atau tidak adalah dengan cara memasukkannya ke perangkat ponsel lain. Jika di smartphone lain juga MicroSD masih tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar kartu microSD Anda rusak. Anda bisa menggantinya dengan yang lain atau beli yang baru.

Salah Format

Cara memformat MicroSD yang benar (atau tidak benar) adalah alasan umum lain mengapa kartu MicroSD tidak berfungsi di smartphone. Jika Anda yakin kartu memorinya tidak rusak, tapi masih tidak dapat dibaca oleh ponsel Android milikmu, mungkin Anda bisa memformatnya ulang. Ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan format pada kartu microSD Anda:

- Download dan instal MicroSD Card Formatter di komputer.

- Buka program tersebut lalu pilih drive MicroSD Card Anda setelah dikoneksikan dengan komputer.

- Di kotak bagian Size, pilih angka yang diindikasikan sebagai ukuran maksimal.

- Lalu klik Start. Tunggu hingga proses formatting selesai, jangan melepaskan kartu MicroSD dari komputer sebelum selesai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas akan membantu untuk memperbaiki masalah formatting pada kartu MicroSD Anda yang menyebabkan masalah error kartu MicroSD.

Factory Reset (Untuk HP Android)

Masalah software apapun yang terjadi pada smartphone Android juga dapat mempengaruhi kinerja kartu MicroSD. Ketika melakukan factory reset (kembali ke setelan pabrik), hal ini akan membantu Anda untuk memperbaiki masalah pada software tersebut.

Untuk melakukan factory reset, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

- Buka Pengaturan pada ponsel, lalu pilih Cadangkan dan Reset.

- Dari sana, silahkan pilih Reset Pabrik.

- Jika Anda melakukan langkah ini, Anda harus mengingat password akun Google atau Samsung Anda jika terdapat konfirmasi untuk Reset Pengaturan Pabrik. Ini juga termasuk cara terbaik untuk melakukan pencadangan (backup) semua file yang tersimpan di smartphone milikmu. Anda akan kehilangan semua file tersebut saat menjalankan Factory Reset ini.

Kartu Memori MicroSD Rusak

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Smartphone Anda Yang Rusak

Kartu microSD yang rusak sudah biasa terjadi. Kerusakan adalah alasan umum mengapa smartphone Anda mungkin mengalami kesulitan membaca data dala kartu MicroSD. Ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk memperbaiki masalah kartu MicroSD ini, dan penjelasannya ada di bawah ini:

Langkah 1:

- Buka Computer / This PC lalu pilih System Properties.

- Buka Device Manager pada taskbar komputer. Pilih USB Controller lalu ketuk tombol +. Ini akan menunjukkan tanda seru berwarna kuning. Klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih Update Driver Software. Kemudian klik opsi Automatically Search for Driver Software Online.

- Tunggu sampai driver selesai menginstal. Setelah itu, restart komputer Anda. Coba sambungkan kembali kartu MicroSD Anda barangkali sudah berfungsi.

Langkah 2:

- Dari tombol Start, pilih Control Panel.

- Buka Administrative Tools lalu pilih Computer Management.

- Maka sebuah jendela akan terbuka. Dari sana, buka Disk Management lalu pilih MicroSD Card dari drive viewer.

- Pilih Format lalu secara otomatis akan memformat ulang Kartu MicroSD Anda.

Langkah 3:

- Klik tombol Windows + X pada keyboard, maka Anda akan disuguhi banyak menu pintasan pengguna.

- Dari sana, buka Command Prompt (Admin) / Windows Powershell (Admin). Pilih tombol Yes lalu Anda akan diminta izin untuk meluncurkan Command prompt atau Windows Powershell sebagai administrator.

- Setelah jendela Command prompt dihidupkan, ketik perintah berikut ini: chkdsk E: /f /r /x (Catatan: Ganti E dengan drive huruf Kartu MicroSD).

Perbaiki Dan Bersihkan Koneksi

Kartu MicroSD yang penuh debu dan serpihan kotoran juga bisa terjadi error. Pastikan bahwa ini bukanlah yang menyebabkan masalah pada Kartu MicroSD ketika Anda memasukkannya di smartphone. Keluarkan kartu MicroSD dari slotnya dan kemudian bersihkan kotoran atau debu yang ada khusunya di bagian lempengan tembaganya.

Pastikan kartu memori eksternal tersebut tidak sedikitpun tertekuk, apalagi retak dan patah. Periksa apakah kartu diletakkan dengan benar agar sesuai dengan baki kartu SIM. Ini merupakan ide bagus untuk melakukannya secara teratur. Sebab akan membantu menghilangkan masalah yang mungkin terkait dengan kartu memori MicroSD yang rusak.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama