Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40 Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40 - Fajrinfo
Samsung Galaxy M40 hadir dengan firmware Android Pie 9.0 tampilan One UI. Jadi, ponsel ini tersemat fitur Palm Swipe Gesture Screenshot yang mudah. Jika kamu sudah tahu, tombol kombinasi dapat juga melakukan Screenshot.

Kamu dapat menemukan semua hasil Screenshot di folder Tangkapan Layar. Tidak seperti beberapa perangkat lainnya, setelah mengambil Screenshot, gambar kamu tidak akan berada di Notification Bar. Kamu malah harus mengkonfigurasinya terlebih dahulu di Galeri. Jika ingin fitur Notifikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi Pihak Ketiga dari daftar aplikasi di bawah ini.

Pada ponsel Google Pixel, kamu bisa mengambil screenshot dengan menggunakan Tombol Power; Setelah proses, maka gambar akan berada di Notification Bar. Pada ponsel One Plus, kamu bisa melakukan screenshot dengan cara menggesekkan tiga jari.

Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

Ponsel ini dilengkapi dengan tampilan sistem One UI Android Pie 9.0. Jadi kamu dapat mengambil screenshot menggunakan metode Palm Swipe.

Baca juga: Cara Mudah Periksa Prosesor HP Android (ARM, ARM64, x86 atau x64)

Dalam postingan ini, kami juga menambahkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat mempermudah melakukan proses screenshot ini. Jika kamu merupakan pengguna biasa, Palm Swipe dan metode kombinasi tombol sudah cukup, dan kamu tidak perlu menginstal aplikasi baru lagi.

Versi Pendukung

- Samsung Galaxy SM-M405 Semua Varian

Ambil Screenshot Di Samsung Galaxy M40


Metode 1: Menggunakan kombinasi Tombol Fisik


Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

Kamu dapat menggunakan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy M40. Gunakan tangan kiri kamu untuk menahan tombol Volume turun dari belakang ponsel, lalu tangan kanan dan jari ke tombol Power. Jika kamu menahan dari belakang, maka dapat dengan cepat menekan tombol kombinasi tersebut.

Kamu bisa menemukan gambar-gambar yang telah dijepret dengan cara screenshot di Galeri Folder Tangkapan Layar HP Samsung Galaxy M40.

Metode 2: Menggunakan Palm Swipe


Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

Untuk seri ponsel Samsung Galaxy A, terdapat fitur yang lebih unik seperti gerakan menggesek telapak tangan. Untuk mengakses fitur ini, buka Pengaturan > Fitur Lanjutan > Palm Swipe untuk Tangkapan > Aktifkan. Setelah mengaktifkan fitur Palm Swipe ini, geser telapak tangan kamu dari kiri ke kanan di atas sensor untuk mengambil tangkapan layar.

Metode 3: Menggunakan Aplikasi Lain


Aplikasi Screenshot Easy

Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

- Download aplikasi Screenshot Easy langsung dari Play Store.

- Bukan hanya Screenshot, kamu bisa melakukan banyak hal seperti Perekam Layar, Pengambilan Halaman Seluruh Situs Web, dan juga Pengambilan gambar yang discroll.

- Setelah menginstal aplikasi ini, kamu bisa melihat aplikasi ini berada di Notification Bar. Jika kamu mengetuk Capture / Tangkap, maka akan menangkap tampilan layar saat itu di Ponsel Android kamu.
Aplikasi Screenshot Touch

Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

- Download aplikasi Screenshot Touch langsung dari Play Store.

- Aplikasi ini mirip dengan aplikasi tadi di atas. Namun dalam penggunaannya, aplikasi tersebut terasa mudah digunakan, karena adanya menu Touch Assistive. Ketika menekan Logonya, maka akan muncul dengan pilihan untuk menangkap.

Aplikasi Touch Master

Cara Mengambil Gambar Screenshot Di HP Samsung Galaxy M40

- Download aplikasi TouchMaster (Assistive Touch) dari Play Store.

- Ada banyak Touch Assistant yang tersedia, tapi biasanya dimuat dengan beberapa fitur yang tidak diinginkan. Aplikasi ini dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan lebih sedikit penyimpanan.

Kesimpulan


Jika kamu adalah pengguna ponsel Android biasa, saya sarankan agar menggunakan tombol fisik saja, karena kamu akan jarang menggunakan fitur Screenshot. Sapuan telapak tangan bisa mengambil screenshot yang tidak sengaja di ponsel Samsung Galaxy M40.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Write Protected Flashdisk Dan MicroSD

Tapi, jika kamu adalah seorang Developer atau teknisi yang biasa menggunakan screenshot, gunakan saja fitur bawaan Palm Gesture pada Galaxy M40 kamu atau aplikasi yang ada di Play Store. Jika kamu menginstal dari situs pihak ketiga, hati-hati periksa terus aktivitas di latar belakang sistem untuk menghindari data kamu dicuri.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama