Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Dewasa ini belanja online telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat, baik itu ketika membeli kebutuhan sehari-hari sampai belanja HP online. Yah, HP atau ponsel juga merupakan salah satu barang yang diperjualbelikan secara online. Akan tetapi, karena kita tidak dapat melihat kondisi barang secara langsung, maka ada baiknya untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika ingin belanja HP agar tidak tertipu dan bahkan mendapatkan barang yang salah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini berencana untuk beli HP baru, berikut ini adalah tips aman membeli HP yang akan kami berikan.

Cari Tahu Harga Dan Spesifikasi


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika beli HP adalah mencari tahu tentang harga dan spesifikasi barang yang diinginkan. Misalnya Anda ingin belanja online HP Samsung, maka Anda harus mencari tahu secara detail tentang informasi HP Samsung tersebut di beberapa situs jualan online atau Anda bisa kunjungi langsung ke laman resminya.

Ini merupakan langkah antisipatif agar Anda tidak rugi ketika beli HP online. Sebab Anda tidak bisa langsung melihat barangnya, cari informasi lebih lengkap terkait spesifikasi HP yang ingin Anda beli. Selain itu, jangan lupa untuk membandingkan harga. Awas jangan asal beli HP murah, jika terlihat janggal dan nampak mencurigakan, Anda jangan mudah tergiur untuk membelinya, karena bisa jadi hal itu mengarah pada modus penipuan.

Baca juga: Ayo Beli Gadget Di Eraspace! Mumpung Lagi Banyak Diskon Besar-Besaran

Kecuali jika tempat beli HP yang Anda kunjungi adalah situs belanja online terpercaya dan sedang mengadakan promo atau penawaran khusus yang menarik, Anda dapat belanja HP murah tanpa khawatir terhadap penipuan.

Pastikan Belanja HP Online Di Situs Terpercaya


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Banyak sekali tempat beli HP murah yang bertebaran di internet, tapi upayakan untuk membelinya hanya di situs belanja HP online terpercaya yang telah terbukti kredibilitasnya. Tempat beli HP online terpercaya bisa Anda lihat dari berbagai hal, misalnya saja dari testimoni para pembeli, sudah memiliki nama besar, memberi garansi standar pabrik dan lain sebagainya.

Pilihlah situs beli HP online yang paling Anda percayai dan sebaiknya lokasi penjualnya tidak jauh dari kediaman Anda, agar nanti jikalau ada masalah dapat mudah diselesaikan. Misalnya Anda orang yang berdomisili di ibukota Jakarta, tapi karena suatu kesibukan Anda dapat beli HP di Jakarta secara online.

Pastikan Penjual Mudah Dihubungi


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Karena sistem pembeliannya online, pastikan agar situs beli HP yang Anda pilih merupakan penjual yang mudah untuk dihubungi serta fast response aatau cepat tanggap. Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan ketika belanja HP online. Kenapa? Jika si penjual HP mudah untuk dihubungi dan juga fast response, maka Anda akan mudah untuk bertanya terkait barang yang diinginkan sebelum memastikan untuk berbelanja HP online.

Mulailah dengan pertanyaan mengenai spesifikasi, garansi, fitur dan lain sebagainya. Selain itu jika di kemudian hari ada masalah, Anda dapat menyampaikan keluhan dengan mudah. Jika prinsip-prinsip ini Anda terapkan, belanja online HP bukan lagi hal yang menakutkan. Syukur-syukur jika penjual orangnya ramah dan memberi harga yang bisa dinego, maka belanja online murah HP bukan lagi hal yang tidak mungkin.

Pastikan Ada Garansi Resmi Merk Dagang


Biasanya ketika belanja smartphone online, terdapat sebuah garansi resmi, baik itu dari merk dagang ponsel maupun dari situs jual beli HP (toko) itu sendiri. Kebanyakan garansi yang diberikan oleh merk dagang bisa berlaku hingga 2 tahun sejak tanggal pembelian, dan garansi toko biasanya berkisar 6 bulan sampai 1 tahun.

Nah, ketika Anda mensurvei spesifikasi ponsel di situs jual beli HP, pastikan HP tersebut ada garansi dari merk dagang. Misalnya Anda belanja HP Samsung, maka lihatlah apakah terdapat garansi resmi merk dagang tersebut atau tidak, ingat lho bukan garansi dari toko ya. Sekali lagi, janganlah mudah tergiur untuk membeli HP murah online, lihatlah tentang sistem garansinya juga, jangan sampai barang yang Anda dapatkan merupakan barang palsu atau bahkan barang Black Market yang tidak resmi alias illegal.

Cari Tahu Sistem Pengembalian Produk


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Sebagai konsumen cerdas, janganlah asal belanja HP online, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang ketentuan sistem pengembalian produk pada situs beli HP terpercaya yang Anda pilih. Cari tahu secara terperinci tentang sistem pengembalian produk situs jualan online tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi jika nanti suatu saat Anda mendapatkan kiriman barang yang cacat dan tidak sesuai dengan yang dijelaskan di situsnya. Oleh sebab itu, ketika beli HP on line janganlah mudah tergoda terhadap situs yang menawarkan jual beli HP termurah, namun pastikan juga tentang sistem refund dengan jelas dan mudah pada situs tersebut.

Belanja Melalui Aplikasi Resmi


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Jika Anda telah memutuskan untuk membeli ponsel tertentu, maka usahakan agar toko handphone online terpercaya yang Anda pilih mempunyai aplikasi resmi. Sekarang banyak sekali situs belanja HP online yang juga menyediakan aplikasi mobile dalam mendukung kemudahan para konsumennya ketika bertransaksi tanpa harus ribet membuka situsnya di desktop ataupun laptop.

Penting, pastikan bahwa aplikasi tempat Anda belanja gadget online mempunyai aplikasi resmi dan bukan buatan pihak ketiga. Hal ini dilakukan bertujuan agar data pribadi yang Anda masukan tidak akan disalahgunakan oleh oknum orang yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Koneksi Internet Anda Lambat? Coba Periksa Kekuatan Sinyal WiFi Anda Dulu!

Ketahui Metode Pengiriman Yang Ditawarkan


Mau Beli HP Online? Ketahui Dulu Beberapa Tips Belanja HP Berikut Ini!

Selain mengetahui sistem pembayaran ketika berbelanja HP online, Anda juga harus mengetahui tentang metode pengiriman barang yang disediakan. Saat ini banyak sekali jasa ekspedisi yang bisa dipilih, maka dari itu pilihlah yang paling mudah dihubungi dan pastinya tidak menyulitkanmu ketika nanti terjadi masalah pada masa proses pengiriman barang.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan tarif yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Misalnya Anda memilih jalur regular, murah tapi memerlukan waktu yang cukup lama. Jika Anda membutuhkan ponsel tersebut dalam waktu cepat, maka pilihlah jalur ekspedisi yang one day service, namun Anda tahu sendiri bahwa layanan pengiriman cepat tentu saja akan dua kali lipat lebih mahal dari harga reguler biasanya.

Nah, itulah beberapa tips cerdas dan aman ketika Anda memutuskan ingin belanja HP secara online. Baik itu mau beli HP Samsung ataupun beli merek HP yang lainnya, tapi satu hal yang pasti dan perlu Anda perhatikan, yakni belanja online HP terpercaya di situs yang sudah terbukti mempunyai reputasi baik.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama