Cara Membuka File PSD Photoshop Tanpa Aplikasi Photoshop

Sejauh ini Photoshop merupakan perangkat lunak paling dominan yang telah menarik...Ya, mungkin terdengar sederhana tapi ini adalah salah satu cara paling sederhana...
Sejauh ini Photoshop merupakan perangkat lunak paling dominan yang telah menarik perhatian semua orang, sehingga kata Photoshop sendiri seolah menjadi kata kerja bagi sebagian orang. Ya, terlepas dari tool yang Anda gunakan untuk mengedit foto yang biasa Anda sebut sebagai Photoshopped.

Begitulah pengaruh dari Photoshop. Akan tetapi, tidak semua orang adalah seorang editor Photoshop profesional dan memiliki software Adobe Photoshop yang terpasang di komputernya.

Cara Membuka File PSD Photoshop Tanpa Aplikasi Photoshop

Jika Anda mempunyai file dengan format PSD dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuka file Photoshop tersebut tanpa menggunakan software Photoshop secara langsung, maka Anda sedang berada di halaman yang benar. Dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui cara membuka file PSD tanpa memerlukan software Photoshop.

Baca juga: Wondershare Filmora; Editor Video Profesional Paling Mudah Digunakan

1. Google Drive to Open PSD


Ya, mungkin terdengar sederhana tapi ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuka file dokumen PSD. Anda bisa melihat preview dokumen PSD di Google Drive dan mengambil tangkapan layar (screenshot) preview. Metode ini akan sangat membantu ketika semua yang Anda butuhkan adalah snapshot dari file PSD terlepas dari kualitas gambar yang dihasilkan.

2. XnView Image Organizer


XnView adalah gratis untuk digunakan sebagai pengatur gambar dengan tujuan umum atau lebih banyak jenis file manager. Alat ini juga dapat membantu untuk melihat, mengubah, dan mengedit gambar raster. Keunggulan dari alat ini adalah dapat membaca hingga 400 jenis file PSD, GIF, PNG, JPEG dll.

Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk membuka file PSD di XnView:

- Download dan instal XnView di komputer

- Buka XnView, lalu buka filenya

- Pilih file PSD yang ingin Anda lihat

- Klik Open untuk membukanya

3. GIMP


GIMP adalah editor file grafik raster lain yang berguna jika Anda ingin membuka file Photoshop untuk keperluan pengeditan. Alat ini dapat memungkinkan Anda mengedit file PSD secara gratis dan yang paling penting alat ini memungkinkan Anda untuk mengedit file PSD Photoshop.

Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk mengetahui cara membuka file PSD Photoshop dengan GIMP:

- Download dan instal GIMP di komputer atau laptop

- Buka GIMP, lalu klik pada filenya

- Pilih file PSD Photoshop yang ingin Anda buka atau edit

4. IrfanView


IrfanView adalah alat lain seperti XnView yang memungkinkan Anda untuk melihat, mengkonversi, mengatur dll. Meskipun fungsi utama alat ini adalah sebagai manajer file, IrfanView ini dapat membantu Anda dalam membuka file PSD tanpa aplikasi Photoshop. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mengetahui cara membuka file Photoshop dengan IrfanView:

- Download dan instal IrfanView di komputer

- Klik pada filenya

- Pilih Open dan temukan file PSD Photoshop yang ingin Anda buka

5. Photopea Online Photoshop Editor


Cara Membuka File PSD Photoshop Tanpa Aplikasi Photoshop

Jika Anda ragu untuk mengunduh software di komputer atau jika Anda sedang bepergian dan tidak memiliki akses ke komputer pribadi, maka Photopea Online Photoshop Editor adalah yang Anda butuhkan.

Photopea online Photoshop Editor adalah aplikasi web yang sepenuhnya gratis untuk mengedit file PSD Photoshop. Keunggulan aplikasi web ini adalah Anda dapat mengedit lapisan file PSD.

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mengetahui cara membuka file Photoshop menggunakan Photopea Online PSD Editor:

- Buka Photopea Online PSD Editor di browser Anda

- Upload file PSD yang ingin Anda edit

- Pilih file dan mulai mengedit

Catatan Penting


Buatlah selalu file cadangan untuk PSD yang akan Anda edit dengan software / tool yang disebutkan di atas. Sebab berurusan dengan semua alat yang disebutkan di atas bisa rumit urusannya dan kemungkinan bisa merusak file PSD Photoshop Anda.

Jadi apa yang Anda lakukan jika kehilangan file Photoshop saat mengedit atau coba membuka Photoshop? Anda tidak bisa mengembalikan kembali perubahan tersebut. Tapi Anda bisa memperbaiki file PSD dan mendapatkan kembali file PSD asli dengan alat perbaikan PSD profesional.

Yodot PSD Repair Software adalah alat canggih untuk memperbaiki file PSD Photoshop yang bermasalah atau rusak dengan mudah pada komputer Mac dan Windows. Terlepas dari parahnya kerusakan, alat perbaikan PSD akan dengan mudah memperbaiki semua masalah dalam hitungan menit. Ini menjadikan Yodot sebagai software terbaik untuk perbaiki file PSD yang rusak.

Mekanisme read-only dari alat ini akan membuat salinan file PSD Anda yang bermasalah atau rusak dan bekerja pada salinan untuk menghasilkan file PSD yang bebas kesalahan. Lebih penting lagi, alat ini sepenuhnya gratis untuk didownload dan dicoba.

Seperti disebutkan sebelumnya, membuat cadangan adalah cara terbaik untuk tidak merusak atau kehilangan data penting apapun. Jika Anda terlanjur merusak PSD atau file Photoshop yang rusak, Anda bisa mengandalkan perbaikan Yodot PSD.

Baca juga: Cara Melakukan Upgrade Laptop Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Bagaimana jika secara tidak sengaja Anda menghapus atau kehilangan file PSD atau file penting lainnya dari perangkat penyimpanan milikmu? Bisakah memulihkannya kembali?

Jawabannya tentu saja Ya. Alat pemulihan data Yodot adalah perangkat lunak yang paling direkomendasikan untuk memulihkan data yang hilang atau dihapus dari harddisk, SSD, kartu MicroSD atau perangkat penyimpanan apapun.

Kesimpulan


Adobe Photoshop, meskipun ini adalah alat yang ampuh yang didedikasikan untuk semua orang, namun pada nyatanya tidak semua orang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menggunakan alat ini. Bagi mereka yang menginginkan fitur seperti Photoshop dan tidak mempunyai software Adobe Photoshop, semua alat yang disebutkan di atas sangat bermanfaat.

Beritahu kami jika artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk membuka file Photoshop tanpa menggunakan software Photoshop yang terpasang di komputer atau laptop. Ceritakan pengalaman Anda ketika menggunakan salah satu software / alat tersebut di atas, terimakasih.