Microsoft Store Error 0x80073D05 Jika Menginstal / Uninstall Aplikasi Microsoft Store Error 0x80073D05 Jika Menginstal / Uninstall Aplikasi - Fajrinfo
Jika menggunakan banyak aplikasi Microsoft Store selama beberapa tahun terakhir, kemungkinannya adalah kamu pernah menemukan masalah ini. Permasalahan yang terjadi adalah setiap kali pengguna Windows 10 akan menginstal aplikasi tertentu dari Microsoft Store, mereka menemukan pesan kesalahan Error 0x80073D05. Biasanya ini terjadi ketika ada beberapa bentuk masalah cache pada sistem. Namun, tidak ada yang tidak bisa kita perbaiki.

0x80073D05, ERROR DELETING EXISTING APPLICATION DATA STORE FAILED, An error occurred while deleting the package’s previously existing application data.

Microsoft Store Error 0x80073D05 Jika Menginstal / Uninstall Aplikasi

Microsoft mengatakan:

Anda bisa mendapatkan pesan error ini jika simulator dalam kondisi running (berjalan). Untuk itu, tutup simulator. Kamu juga bisa mendapatkan pesan error ini jika terdapat file yang terbuka di data aplikasi (misalnya, jika kamu memiliki file log terbuka pada editor teks).

Baca juga: Jangan Salah! Inilah Cara Tepat Untuk Membersihkan Layar Laptop Kamu

Visual Studio Simulator untuk aplikasi Windows Store adalah aplikasi desktop yang mensimulasikan aplikasi Windows Store.

Kamu bisa mendapatkan pesan error 0x80073D05 ini jika telah mengunduh dan menghapus aplikasi yang sama yang sedang kamu coba untuk memasangnya sekali lagi.

Perlu kamu ketahui, bahwa kadang-kadang aplikasi yang berasa dari Microsoft Store dapat meninggalkan sisa paket lama setelah dihapus, dan hal itu cenderung dapat menyebabkan masalah ketika pengguna mencoba untuk menginstal ulang aplikasi tersebut.

Sebelum melanjutkan, sebaiknya kamu mencoba perbaikan ini terlebih dahulu:

1. Menjalankan Windows Store Troubleshooter
2. Menjalankan WSReset.exe untuk mereset Microsoft Store
3. Menutup simulator untuk aplikasi Windows Store dalam artikel ini

Jika beberapa panduan dalam mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada Microsoft Store / Windows Store di atas (pada poin 1 & 2) masih belum dapat membantu, maka kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini yang akan kami berikan untuk sobat Fajrinfo di bawah ini.

Microsoft Store Error 0x80073D05


Terjadi error / kesalahan saat menghapus data aplikasi paket yang sudah ada sebelumnya. Kamu akan mendapatkan pesan error seperti ini jika sebelumnya pernah menginstal aplikasi yang sama.

Microsoft Store Error 0x80073D05 Jika Menginstal / Uninstall Aplikasi

Baiklah, jadi hal pertama yang akan kita lakukan disini adalah menemukan Paket folder aplikasi di AppData. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menjalankan kotak dialog Run dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan, lalu copy dan paste kode ini %localappdata%.

Setelah melakukannya, tekan tombol Enter pada keyboard kamu lalu silahkan tunggu hingga Local folder dari dalam AppData tersebut muncul.

Skrol / gulir ke bawah sampai kamu menemukan folder Packages, lalu membuka folder tersebut.

Microsoft Store Error 0x80073D05 Jika Menginstal / Uninstall Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah mengubah nama folder aplikasi dengan cara biasa seperti kamu mengganti nama folder di komputer Windows 10. Misalnya aplikasi yang bermasalah adalah Spotify, maka kami sarankan untuk mengganti nama folder tersebut menjadi _Spotify agar kamu tahu folder apa itu sebagai referensi di kemudian hari.

Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah BOOTMGR Is Missing Pada Komputer Windows

Baiklah, jadi langkah selanjutnya adalah kembali ke aplikasi Microsoft Store, dan disini kamu harus memilih ikon Panah ke bawah sebelah kanan ikon foto pengguna Microsoft yang terletak di sudut kanan paling atas (kamu harus masuk akun Microsoft terlebih dahulu. Kemudian klik Download and Updates. Dari sana, pilih All Owned untuk mengunduh semua pembaruan aplikasi, lalu temukan aplikasi yang terpengaruh, lalu coba download lagi file tersebut.

Kamu dapat me-Restart komputer Windows 10 sebelum memulai proses pengunduhan pembaruan aplikasi Microsoft Store untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Demikian yang dapat Fajrinfo sampaikan terkait masalah Microsoft Store Error 0x80073D05 ini. Semoga panduan singkat dalam artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah tersebut. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama