Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Sampai Benar-Benar Kinclong - Fajrinfo

Rabu, Mei 15, 2019

Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Sampai Benar-Benar Kinclong


Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Sampai Benar-Benar Kinclong

Laptop yang kamu gunakan setiap hari, terkadang kotor karena berdebu. Ada kalanya laptop kamu dipenuhi dengan noda membandel yang melekat pada layar. Hal itu dapat kamu temui jika laptop dalam keadaan mati, maka layar laptop akan jelas terlihat kotor oleh sebab debu dan noda yang menempel.

Untuk mengatasi masalah ini, Fajrinfo akan berbagi tips kepada kamu tentang cara mudah dalam membersihkan layar laptop agar bersih kembali dan kinclong.

Bagi sebagian orang kini laptop telah menjadi salah satu kebutuhan utama. Dalam kegiatan bekerja sehari-hari maupun tugas sekolah atau kampus menuntut seseorang untuk menggunakan laptop.

Entah sekedar berselancar di dunia maya dengan tujuan mencari informasi yang diperlukan untuk mempersiapkan presentasi kerja ataupun presentasi kuliah dan sekolah, bahkan untuk menyusun tugas makalah juga membutuhkan yang namanya laptop.

Sebagaimana peralatan elektronik lainnya, laptop atau komputer sangat mudah terpapar debu dan kotoran. Akan tetapi, kamu dapat membuatnya bersih dan kinclong kembali dengan beberapa cara dalam membersihkan layar laptop yang akan Fajrinfo jelaskan di bawah ini:

1- Matikan Laptop Terlebih Dahulu


Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membersihkan layar laptop adalah menonaktifkannya terlebih dahulu. Pastikan kamu juga telah mencabut adaptor charger beserta baterainya.

Baca juga: Pengguna Media Sosial Kini Terancam Bahaya Keamanan

Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk menghindari terjadinya korsleting dari sambungan listrik, serta korsleting pada komponen elektronik yang ada di dalam perangkat laptop.

Selain itu, dengan menonaktifkan laptop, maka akan mempermudah kamu untuk membersihkan layar laptop. Sebab debu akan nampak jelas jika laptop dalam keadaan dimatikan dari pada laptop masih dalam kondisi menyala.

Oleh sebab itu, bila kamu melihat debu pada layar laptop yang dalam keadaan nonaktif, maka akan lebih mudah membersihkannya karena debu terlihat jelas.

2- Gunakan Kain Lembut Dan Cairan Pembersih


Membersihkan layar laptop tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Kamu tidak boleh asal dalam menggunakan tisu apalagi lap baju, karena bisa saja akan mengakibatkan layar LCD laptop kamu menjadi baret-baret dan mudah rusak.

Untuk itu, kamu perlu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membersihkan layar laptop, yaitu cairan khusus pembersih layar LCD juga kain microfiber yang biasa dipakai untuk pembersih kaca. Keduanya bisa kamu dapatkan di tempat jual beli online atau lainnya.

Cairan atau spray pembersih layar laptop harganya tidak lebih dari 30 ribu rupiah, sedangkan untuk mendapatkan kain microfiber biasanya cukup dengan harga 5 ribu rupiah saja. Selain itu, biasanya tersedia juga paket pembersih khusus atau cleaner kit laptop dan komputer, yang harganya sekitar 50 ribuan.

Untuk membersihkan layar laptop, cara pertama adalah semprotkan cairan pembersih sedikit demi sedikit pada kain microfiber secukupnya, kemudian sapukan pada layar LCD, lakukan dengan perlahan. Jangan terlalu menekan, cukup mengusap-usap saja secara perlahan sampai noda membandel pada layar laptop kamu menghilang.

Ingat, jangan pernah memakai kain yang permukaannya kasar, kaus, atau pun jenis lap lain saat membersihkan layar laptop. Jika kamu memaksa untuk tetap memakai tisu, justru tisu tersebut akan meninggalkan serpihan atau serat-serat halus yang akan menambah kotoran pada layar laptop.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan permukaan kain yang kasar, bisa jadi layar laptop akan tergores, sehingga nanti akan merusak LCD.

Selain itu, jangan pula menyemprotkan langsung cairan pembersih pada layar LCD laptop, tapi semprotkan terlebih dahulu pada permukaan kain microfiber, lalu setekah itu usapkan pada layar laptop dengan perlahan.

3- Biarkan Layar Laptop Kering Sendiri


Kemudian kamu dapat membersihkan layar laptop menggunakan cairan yang telah dipersiapakan sebelumnya, tunggu hingga layar laptop mengering secara alami, setelah itu baru kamu dapat menggunakannya lagi.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi Menggunakan Ponsel Android

Apabila layar laptop belum benar-benar kering dan kamu telah menggunakannya kembali, kemungkinan besar laptop akan mudah rusak karena sisa-sisa cairan yang belum kering tersebut akan mengembun di layar LCD dan bisa merusak komponen LCD pada layar laptop.

Selain itu, jangan coba-coba untuk mengeringkan layar laptop dengan cara memakai hairdryer (pengering rambut). Dalam hal ini kamu perlu bersabar atau tidak kamu dapat mengerjakan yang lain sampai layar laptop benar-benar sudah kering secara alami.

Selanjutnya, jika layar LCD laptop kamu hanya kotor yang disebabkan oleh debu tanpa adanya noda membandel, maka yang perlu kamu lakukan adalah cukup mengelapnya menggunakan kain lembut yang kering.

Ingat, pakailah kain lap dengan bahan yang lembut, misalnya kain microfiber atau lainnya. Sapukan debu pada layar laptop secara perlahan, jangan terlalu menekan permukaan LCD karena dapat meninggalkan goresan atau mungkin korsleting komponen.

Nah, itulah cara membersihkan layar LCD laptop yang benar agar tetap aman dan permukaan laptop jadi kinclong kembali. Jika kamu malas untuk membersihkan layar laptop secara berkala, maka kamu bisa memakai anti gores laptop (screen protector). Anti gores khusus ini akan membantu kamu dalam menjaga layar LCD laptop untuk mengurangi goresan pada permukaannya.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke