Apa Itu File GLB? Bagaimana Cara Mengkonversi File GLB?

Sama seperti kita menggunakan format file ZIP untuk mengurangi ukuran beberapa file, GLB juga digunakan untuk mengurangi ukuran file glTF. Dalam posting Fajrinfo kali ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu file .glb, dan bagaimana Anda dapat mengubah file GLB tersebut. Untuk sekedar informasi, glTF adalah ekstensi file yang digunakan oleh aplikasi 3D yang berisi informasi tentang tampilan 3D.

Apa Itu File GLB? Bagaimana Cara Mengkonversi File GLB?

Apa Itu File GLB?


GLB adalah format file binary, yang juga dikenal sebagai JPEG untuk 3D, yang menampilkan adegan 3D untuk format web. Jadi GLB pada intinya adalah representasi dari model 3D yang disimpan dalam GL Transmission Format. Informasi ini mencakup detail #d seperti kamera, bahan, hierarki simpul, animasi. Singkatnya semua data penting yang dapat membantu pengguna untuk membuat kembali tampilan 3D.

Kembali ke topik glTF, GLB sebagai kotak wadah. Itu dikenal sebagai format binary untuk mewakili aset glTF dalam gumpalan binary. Aset termasuk JSON, .bin, dan gambar. Itu memastikan untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh glTF.

Baca juga: Cara Sederhana Balas Otomatis Pesan Masuk Ke WhatsApp

Dibandingkan dengan glTF, ukuran file GLB adalah 33% lebih rendah darinya sehingga memungkinkan untuk menjadi format yang disukai pengguna. glTF juga menghasilkan pemrosesan ekstra. Menariknya, program ini dikembangkan oleh Analytical Graphics. Ini khusus dalam mengembangkan model untuk misi ruang dan pesawat, sistem pertahanan, dan sistem komunikasi elektronik, dan banyak lagi lainnya.

Cara Mengubah File GLB Ke PNG Atau JPEG


Apa Itu File GLB? Bagaimana Cara Mengkonversi File GLB?

File GLB berisi gambar yang digunakan dalam adegan 3D. Gambar-gambar ini berkualitas tinggi dan menarik. Yang mengatakan, Anda tidak dapat mengkonversi karena itu adalah wadah, tetapi Anda dapat mengekstrak file tersebut.

glTF-Shell-Extensions adalah alat gratis yang tersedia di GitHub. Setelah diinstal, software akan menambahkan context menu — unpack to glTF — setiap kali mengklik kanan pada file GLB. Ketika Anda memilih untuk mengekstraknya, pilih untuk membongkar gambar ke folder yang terpisah. Ini akan memastikan Anda tidak perlu menjelajah untuk menemukan dimana semua gambar tersedia.

Cara Mengubah FIle GLB Ke FBX, OBL, Dan STL


Apa Itu File GLB? Bagaimana Cara Mengkonversi File GLB?

Anda dapat mengkonversi ke dalam salah satu format ini menggunakan situs web anyconv.com. Waktu pemrosesan akan tergantung pada ukuran file GLB, dan untuk membuka format tersebut, Anda akan memerlukan aplikasi yang dapat mendukungnya.

- Buka situs web AnyConv

- Unggah file GLB, lalu pilih formatnya

- Terakhir, klik tombol convert untuk memulai proses. File akan diunduh secara otomatis setelah selesai.

Saya harap Anda dapat mengkonversi atau mengekstrak gambar dari file GLB di komputer yang Anda gunakan.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama