Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Menambahkan Watermark Ke Dokumen adalah cara yang bagus untuk melindungi gambar buatanmu digunakan orang lain tanpa seizin Anda. Namun sayangnya, tidak ada fitur bawaan seperti itu di Google Documents untuk melakukannya. Meskipun demikian, ada cara yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif. Dalam panduan ini, Fajrinfo akan berbagi tips agar dapat menambahkan Watermark di Google Documents dengan mudah. Jadi, mari kita mulai.

Cara Memasukkan Watermark Di Google Docs


Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Google Documents tidak memiliki fitur bawaan untuk menambahkan watermark ke dokumen yang Anda buat. Dalam hal ini, Anda harus membuat gambar latar belakang (background) yang memiliki teks watermark dan menambahkan layer transparan di atasnya. Ikuti panduan di bawah ini untuk menerapkannya secara detail:

Buka dokumen kosong di Google Documents.

Setelah terbuka, buka toolbar lalu pilih tab Insert / Sisipkan.

Dari daftar yang muncul, pilih Drawing > New.

Pada kanvas gambar, Anda dapat menambahkan kotak teks dan memodifikasinya sesuai persyaratan watermark.

Kemudian buka toolbar lalu klik ikon Text box yang tersedia di formulir dengan ikon huruf 'T'. Ketika mengarahkan mouse pada ikon tersebut, maka namanya akan muncul.

Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Pilih ikon Text box lalu Anda akan melihat kursor mouse berubah menjadi bentuk tanda plus.

Pindah ke area kosong kanvas, klik dan seret mouse untuk membuat kotak teks. Apa yang harus menjadi ukuran kotak teks, semuanya tergantung pada Anda dan kertas yang diperlukan.

Setelah menambahkan teks di Text box, Anda dapat menyesuaikannya menggunakan Menu option. Opsi ini tersedia dalam garis tiga titik di bilah menu.

Baca juga: Cara Membuat Rolling Credit Di Presentasi Microsoft PowerPoint

Dengan menggunakan More option, Anda dapat mengatur warna batas kotak, memilih font kesukaan Anda, menyesuaikan ukuran font, mengisi warna, dan banyak hal lainnya sesuai dengan yang Anda kebutuhan.

Untuk memindahkan kotak teks, cukup klik, tahan, lalu seret ke lokasi yang diinginkan.

Untuk mengubah ukuran kotak, Anda harus mengklik kotak kecil yang muncul di tengah-tengah baris, lalu seret.

Anda juga dapat memutar kotak teks untuk mengubah tampilan Watermark. Untuk melakukannya, semua yang Anda perlukan untuk mengklik dan menarik pegangan rotasi yang tersedia di bagian atas kotak teks. Anda akan melihat bahwa teks tertulis juga diputar bersama dengan kotak teks.

Dengan demikian, jika Anda telah menyelesaikan perubahan yang tepat di kotak teks tersebut, klik tombol Save and Close, sehingga perubahan tersebut dapat segera diterapkan.

Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Dengan begitu, Anda bisa melihat pada gambar di atas apa yang saya buat. Karena ini adalah Watermark, maka teks harus memiliki bentuk yang super transparan. Itulah sebabnya Anda harus memilih warna abu-abu dari teks yang memiliki nada lebih terang.

Memasukkan Tekx Watermark Di Google Docs


Selanjutnya, Google docs memungkinkan Anda untuk menambahkan teks gambar ke semua halaman sekaligus, tanpa mengganggu teks. Untuk melakukan ini, Anda harus menambahkan teks Watermark ke area header atau footer.

Untuk melakukannya, pergi ke tab Insert > Headers & footers.

Dari menu samping, Anda dapat memilih Header option, Footer option, atau keduanya tergantung dengan kebutuhan Anda.

Setelah berada di bagian masing-masing dokumen Google docs, klik pada tab Insert > Drawing > From Drive.

Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Ketika berada di halaman berikutnya, pilih item yang perlu Anda tambahkan sebagai Watermark, dan kemudian klik tombol Select.

Bagaimana Cara Menambahkan Watermark Di Google Docs?

Dalam menu pop-up Insert gambar, Anda akan melihat dua opsi dengan masing-masing memiliki tombol radio sendiri. Jika ingin memiliki tautan ke teks watermark untuk disimpan dengan dokumen Anda, lalu pilih Link to Source. Dan untuk menambahkan item tanpa link, buka dengan opsi kedua yaitu menu Insert yang tidak ditautkan.

Setelah membuat teks Watermark, Anda akan melihat tiga opsi ketika memilih kotak teks. Ini adalah - sebaris, bungkus teks, dan pisahkan teks. Opsi ini membantu Anda untuk menyesuaikan ukuran kotak teks, sehingga dapat menempatkannya sesuai kebutuhan.

1. Inline – Google Documents secara default menempatkan teks wrapping ke format ini. Ini menunjukkan bahwa gambar yang ditambahkan bertindak sebagai bagian dari teks dan oleh karena itu, gambar itu tidak dapat ditempatkan secara bebas di halaman

Baca juga: Cara Menambahkan Musik Lagu Ke Prensetasi Makalah

2. Wrap Text – Jika Anda memilih opsi ini, teks akan dilampirkan oleh keempat sisi objek sebagai watermark. Dan, ia memiliki celah konstan antara teks dan setiap batas gambar.

3. Break Text – Memilih opsi ini, Anda akan menemukan bahwa teks ditempatkan di atas dan di bawah objek. Itu memecah kalimat yang Anda masukkan.

Itu dia sobat, panduan tentang bagaimana cara menambahkan Watermark di Google Docs. Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam menambahkan Watermark di dokumen Google Documents. Jangan sungkan untuk berbagi pengalaman dalam kolom komentar di bawah tentang memasukkan Watermark di Google Docs ini.

Kirim Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama