Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti - Fajrinfo
Baru-baru ini, beberapa pemilik Laptop Surface 3 banyak yang mengadukan tentang masalah yang menyebabkan kipas pendingin bersuara bising. Tampaknya, kipas di dalam Laptop Surface 3 ini bekerja sangat keras, lebih dari biasanya. Ini cenderung terjadi ketika laptop terhubung ke listrik.

Salah seorang pengguna mengatakan bahwa dia bermain game Minecraft, yang bukan termasuk permainan berat. Pengguna lain hanya melakukan browsing internet, namun kinerja kipas Laptop Surface 3 jadi menggila. Jika kamu pernah mengalami masalah ini, maka kamu tidak perlu khawatir, karena Fajrinfo tahu cara untuk memperbaikinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah Pesan Tidak Terkirim Di HP Android

Kipas Laptop Surface 3 Bising & Berjalan Terus-Menerus


Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti

Jika kipas pada Laptop Surface 3 kamu berisik & terdengar keras, dan hal itu berjalan terus-menerus, hingga menjadikan perangkat laptop bertambah panas, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Sesuaikan kinerja CPU
2. Status prosesor maksimum
3. Jalankan Power Troubleshooter

1] Sesuaikan Kinerja CPU


Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti

Sebenarnya akar dari masalah ini terletak pada kinerja CPU. Ketika sistem beroperasi pada daya baterai, sistem operasi yang dalam hal ini merupakan Windows 10, secara otomatis akan mengurangi kinerja demi masa pakai baterai yang lebih lama.

Sekarang, ketika perangkat dihubungkan ke listrik, maka kinerja makin meningkat, biasanya ke level Recommended. Pada tingkat ini, kamu akan mendapatkan kinerja yang baik, tapi agak sedikit panas, oleh karena itu kipas Laptop Surface 3 ini harusnya tidak berputar secepat itu.

Namun, jika dulu kamu pernah membuat suatu perubahan dimana CPU berada pada level Best Performance saat terhubung dengan listrik, itu berarti kipas akan otomatis berputar untuk menjaga agar Laptop Surface 3 tetap dalam kondisi dingin. Selanjutnya, akan ada banyak suara dari kipas pendingin ini.

Maka, langkah yang akan kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengatur Power Mode ke Recommended. Kita bisa melakukan ini pada Laptop Surface 3 dengan cara Mengklik Ikon Baterai pada taskbar, lalu seret tombol biru ke bawah sampai kamu melihat kata Recommended.

Dengan cara ini, harusnya suara bising yang timbul akibar kipas pendingin sudah berhenti. Tapi jika masih belum berhasil, mari ikuti langkah selanjutnya.

2] Status Prosesor Maksimum


Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti

Penggunaan Prosesor Maksimum adalah tentang kinerja prosesor saat Laptop terhubung dengan listrik (charging). Secara default, harusnya 100 persen. Namun kita akan menurunkannya ke kinerja maksimal hanya sampai 90 persen saja, jadi bagaimana cara melakukannya?

Pertama, kita harus membuka Control Panel dengan cara melakukan pencarian melalui fitur Pencarian (klik ikon loop) di sebelah tombol Start. Setelah muncul, pilih lalu arahkan ke Hardware and Sound > Power Options > Edit Plan Settings. Kemudian klik pada pada bagian Change advanced power settings, dan dari jendela yang muncul, cari opsi Processor Power Management, kemudian Maximum Processor Rate.

Kipas Laptop Surface 3 Bising Dan Berputar Terus Tanpa Henti

Silahkan edit pada bagian Plugged in dari yang awalnya 100 persen menjadi 90 persen. Kemudian tekan tombol Apply, lalu OK, dan lihat apakah kini kinerja kipas sudah berjalan dengan normal tidak terdengar bising lagi?

3] Jalankan Power Troubleshooter


Jalankan panduan menjalankan Power Troubleshooter bawaan Windows yang ada pada artikel tersebut dan lalu setelah diterapkan apakah cara tersebut dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada kinerja Laptop Surface 3 milikmu yang suara kipasnya terlalu bising?

Saya harap beberapa metode ini salah satunya dapat membantu kamu memperbaiki masalah kipas terdengar bising pada laptop Surface 3.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan tentang pengalaman mengatasi masalah suara kipas Laptop Surface 3 bising terdengar keras dan berputar terus-menerus. Jika masih mengalami kendala, silahkan diskusikan pengalaman kamu pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama